LIVE REPORT

Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019

Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019

Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 resmi dimulai dari Nagoya, Jepang, Rabu (4/12). CNNIndonesia.com melaporkan langsung lewat live report dari malam puncak MAMA 2019 di Nagoya Dome.

Acara MAMA 2019 sendiri terbagi dalam dua sesi, yaitu red carpet yang dimulai pada pukul 4 sore waktu setempat atau pukul 14.00 WIB, dan sesi puncak pada pukul 6 sore atau 16.00 WIB.

Sejumlah idol pendatang baru akan turut meramaikan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019. Mereka ialah ITZY, TXT, WayV, ATEEZ dan ONEUS.

Sebelumnya, Mnet telah mengumumkan sederet idol besar lainnya yang akan tampil dalam Mnet Asian Music Awards 2019. Mereka ialah GOT7, MONSTA X, TWICE, MAMAMOO, BTS, Seventeen, serta Kim Chung-ha.

Selamat mengikuti live report MAMA 2019 di CNNIndonesia.com!

  • 04 Dec 20:00

    MAMA 2019 Berakhir

    Usai BTS meraih Artist of the Year, Park Bo-gum menutup MAMA 2019. Sekian laporan CNNIndonesia.com dari MAMA 2019 yang diadakan di Nagoya Dome, Jepang, terima kasih dan sampai jumpa!
  • 04 Dec 19:57

    BTS Resmi Bawa Pulang Seluruh Daesang

    BTS kembali memenangkan penghargaan puncak MAMA 2019, Artist of the Year. Dengan capaian ini, BTS komplet memborong seluruh daesang dalam ajang MAMA 2019. 

    Seluruh member berpelukan dan membungkukkan badan di hadapan penggemar. Jin membawa penghargaan song of the year.

    "Terima kasih. Tahun 2019 luar biasa. Terima kasih buat dukungan Army," kata Suga.

    "Acara ini benar benar luar biasa dari staf sampai penggemar banyak berkorban. Terima kasih banyak untuk ini," timpal RM.

    Usai BTS meraih Artist of the Year, Park Bo-gum menutup MAMA 2019. Sekian laporan CNNIndonesia.com dari MAMA 2019 yang diadakan di Nagoya Dome, Jepang, terima kasih dan sampai jumpa!
  • 04 Dec 19:49

    'Boy with Luv' Jadi Song of the Year

    BTS resmi membawa pulang tiga daesang dengan Boy with Luv menjadi Song of the Year MAMA 2019. Ketika mendengar hal tersebut, beberapa member langung merunduk sebagai tanda terima kasih.
  • 04 Dec 19:38

    BTS Kuasai Nagoya Dome

    BTS tampil memukau di panggung utama dengan membawa sejumlah lagu mereka. Usai penampilan penuh api, BTS kembali dengan tampilan warna-warni sambil membawakan Boy With Luv.

    Penampilan BTS makin meriah dengan lifted stage dan segala confetti yang memenuhi ruang udara Nagoya Dome. BTS kemudian melanjutkan dengan lagu Mikrokosmos.

    BTS tidak berhenti sampai di situ. Setelah video Past Meets Present yang menggambarkan evolusi BTS, mereka kembali tampil dengan permainan hologram di atas kepala para penonton Nagoya Dome dan patung ular raksasa di panggung. Kali ini, BTS membawa lagu Dionysus.
  • 04 Dec 19:19

    SEVENTEEN Raih MAMA dan Aksi BTS yang 'Berapi'

    SEVENTEEN membawa pulang piala MAMA 2019 melalui kategori Breakthrough Achievement. Layaknya idol yang dicintai penggemar banyak negara.

    SEVENTEEN berterima kasih dalam banyak bahasa, mulai dari Inggris, Korea dan Mandarin. Di akhir, Woozi juga memberikan salam kepada sang leader S.Coups yang absen karena masalah kesehatan.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019SEVENTEEN membawa pulang piala MAMA 2019 melalui kategori Breakthrough Achievement. (dok. Pledis Entertainment)

    Sebelumnya, Chung Ha berhasil membawa pulang Best Dance Performance Solo berkat Gotta Go, dan Heize memenangkan Best Hip-Hop and Urban Music lewat She’s Fine.

    Setelah SEVENTEEN turun, BTS pun naik ke atas panggung MAMA 2019 dan memanaskan Nagoya Dome dengan penampilan lagu N.O dan We are Bulletproof Pt. 2. BTS menampilkan pertunjukan berapi-api dalam arti sesungguhnya. Panas api bisa dirasakan hingga ke kursi penonton.
  • 04 Dec 18:51

    BTS Tambah Daesang

    BTS kembali meraih penghargaan MAMA 2019. Kali ini lewat kategori Worldwide Icon of the Year yang menjadi salah satu daesang. Dengan ini, BTS sudah mengoleksi dua dari empat daesang MAMA 2019.

    "Lihatlah penghargaan ini. Ini untuk kalian semua. Kami tidak pernah mengira penghargaan seperti ini. Semua ARMY di seluruh dunia kalian memberikan kami ini. Persona kami dibuat oleh kalian. Terima kasih!," kata RM.

