Garap 'Ratu Ilmu Hitam', Kimo dan Joko Anwar Tanya Paranormal

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 20:47 WIB
Garap 'Ratu Ilmu Hitam', Kimo dan Joko Anwar Tanya Paranormal Sutradara Kimo Stamboel mengaku dirinya dan Joko Anwar berkonsultasi dengan paranormal untuk menggarap film 'Ratu Ilmu Hitam'. (Alberto E. Rodriguez/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Kimo Stamboel mengaku konsultasi dengan paranormal untuk menggarap film Ratu Ilmu Hitam. Film ini merupakan produksi ulang dari film bertajuk sama yang dirilis pada 1981 dengan pemain Suzzanna Martha Frederika van Osch.

Diketahui film Ratu Ilmu Hitam (1981) kerap menyajikan adegan mistis, salah satunya adalah santet. Kimo menjelaskan film Ratu Ilmu Hitam versi baru yang ditulis Joko Anwar ini tetap menyajikan adegan yang bisa meneror penonton.

"Kalau ke paranormal, gue sama Joko [Anwar] tanya. Apakah seperti ini dan seperti itu," kata Kimo saat jumpa media di kantor Rapi Films, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).


"Gue nanya dengan orang dengan special gift, ini [cerita film] bagaimana," lanjutnya.

Kimo tidak menjelaskan secara rinci hal apa saja yang ia konsultasikan bersama Joko ke paranormal. Ia hanya menjelaskan bahwa Ratu Ilmu Hitam akan meneror penonton lewat berbagai adegan.

"Gue banyak konsultasi dengan penonton dan coba gue aplikasikan ke film," kata Kimo.

Dari segi cerita, Ratu Ilmu Hitam yang baru akan berbeda dan tidak memiliki hubungan dengan versi lawas. Meski begitu pada versi baru akan terdapat inti cerita yang sama dengan versi lama

Karakter yang dulu diperankan Suzzanna juga tetap ada dalam film ini. Namun Kimo masih merahasiakan siapa aktris yang akan menjadi ratu itu.

Film yang dijadwalkan rilis akhir tahun ini menampilkan sejumlah aktor serta aktris kenamaan Indonesia. Di antaranya adalah Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Yayu Unru dan Ruth Marini. Karakter yang mereka perankan juga masih dirahasiakan.
Garap 'Ratu Ilmu Hitam', Kimo dan Joko Anwar Tanya Paranormal
Ratu Ilmu Hitam (1981) merupakan salah satu film horor legendaris Indonesia. Film ini menampilkan Suzzanna Martha Frederika van Osch sebagai pemeran utama yang dikenal sebagai aktris spesialis horor. (Dok. Rapi Films)
Film Ratu Ilmu Hitam dijadwalkan tayang akhir 2019. Namun sampai saat ini belum ada keterangan pasti mengenai tanggal perilisan.

Ratu Ilmu Hitam (1981) merupakan salah satu film horor legendaris Indonesia. Film ini menampilkan Suzzanna Martha Frederika van Osch sebagai pemeran utama yang dikenal sebagai aktris spesialis horor.

Pada 1982, Ratu Ilmu Hitam berhasil masuk lima nominasi Festival Film Indonesia. Lima nominasi tersebut adalah Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Tata Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

Pada masa itu film yang disutradarai Lilik Sudjio ini sudah berhasil menarik perhatian internasional.

Ratu Ilmu Hitam tayang di berbagai negara, salah duanya di Amerika Serikat dengan judul Queen of Black Magic dan di Prancis dengan judul Exorcisme Noir.

(adp/end)