Kostum Ketat, Sutradara 'Parasite' Ogah Garap Film Ala Marvel

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 20:30 WIB
Kostum Ketat, Sutradara 'Parasite' Ogah Garap Film Ala Marvel Bong Joon-ho, sutradara 'Parasite' menyatakan alasannya enggan menggarap film ala Marvel. (Foto: dok. Hancinema.net)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara film 'Parasite', Bong Joon-ho mengatakan dirinya akan menolak bila ditawari menggarap film superhero Marvel. Alasannya sederhana dan pribadi, pakaian para jagoan itu terlalu ketat baginya.

"Saya memiliki alasan pribadi. Saya menghormati segala kreativitas dan ide film pahlawan super. Tapi dalam kehidupan nyata, saya tak tahan dengan pakaian ketat," kata Bong Joon-ho dalam wawancara khusus bersama pendiri studio NEON Tom Quinn.

Dalam wawancara tersebut, sutradara kenamaan Korea Selatan ini juga mengatakan tak akan pernah mengenakan pakaian ketat. Bong Joon-ho juga mengaku merasa sulit untuk melihat orang berpakaian ketat.
"Saya tak tahu harus melihat ke mana dan saya merasa seperti tercekik," Bong Joon-ho menjelaskan.


"Sebagian besar pahlawan super mengenakan pakaian ketat. Jadi saya tidak akan pernah menyutradari film itu. Saya pikir tak ada orang yang akan menawarkan juga," tuturnya.

Kendati demikian, peraih Palme d'Or Cannes Film Festival 2019 ini tak menutup kemungkinan untuk menyutradarai film pahlawan super apabila mereka mengenakan kostum yang lebih longgar.
Alasan Sutradara 'Parasite' Ogah Garap Film Ala MarvelPakaian ketat menjadi salah satu alasan keengganan Bong Joon-ho menggarap film ala Marvel. (dok. Marvel Studios)
Meski tak mau menyutradarai, Bong Joon-ho mengakui menikmati sejumlah film atau serial yang diangkat dari karya komik Marvel seperti 'Guardians of the Galaxy', 'Logan', dan 'Winter Soldier'. Menurutnya, ketiga film tersebut memiliki momen sinematik yang luar biasa.

Ketika mendengar hal tersebut, Tom Quinn langsung melemparkan guyonan bahwa Bong Joon-ho sesungguhnya sudah menyutradarai sebuah film pahlawan super lewat 'Snowpiercer' yang tayang pada 2013.

"Snowpiercer film Marvel-mu kan? Bukannya itu Winter Soldier: Part 2? Di sana kan ada Captain America," guyon Tom Quinn kepada Bong Joon-ho.

Guyonan tersebut dilontarkan sebab Chris Evan yang selama ini dikenal sebagai Captain America dan teman dari Winter Soldier menjadi pemeran utama dalam film fiksi ilmiah garapan Bong Joon-ho.

Tom Quinn juga menilai Bong Joon-ho memiliki semesta sinema sendiri, seperti Marvel. Hal tersebut terlihat dari tujuh film yang telah dibuat sutradara kelahiran 1969 selama ini.

"Banyak hal yang tumpang tindih dari semua film Bong Joon-ho. Sangat menyenangkan ketika melihat adegan yang bisa saling dihubungkan dan karakter yang tayang di film-film tersebut," tutur Tom Quinn, seperti dilansir Variety.

Nama Bong Joon-ho tahun ini makin terkenal dan menarik perhatian dunia berkat film terbarunya, 'Parasite' yang menang dalam Cannes Film Festival 2019. Ia juga berada di puncak daftar pelaku industri hiburan paling berpengaruh di Korea versi Ilgan Sports tahun ini.

Namun, Bong Joon-ho memiliki film terkenal lainnya sejak 2000, yakni 'Barking Dogs Never Bite', 'Memories of Murder', 'The Host', 'Mother', 'Snowpiercer', dan 'Okja'.

Sejumlah aktor dan aktris menjadi langganan Bon Joon-ho. Salah satunya ialah Song Kang-ho. Aktor kelahiran 17 Januari 1967 itu bermain di Memories of Murder, The Host, Snowpiercer, dan Parasite.

Aktor dan aktris lainnya yang sering muncul di film Bong Joon-ho ialah Byun Hee-bong, Go Ah-sung, Yoon Jae-moon, Park Hae-il, Jeon Mi-seon Kim Roi-ha dan Bae Doo-na.

[Gambas:Video CNN] (end/rea)