5 Rekomendasi Film Horor Korea Terlaris Sepanjang Masa

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 07:38 WIB
Korea Selatan tak hanya dikenal dengan romansa komedi dan drama. Negeri ginseng juga punya film horor ternama dan layak ditonton menjelang perayaan Halloween. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan tak hanya dikenal dengan romansa komedi dan drama. Negeri Ginseng ini juga memiliki sejumlah film horor ternama dan layak ditonton, terutama menjelang perayaan Halloween.

Film horor Korsel memiliki ciri khas menggabungkan sejumlah elemen, seperti psychological horror dan thriller horor.

Dengan demikian, kebanyakan film horor Korea memang membangun situasi terlebih dulu hingga penonton terbawa alur cerita, ketimbang mengagetkan tiba-tiba melalui jump scare.


Berikut lima film horor Korea Selatan dengan penonton terbanyak berdasarkan data Dewan Perfilman Korea.

5. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Gonjiam: Haunted Asylum mengangkat kisah sekelompok anak muda yang ingin menyaksikan sendiri keseraman Gonjiam, sebuah rumah sakit kejiwaan angker di Korea Selatan.

Berbekal sejumlah persiapan termasuk ragam peralatan teknologi canggih, kelompok ini siap memulai petualangan dalam Gonjiam.

Namun tanpa mereka sadari, segala persiapan dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya tak memberikan hasil. Mereka banyak menemukan fakta baru termasuk kejadian yang tak pernah disangka sebelumnya.

Gonjiam: Haunted Asylum bukan film pertama yang mengangkat jalan cerita seperti itu. Namun, Gonjiam juga memiliki unsur drama dan misteri ala Korea di dalamnya.

Sejak tayang tahun lalu di Korsel, tiket Gonjiam: Haunted Asylum sudah terjual hingga 2.675.883.

[Gambas:Youtube]

4. The Priests (2015)

The Priest merupakan salah satu film supernatural misteri thriller horor Korea Selatan yang ditulis dan disutradarai Jang Jae-hyun.

Permasalahan dimulai ketika seorang siswa SMA Young-sin (Park So-dam) ditabrak mobil dan membuatnya menderita penyakit misterius hingga tak sadarkan diri.

Pendeta Kim (Kim Yun-seok) yang mengenal Young-sin datang menjenguk dan yakin pemuda itu dirasuki roh jahat. Pendeta Kim bersiap untuk mengeluarkan setan dengan bantuan Choi (Gang Dong-won), seorang seminaris.

Namun, proses pengeluaran setan tak semudah yang dibayangkan.

Dengan premis tersebut, The Priest telah menjual 5.443.232 tiket di Korea Selatan.

[Gambas:Youtube]

3. The Wailing (2016)

The Wailing merupakan salah satu film horor terpopuler sepanjang masa di Korea. Film ini menawarkan kisah horor dari sebuah misteri di desa kecil bernama Gokseong yang terletak dekat hutan.

Kisah bermula dari kematian sejumlah warga desa yang diduga akibat penyakit. Sekelompok orang mulai curiga orang Jepang yang baru datang ke desa tersebut menjadi penyebab penyebaran penyakit tersebut. Atas desakan warga desa, polisi menyelidiki tentang orang Jepang tersebut.
5 Rekomendasi Film Horor Korea Terlaris Sepanjang MasaThe Wailing merupakan salah satu film horor terpopuler sepanjang masa di Korea. (Dok. 20th Century Fox)
Misteri yang dibangun The Wailing bisa membuat penonton perlahan masuk dalam jalan cerita dan mulai berpikir situasi sebenarnya. Tak hanya itu, film ini juga menambahkan unsur-unsur pemujaan setan serta sedikit thriller yang bisa menambah tingkat keseraman.

The Wailing juga menyuguhkan banyak adegan yang sebenarnya petunjuk, tapi membuat penonton bingung dan ragu tentang penyebab kejadian-kejadian ganjil di Desa Gokseong.

Tiket film yang memiliki sejumlah twist ini telah terjual lebih dari 6.879.989 di Korea Selatan.

[Gambas:Youtube]

2. The Host (2006)

The Host merupakan salah satu karya terbaik Bong Joon-ho jauh sebelum Parasite. Sutradara kenamaan Korea Selatan tersebut mencampurkan kisah horor dengan monster yang epik dalam The Host.

Film ini mengangkat kisah sebuah keluarga normal dengan tiga generasi anggota keluarga. Namun, hal buruk terjadi akibat sebuah pabrik secara besar-besaran membuang cairan berbahaya ke dalam sungai.

Monster muncul dari sungai dan menyerang orang-orang yang berada di dekatnya, termasuk anak perempuan dari keluarga tesebut.

Pemerintah Korea dan angkatan militer Amerika Serikat kala itu memisahkan orang-orang yang telah bersentuhan dengan monster, termasuk seluruh anggota keluarga tersebut. Setelah itu, pemerintah kedua negara mengatakan monster tersebut telah mati.

Namun ternyata, masih banyak hal yang disembunyikan pihak berwenang dari masyarakat. The Host memiliki jalan cerita yang mencampurkan ketegangan, misteri serta komedi secara bersamaan.

Total penjualan tiket The Host di Korea Selatan menembus angka 10.917.400.

[Gambas:Youtube]

1. Train to Busan (2016)

Train to Busan merupakan satu-satunya film horor yang masuk 15 besar film terlaris di Korea Selatan sepanjang masa.

Film yang dibintangi Gong Yoo ini menceritakan tentang seorang ayah bersama anaknya hendak bertolak ke Busan dari Seoul. Tanpa disangka, virus mematikan menyebar di area tersebut dan mengontaminasi seseorang yang terbawa masuk dalam kereta sehingga menjadi zombie.

Mimpi buruk pun dimulai. Orang tersebut mulai menggigit penumpang lain sehingga kondisi menjadi kacau. Semua orang berusaha bertahan hidup di dalam kereta yang tak bisa dihentikan.

Kisah tak hanya terfokus pada Gong Yoo, tapi juga sekelompok mahasiswa yang sebenarnya ingin bersenang-senang, serta suami dan istrinya yang sedang mengandung.

Train to Busan juga dibintangi Jung Yu-mi, Ma Dong-seok, Choi Woo-shik dan Sohee. Lebih dari 11.567.341 tiket Train to Busan sudah terjual di Korea Selatan, menjadikannya bertengger di peringkat 13 film terpopuler sepanjang masa di Korea Selatan.

[Gambas:Youtube]

Film Horor Korea Lainnya yang Layak Disimak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2