Rara Sekar Ingin Debat Capres Sajikan Pemikiran Ideologis

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 07:48 WIB
Rara Sekar Ingin Debat Capres Sajikan Pemikiran Ideologis Rara Sekar tak mau banyak berharap dalam debat pilpres 2019 mendatang. (Foto: CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Debat capres pilpres 2019 menarik perhatian seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali musisi. Salah satunya adalah musisi Rara Sekar yang juga memperhatikan pergerakan partai politik Indonesia.

Zaman kini, kata Rara, sepertinya tidak ada partai yang benar-benar memiliki ideologi. Tidak ada partai yang benar-benar memperjuangkan nilai kebangsaan untuk rakyat.

Menurut Rara, partai yang tidak memiliki ideologi tidak baik karena bisa berdampak pada masyarakat. Masyarakat bisa jadi terbiasa untuk tidak melihat ideologi partai.



"Aku sangat kecewa dengan itu, jadi harapan di debat akan keluar lebih lagi [ideologi] dan pertanyaan bisa memantik, sebenarnya visi mereka akan Indonesia seperti apa," kata Rara dalam wawancara terbatas di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Rara melanjutkan, "Kayaknya udah jarang banget kita lihat orang Indonesia yang benar-benar visioner secara ide tentang kebangsaan dan lain-lain, yang bukan cuma sekadar jargon. Aku mengharapkan itu. Tapi, ya, aku enggak terlalu banyak berharap."

Selain musisi, Rara juga seorang aktivis yang fokus pada bidang pendidikan. Ia adalah salah satu pendiri sekolah non-formal, Sekolah Kita Rumpin, di Kampung Cibitung, Bogor.


Pasangan calon Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan beradu gagasan dalam debat capres perdana pada 17 Januari 2019. Debat dengan tema debat hukum, HAM, korupsi dan terorisme ini akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Jokowi menyatakan tak memiliki persiapan khusus menghadapi debat perdana itu. Ia bahkan mengaku tak latihan untuk debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok.

Sementara, pasangan Prabowo-Sandi meminta masukan dari sejumlah pakar sebelum tampil di debat capres. Sandi mengatakan masukan itu merupakan bagian dari persiapan dan pendalaman berbagai isu seputar tema debat.

Ikuti live streaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (adp/rea)