Fan Duga Timo Umumkan Iko Uwais Jadi 'Si Buta dari Gua Hantu'

tim, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 08:43 WIB
Fan Duga Timo Umumkan Iko Uwais Jadi 'Si Buta dari Gua Hantu' Unggahan sutradara Timo Tjahjanto diduga para penggemar telah mengumumkan Iko Uwais akan memerankan 'Si Buta dari Gua Hantu'. (Mark Davis/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Unggahan sutradara Timo Tjahjanto diduga para penggemar telah memberitahukan pengumuman penting terkait pemeran Si Buta dari Gua Hantu, yaitu Iko Uwais.

Para penggemar berspekulasi bahwa Iko akan memerankan sosok jagoan dari Jagat Sinema BumiLangit tersebut setelah Timo menggunggah foto Iko dengan keterangan yang tampak menyimpan pesan tersembunyi.

"Selamat untuk si soBat imUt Tanah bekAsi @iko.uwais bakal main di #GiJOESNAKEEYES. walau digambar kedua kita semua tahu siapa Hard Master sejati," kata Timo, Minggu (8/9) malam.


Para penggemar memperhatikan penulisan huruf kapital dalam keterangan foto menyimpan pesan "si Buta" yang kemudian diartikan sebagai pengenalan Iko sebagai Si Buta dari Gua Hantu.

[Gambas:Instagram]

Dugaan dari penggemar ini semakin kencang ketika Iko membalas unggahan Timo tersebut di kolom komentar.

"TerimA HatUr Nuhun DirEctor Paling pANtastis YAng pAling gAnteng @timobros," kata Iko yang juga menggunakan pola kombinasi huruf kapital serupa dan bermakna "Tahun depan yaa."

Frasa tersembunyi dari Iko ini pun sesuai dengan jadwal penayangan Si Buta dari Gua Hantu. Pada Oktober 2018, Timo mengungkapkan bahwa rencana film tersebut akan ditayangkan pada 2020.

Atas berbagai asumsi ini, para penggemar pun bersuka cita dan bersemangat atas penunjukkan Iko sebagai sosok jagoan yang pernah diangkat ke layar kaca pada dekade '90-an itu.

"Si BUTA.. mantaaap," komentar ndansono.

"Di caption nya mas Timo jika huruf kapitalnya di rangkai jadi "si BUTA", terus dibalas komen sama bang Iko dalam kalimatnya jika hrf kapitalnya dirangkai jadi "TAHUN DEPAN YAAA", terus dibalas lagi oleh mas Timo jadi "SIAP!", apakah ini clue?? Kalau memang benar WOWWW sekali Bang Iko jadi si BUTA DARI GOA HANTU," kata eka_thaya.

"Buta? Si Buta? Yesch!" kata rizkyim4n.

"Si BUTA TAHUN DEPAN," kata dmsramadhan.

"Wahhhh... Si BUTA ternyata bang @iko.uwais sesuai ekspektasi... Tinggal nunggu Julie Estelle bergabung di Bumilangit," kata marcelloelaelo.

Pihak BumiLangit Studios sebelumnya mengungkapkan mereka tengah mempersiapkan Si Buta dari Gua Hantu yang dijadwalkan mulai syuting Oktober mendatang.

"Lagi siap-siap preparation [Si Buta dari Gua Hantu], harusnya Oktober sudah mulai syuting," kata Production Manager BumiLangit Studios, Imansyah Lubis, Senin (12/8).

Bila syuting Si Buta dari Gua Hantu benar akan dimulai pada Oktober mendatang, maka film ini berpeluang besar rilis sesuai jadwal.

"Timo asyik, memang suka banget komik, film, dia juga peduli banget sama sesuatu yang tampak di layar harus keren, percayalah sama Timo," kata Imansyah.

Berdasarkan unggahan yang sempat dipamerkan Timo dalam akun Instagram miliknya, film Si Buta dari Gua Hantu ini kemungkinan akan bertajuk "Si Buta dari Gua Hantu: Mata Malaikat".

"Judul resmi kearifan lokal ceunah. #nusantaraberdarah," tulis Timo kala itu dalam unggahan tersebut.


[Gambas:Instagram]

Si Buta dari Gua Hantu yang diduga akan diperankan Iko Uwais nanti merupakan karakter utama dalam serial cerita silat yang diciptakan komikus Ganesh TH pada 1960-an. Komik ini pertama kali terbit pada 1967 dan dicetak ulang pada 2005.

Komik ini sempat diadaptasi menjadi film pada akhir 1970 dengan judul sama. Adaptasi berlanjut pada enam judul film lain, yaitu Borobudur (1972), Sorga yang Hilang (1977), Duel di Kawah Bromo (1977), Neraka Perut Bumi (1985), Lembah Maut (1990), dan Bangkitnya Si Mata Malaikat (1988).

Secara garis besar, Si Buta dari Gua Hantu berlatar di Nusantara pada zaman kolonial Hindia Belanda. (end)