Episode Final 'Game of Thrones' Ditonton 19 Juta Orang

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 12:11 WIB
Episode Final 'Game of Thrones' Ditonton 19 Juta Orang Pihak jaringan penyiar 'Game of Thrones', HBO mengumumkan bahwa episode terakhir serial fantasi yang tayang pada Senin (20/5) berhasil menarik 19,9 juta orang. (dok. HBO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak jaringan penyiar Game of Thrones, HBO mengumumkan bahwa episode terakhir serial fantasi yang tayang pada Senin (20/5) berhasil menarik 19,9 juta orang.

Capaian itu menegaskan Game of Thrones sebagai serial televisi paling ditonton dalam sejarah HBO.

HBO mengatakan bahwa perolehan angka tersebut didapat dari berbagai platform, HBO, HBO Go, dan HBO NOW. Perolehan itu pun melebihi capaian episode sebelumnya yang meraih 18,4 juta.



"Musim 8 Game of Thrones mendapat rata-rata 44,2 juta penonton per episode secara kasar, meningkat lebih dari 10 juta penonton bila dibandingkan dengan musim 7," tulis pernyataan HBO kepada AFP.

"Sebagai tambahan, episode [terakhir] menjadi acara siaran tunggal paling ditonton dalam sejarah HBO, dengan 13,6 juta penonton saat disiarkan," katanya.

Perolehan itu unggul tipis dari pemegang rekor dalam sejarah HBO sebelumnya, The Sopranos yang tayang pada 2002.

Meski begitu, rekor acara televisi Amerika Serikat yang paling banyak ditonton masih dipegang oleh komedi Perang Korea, MASH.


Acara tersebut tercatat ditonton nyaris 106 juta penonton hanya pada episode akhirnya saja yang tayang pada 1983.

Game of Thrones akhirnya benar-benar menuntaskan kisahnya di musim kedelapan setelah mengudara sejak 2011.

Episode pamungkas yang tayang pada Senin (20/5) pagi waktu Indonesia ini menjadi penentuan tentang siapa yang akhirnya duduk di atas takhta setelah diperebutkan sejak musim pertama.

Episode Final 'Game of Thrones' Ditonton 19 Juta OrangFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
(end)