Bumilangit Luncurkan 'Sri Asih', Visi Kebangkitan Perempuan

CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 22:10 WIB
Bumilangit Luncurkan 'Sri Asih', Visi Kebangkitan Perempuan Karakter Sri Asih akan diperankan oleh Pevita Pearce. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Screenplay Bumilangit hari ini mengumumkan peluncuran film 'Sri Asih' yang akan diperankan oleh aktris Pevita Pearce. Meski tayangannya hanya sekian detik, Sri Asih sudah terlebih dahulu menyapa penonton di film 'Gundala'. Sutradara Upi didapuk menggarap karakter jagoan perempuan satu ini.

Sri Asih merupakan tokoh fiksi karya Bapak Komik Indonesia, RA Kosasih. Menurut produser Bismarka Kurniawan, Sri Asih menjadi tokoh yang kedua setelah Gundala yang diangkat ke layar lebar sekaligus menandai seabad usia sang komikus.

"Sri Asih itu karakter jagoan pertama Indonesia di 1954. Jagoan pertama ini perempuan, bukan laki-laki. 1954 itu Indonesia belum lama merdeka, tapi visi beliau gimana perempuan bisa bangkit dan bangun Indonesia. Dan alangkah baiknya jika dipersembahkan dalam karya tahun depan," ujar Bismarka saat peluncuran film 'Sri Asih' di Senayan City, Jakarta, Sabtu (21/9).

Untuk sutradara, produser beserta tim mendapuk Upi, yang sebelumnya dikenal sebagai sutradara film 'Radit dan Jani', 'My Stupid Boss', dan 'Realita Cinta dan Rock n Roll'.

Film ini jadi tantangan buat dirinya. Pasalnya, meski dia membaca karya RA Kosasih, Upi belum pernah 'bertemu' dengan Sri Asih. "Saya baca komiknya RA Kosasih yang Mahabarata dan Baratayudha. Kemudian saya baca Sri Asih dan amaze dengan karakter jagoan perempuan pertama," kata Upi dalam kesempatan serupa.

Tak hanya membaca soal Sri Asih, Upi pun juga turut membaca kisah jagoan-jagoan Bumilangit yang lain. Ini cukup berat mengingat dia bukan pembaca komik jagoan. Upi mengakui pekerjaan rumahnya bakal cukup banyak.

Produser kreatif Jagat Sinema Bumilangit, Joko Anwar, berkata pemilihan Upi sebagai sutradara dirasa tepat karena sutradara perempuan itu akan menggarap film tentang jagoan perempuan.

"Kita membutuhkan cerita yang otentik. Seberapa otentiknya laki laki bisa bikin film tentang perempuan ya seharusnya bisa juga. Tapi ketika ada seorang perempuan yang memang jago bikinnya kenapa enggak," kata Joko pada CNNIndonesia.com.

Sri Asih bakal tayang di 2020 mendatang. Sejauh ini, Pevita sudah masuk bulan ke 9 persiapan. Usia karakter Sri Asih dan usia dirinya memang terpaut jauh. Namun selama persiapan, Pevita membaca, mengenal dan kagum akan sosoknya.

"Ini butuh ekstra effort, jadi saya berharap [hasilnya] bisa terlihat dan ter-capture di visual. Untuk bela diri yang melatih tim Uwais," kata Pevita.

[Gambas:Video CNN]


(els/arh)