Hilang 12 Tahun, Patung Karya Banksy Muncul di Rumah Lelang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 10:18 WIB
Hilang 12 Tahun, Patung Karya Banksy Muncul di Rumah Lelang Seniman Andy Link mengklaim kepemilikan patung The Drinker karya Banksy. (BEN STANSALL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah karya seni yang pernah ditinggalkan oleh Banksy di pusat London menyulut perselisihan hak milik. Karya itu sebenarnya sudah akan dilelang dengan harga 1 juta poundsterling.

The Drinker, judul karya tersebut, pertama kali ada begitu saja di sebuah tempat publik dekat Shaftesbury Avenue di London pada Maret 2004 silam. Seorang seniman bernama Andy Link, alias AK4 lantas membawa pulang patung itu.

Patung yang sama kemudian mendadak hilang dari rumah Link, sekitar tiga tahun lalu.



Tiba-tiba, 12 tahun kemudian, The Drinker muncul kembali dan saat ini siap untuk dilelang pada 19 November mendatang. Tidak diketahui siapa yang membawa The Drinker ke Rumah Lelang Sotheby. Biasanya, informasi seperti ini memang dirahasiakan.

Link yang mengetahui kemunculan kembali patung itu segera mengklaim The Drinker sebagai miliknya.

"Saya melakukan hal yang benar, dan melaporkannya ke polisi. Saya tidak mengerti bagaimana Sotheby bisa menjual ini [The Drinker] ketika saya punya bukti kepemilikan," kata Link, mengutip The Guardian.

Ia tidak menjelaskan bukti kepemilikan apa yang dimaksud, mengingat patung itu hanya dibawa pulang begitu saja oleh Link.

Rumah Lelang Sothebys menyatakan bahwa mereka memiliki hak vendor untuk menjual karya tersebut. Mereka berkata telah berkonsultasi dengan Kepolisian dan Art Loss Register, badan yang mengurusi data barang-barang seni yang hilang dicuri.

Bulan Oktober lalu, Banksy kembali membuat kejutan dengan membuka toko di internet yang menjual pelbagai barang ikonik. Ia membanderol barang unik dengan harga mulai dari 10 poundsterling atau Rp182 ribu.

Di antara koleksi tersebut adalah rompi yang dikenakan oleh rapper Stormzy kala mengisi panggung Glastonbury tahun ini. Kemudian ada televisi ultra HD, mug, bantal, dan karpet Tony The Tiger. (rea)