Sekilas Perjalanan 'Joker' dari Masa ke Masa

CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 10:06 WIB
Sekilas Perjalanan 'Joker' dari Masa ke Masa Selama puluhan tahun, karakter 'Joker' yang bermula dari karikatur telah dimainkan oleh banyak bintang Hollywood. (Dok. DC Comics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama puluhan tahun, karakter Joker yang bermula dari karikatur telah dimainkan oleh banyak bintang Hollywood.

Masing-masing aktor selama 80 tahun telah membuat ciri khas mereka sendiri kala berperan sebagai musuh bebuyutan Batman yang gemar membuat kekacauan dan berkostum badut itu.

Joker pertama kali muncul dengan senyumannya yang menakutkan pada 1940 dan kerap muncul di layar lebar sejak era 1960-an.


Sejumlah versi Joker yang paling terkenal adalah yang dimainkan oleh Jack Nicholson dan Heath Ledger. Keduanya memainkan sosok Joker dengan amat cemerlang.

Kini, aktor Joaquin Phoenix memainkan karakter tersebut dalam film solo sang Pangeran Kejahatan. Berikut rentetan evolusi Joker dari masa ke masa.

Rambut Hijau Klimis

Joker pertama kali muncul melawan Batman pada 1940. Ia muncul dengan rambut hijau klimis, jas ungu, dan sejumlah lelucon buruk.

Komikus Amerika Serikat Jerry Robinson adalah yang paling dikenal sebagai pembuat Joker. Namun pencipta Batman, Bob Kane mengatakan dirinya dan Bill Finger juga menciptakan Joker.

"Penjahat, saya selalu berpikir, lebih menarik," kata Robinson kepada New York Times setahun sebelum kematiannya pada 2011.

"Kurasa nama yang didahulukan: Joker. Lalu aku memikirkan kartu remi," katanya.
Joker dari Masa ke MasaJoker yang diperankan oleh Heath Ledger di 'The Dark Knight'. (Dok. DC Comics)

Muncul di Layar Kaca

Joker pertama kali muncul di layar kaca adalah pada era 1960-an, berkat Cesar Romero. Ia membawa karakter yang gembira namun tidak sopan dan bertentangan dengan sifat aktornya.

Kala itu, serial layar kaca itu terkenal menggunakan gaya ala komik dengan efek suara pertarungan seperti "POW" atau "ZAP", yang melintas saat perkelahian Batman dan Robin muncul.

Romero mengatakan dirinya lebih suka versi Batman ala kartun yang ia mainkan, menggambarkannya sebagai kebangkitan film populer.

Masa Lalu

Joker ditampilkan dengan porsi lebih besar dalam film Batman garapan Tim Burton pada 1989.

Karakter Joker kemudian dibuat lebih gelap dalam film The Dark Knight yang diperankan oleh Heath Ledger. Ledger memenangkan Oscar sebagai Best Supporting Actor usai meninggal karena depresi setelah memerankan Joker.

Ledger pun dianggap sebagai pemeran Joker paling mendekati sempurna karakter tersebut. Hingga kemudian kini Joaquin Phoenix muncul dengan masa lalu Joker.

Masa lalu Joker kini digali lebih dalam oleh Todd Philips melalui film yang sukses membuat penonton Venice Film Festival berdiri memberi tepuk tangan selama delapan menit.

[Gambas:Video CNN] (AFP, daf/end)