FOTO: Pameran Arsitektur 'Prihal' Karya Andra Matin

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Minggu, 01/12/2019 20:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Andra Martin lewat pameran yang digelar di Galeri Nasional menampilkan ratusan karya-karyanya selama bekerja 20 tahun lebih sebagai arsitek.

Arsitek Andra Matin menampilkan karya-karyanya dalam pameran yang bertajuk
Pameran yang mencakup berbagai tema yaitu, prihal Jakarta, Kota yang Lainnya, Bentuk, Material, Yang Berulang, dan Sehari-hari ini akan berlangsung hingga 11 Desember 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Dalam pamerna ini Andra Martin menampilkan lebih dari 800 karya arsitektur sekaligus menandakan dua dekade studio andramartin. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Andra Martin sendiri merupakan salah satu arsitek kenamaan Indonesia dan juga salah satu figur kontemporer dalam dunia arsitek Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pada perancangan materi pameran, “PRIHAL” juga turut berkolaborasi dengan dua studio desain grafis ternama yaitu Leboye untuk graphic identity, dan Nusae pada signage system. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pameran PRIHAL memiliki dua ide besar. Pertama adalah peran rancangan-rancangan andramartin terhadap berbagai dimensi ruang di Indonesia, yang kedua adalah tentang penciptaan, pengelolaan dan pembinaan desain arsitektur itu sendiri. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Dalam rancangan-rancangannya, Andra Martin acap kali menggunakan batu karawang. Selain indah, jenis batuan itu pun hemat energi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Menurut Andra Martin, arsitektur yang baik harus benar secara program. Bagunan pun harus selaras dengan alam dan mengurangi pemakaian energi, selain indah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Andra Martin juga memiliki filosofi bahwa arsitektur harus bisa digunakan sampai ratusan tahun. Rancangan pun jangan sampai membuat orang lain marah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Selain menampilkan karya-karyanya, lewat pameran ini Andra Martin juga menunjukkan proses kreatif serta keseharian studio miliknya. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)