GFriend, 'Saudara Tiri' BTS yang Sukses Berkat Hujan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 02/11/2019 16:01 WIB
GFriend, 'Saudara Tiri' BTS yang Sukses Berkat Hujan GFriend akan mengunjungi Indonesia pada 10 November mendatang. (dok. 1theK via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar member GFriend sejatinya telah saling kenal cukup lama sebelum debut. Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji merupakan jebolan School of Performing Arts Seoul [SOPA], sedangkan Sowon lulus dari Hanliim Multi Arts School. Kedua sekolah itu dikenal prestis sebagai 'penghasil' alumni yang lantas sukses terjun ke dunia hiburan Korea Selatan.

GFriend mengawali debut lewat lagu Glass Bead pada Januari 2015. Mengusung konsep ala anak SMA, mereka berhasil mencuri perhatian dengan beberapa rookie award. Salah satunya, Artis Pendatang Baru Terbaik di Gaon Chart Music Award dan Golden Disc Award.

Beberapa bulan setelah debut, GFriend merilis lagu berjudul Me Gustas Tu. Sebuah video yang menampilkan upaya gigih GFriend menuntaskan penampilan kala membawakan lagu ini di bawah hujan lantas jadi viral, menarik perhatian internasional. Saat itu member grup yang mengusung tema 'power innocent' tersebut sampai harus jatuh berkali-kali, terlebih Yuju yang harus mengalami cedera jari.



Melihat video itu, publik segera mendukung GFriend, menganggap tindakan tersebut menunjukkan sikap profesional.

Me Gustas Tu juga menjadi lagu idol grup yang paling lama bertengger di tangga lagu Melon Top 100, mencatat rekor 63 minggu.

GFriend mengokohkan posisi dalam industri K-Pop dengan merilis Rough pada Januari 2016. Lagu itu mengantar lebih banyak penghargaan sampai 15 piala di acara musik, menempatkan mereka sebagai salah satu girl group terbanyak yang pernah mendapatkan penghargaan, menyaingi prestasi Apink.

Di tahun yang sama, GFriend comeback lewat Navillera. Di akhir 2016, video musik Rough dan Navillera terpilih masuk dalam daftar 10 video musik K-pop yang paling disukai masyarakat Korea Selatan. 

Tahun lalu, GFriend mengadakan konser solo perdana bernama Season of GFriend. Mereka lantas berekspansi dengan debut di Jepang, yang menerima dengan tangan terbuka. Album debut GFriend di Jepang menduduki posisi ke-10 di tangga lagu mingguan Oricon.


Di bulan Juli, grup yang semua anggotanya merupakan anak bungsu ini merilis mini album ketujuh bertajuk Fever Season. Terdapat delapan lagu di dalamnya, dengan Fever sebagai single utama.

Pada 10 November nanti, GFriend dijadwalkan menyapa para Buddy, sebutan untuk penggemar, di Indonesia. Baru tiga tahun sejak debut, mereka telah memiliki fandom luas dan setia. GFriend telah membuktikan diri, datang dari agensi kecil bernama Source Music, bukan berarti tak punya kemampuan. 

Kesuksesan GFriend bahkan membuat Big Hit Entertainment tertarik untuk mengakuisisi Source Music pada bulan Juli lalu. Big Hit menyebut pihaknya bakal mempertahankan eksekutif Source Music agar tetap mendapatkan warna dan independensi label yang unik, namun kehadiran GFriend tampaknya akan memberi warna segar di antara dua talenta Big Hit saat ini, BTS dan TXT.

[Gambas:Video CNN] (kir/rea)