5 Drama Korea Berbiaya Miliaran Rupiah, 'Arthdal Chronicles'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 13:40 WIB
5 Drama Korea Berbiaya Miliaran Rupiah, 'Arthdal Chronicles' Dalam proses pembuatannya, 'Kingdom' menelan biaya sekitar Rp237 miliar untuk enam episode. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa drama Korea Selatan belakangan ini membutuhkan anggaran yang jauh lebih besar ketimbang drama pada umumnya. Hal itu biasanya terjadi pada drama bergenre fantasi dan aksi yang membutuhkan efek spesial di hampir setiap episode.

Nama-nama aktor dan aktris besar terutama pelanggan penghargaan tentu mempengaruhi jumlah anggaran produksi yang harus disiapkan.

Melansir Allkpop, berikut lima besar drama Korea Selatan dengan biaya produksi tertinggi hingga pertengahan 2019:


Arthdal Chronicles

Drama bergenre fantasi zaman kuno Korea ini menghabiskan sekitar 54 miliar won atau sekitar Rp639,42 miliar. Arthdal Chronicles memang bertabur bintang-bintang besar, mulai dari Song Joong-ki, Jang Dong-gun, sampai Kim Ji-won.

Proses syuting drama ini dilakukan di Brunei. Tak tanggung-tanggung, tim produksi membangun set baru untuk drama ini di Osan, Gyeonggi yang kini bisa dikunjungi masyarakat umum.

Arthdal Chronicles yang mengisahkan perebutan kekuasaan beberapa suku dan dibumbui kisah cinta ini diproduksi Studio Dragon yang sebelumnya turut memproduksi drama berbiaya besar seperti Mr. Sunshine dan Memories of the Alhambra.

Oleh sebab itu, biaya produksi setiap episodenya diperkirakan mencapai 3 miliar won atau Rp35,5 miliar.

Arthdal Chronicles ditulis Park Sang-yeon yang memang kerap menulis drama dengan latar waktu zaman kerajaan Korea Selatan seperti Six Flying Dragons dan The Great Queen Seondeok.

[Gambas:Youtube]

Mr. Sunshine

Drama yang terlebih dahulu diproduksi Studio Dragon ini menempati posisi kedua dengan biaya produksi mencapai 30 miliar won atau sekitar Rp355,5 miliar.

Mr. Sunshine mengambil latar waktu ekspedisi Amerika Serikat ke Joseon (sebutan Korea Selatan zaman dulu) pada 1871.

Lee Byung-hun dalam drama ini berperan sebagai warga Korea Selatan yang sempat pergi dan menetap di AS namun akhirnya kembali ke negara asalnya sebagai tentara Amerika.

Trailer dari drama ini cukup menjelaskan alasan tim produksi membutuhkan anggaran besar tiap episode hingga 1,5 miliar won atau Rp20,15 miliar.

Mr. Sunshine ditulis Kim Eun-sook yang sebelumnya sudah dikenal dengan beberapa karya masterpiece seperti Secret Garden, Gentleman's Dignity, The Heirs, Descendants of the Sun serta Goblin.

[Gambas:Youtube]

5 Drama Korea Berbiaya Miliaran Rupiah, 'Arthdal Chronicles'Drama 'Vagabond' kerap mengambil lokasi syuting di luar Korea. (dok. Netflix)
Vagabond

Drama aksi yang direncanakan tayang September 2019 ini memakan banyak anggaran sebab sebagian besar proses syuting dilakukan di luar negeri seperti Portugal dan Maroko.

Biaya produksi Vagabond diperkirakan mencapai 25 miliar won atau sekitar Rp296,2 miliar.

Drama ini akan dibintangi Lee Seung-gi, Bae Suzy dan Shin Sung-rok. Lee Seung-gi dan Bae Suzy sebelumnya sempat beradu akting dalam drama Gu Family Book.

Vagabond menceritakan kisah Lee Seung-gi yang bisa selamat dari kecelakaan pesawat dan ingin menyelidiki lebih lanjut tentang tragedi yang menewaskan keponakannya itu.

Dalam perjalanan, ia bertemu dengan Bae Suzy yang bertugas sebagai National Intelligence Service.

[Gambas:Youtube]

Kingdom

Serial orisinal Netfix ini menghabiskan sekitar 20 miliar won atau sekitar Rp237 miliar untuk enam episode. Kingdom bisa dibilang sebagai perpaduan antara serial Game of Thrones serta The Walking Dead.

Drama yang diperankan Ju Ji-hoon serta Bae Doo-na ini menceritakan tentang perebutan kekuasaan dalam kerajaan Korea namun dibumbui misteri 'penyakit' yang membuat banyak warga menjadi zombi.

Kingdom ditulis oleh Kim Eun-hee yang sebelumnya memborong banyak penghargaan sebagai Best Screenplay Baeksang Arts Awards 2016, Best Writer APAN Star Awards 2016 dan Presidential Commendation Awards Korea Content Awards 2016 melalui drama Signal.

[Gambas:Youtube]

Criminal Minds

Drama bergenre aksi misteri ini mengadaptasi serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Criminal Minds yang memiliki 20 episode ini diperkirakan menghabiskan 20 miliar won atau sekitar Rp237 miliar.

Criminal Minds menceritakan kisah sejumlah polisi dan detektif memecahkan kasus pembunuhan serta pemerkosaan di Korea Selatan.

Drama ini juga bertabur bintang seperti Lee Joon-gi, Son Hyun-joo, Moon Chae-won dan Lee Sun-bin. Beberapa nama besar seperti Lim soo-hyang, Park Si-eun, Nam Myung-ryul turut menjadi pemeran pembantu dalam drama ini.

[Gambas:Youtube] (chri/rea)