    BTS tambah daesang di MAMA 2019.BTS tambah daesang di MAMA 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)


    Setelah itu, MAMA mengumumkan Taeyon sebagai peraih Best Vocal Performance, JANNABI sebagai Best Band Performance, dan Lee Sora ft Suga BTS sebagai Best Collaboration.
  • 04 Dec 18:37

    ATEEZ dan MONSTA X Raih Worldwide Fans’ Choice

    ATEEZ dan MONSTA X mendapatkan Worldwide Fans’ Choice. ATEEZ mendapatkan penghargaan tersebut karena tiket konser yang ludes di 12 negara dan mendapatkan MTV Europe Music Awards.

    Sedangkan MONSTA X mendapatkan penghargaan itu karena tur dunia 20 kota dan jadi grup K-Pop pertama yang tampil di Jingle Ball Tour.

    Berbagai penampilan mengisi MAMA 2019. Mulai dari Hwasa yang berpenampilan seperti Joker dengan perpaduan warna ungu hijau dan rambut hijau membawakan lagu Twit.

    Kemudian Park Jin-young muncul untuk berduet dengan Hwasa di lagu Don't Leave Me. Park tampil dengan baju plastik dan lagu yang diaransemen ulang.

    Park Jin-young kemudian beralih dengan duet bersama MAMAMOO yang dikemas ala burlesque. Keduanya juga membawakan penampilan medley dan remix dari Yes I Am dan Who’s Your Mama.
  • 04 Dec 18:12

    Chungha dan WayV Bawa Pulang MAMA

    Chungha meraih kategori Best Female Artist dalam MAMA 2019. "Saya hanya ingin mengatakan kepada kalian semua kalian adalah yang terbaik dari yang terbaik. Terima kasih atas semua dukungan dan cinta kalian," kata Chungha.

    Setelah itu, WayV dinobatkan sebagai Best New Asian Artist. Mereka menyampaikan rasa terima kasih kepada penggemar dalam bahasa Korea dan Thailand.
  • 04 Dec 18:03

    GOT7 'Bawa' Angkasa ke MAMA 2019

    GOT7 menampilkan pertunjukan ala angkasa yang dilanjutkan dengan Calling Your Name dengan koreografi yang diubah. GOT7 kemudian melanjutkan dengan lagu Crash and Burn. 

    Sebelum GOT7 tampil, TXT mendapatkan MAMA 2019 lewat kategori Worldwide Fans' Choice karena mencetak rekor video musik 24 jam paling banyak ditonton dan perolehan iTunes nomor wahid di 44 negara.

    Selain itu, grup TWICE meraih kategori Worldwide Fans' Choice karena 12 video musik mereka tembus 100 juta kali ditonton dan jadi girlband pertama yang konser di Dome Tour.
  • 04 Dec 17:46

    BTS Kembali Bawa Piala MAMA 2019

    Kemenangan belum berakhir bagi BTS. Kali ini, BTS membawa pulang piala MAMA untuk kategori Best Dance Performer Male Group berkat duetnya bersama Halsey di Boy with Luv. Setelah itu, kategori Best Dance Performer Female MAMA 2019 diberikan kepada TWICE atas lagu Fancy.
  • 04 Dec 17:28

    Para Peraih Worldwide Fans' Choice

    BTS dan GOT7 diberi piala MAMA kategori Worldwide Fans' Choice. BTS memenangkan kategori itu versi Billboard, sedangkan GOT7 meraih capaian itu berdasarkan penjualan iTunes dan konser.

    GOT7 berterima kasih kepada penggemar dalam banyak bahasa. Mulai dari bahasa Korea oleh Jaebum, Thailand oleh Bambam, Mandarin oleh Jackson, Inggris oleh Mark, dan ditutup dengan bahasa Korea oleh Yugyeom.

    SEVENTEEN juga mendapatkan kategori yang sama berkat penjualan album 700 ribu keping dalam pekan pertama dan masuk oricon.
  • 04 Dec 17:22

    Dua Lipa Jadi International Favourite Artist MAMA 2019

    Penyanyi Hwasa muncul ke atas panggung membawakan lagu milik Dua Lipa, New Rules. Setelah Hwasa rampung, Dua Lipa kemudian tampil membawakan lagu terbarunya, Don't Start Now.

    Dua Lipa pun dianugerahi International Favourite Artist di MAMA 2019.

    "Terima kasih telah mendukung saya. Terima kasih telah mengundang saya ke sini. Nikmati acara malam ini," kata penyanyi Inggris itu.
  • 04 Dec 17:13

    Keriuhan Fan Saat Rehat MAMA

    Penonton MAMA 2019 di Nagoya Dome riuh ketika rehat acara. Para artis menyapa penggemar dari atas podium tempat duduk artis. Para penonton di tribun tak henti berteriak menyapa idol mereka, seperti TXT dan BTS.

    Yeonjun TXT kemudian iseng membuka coat di atas podium yang membuat penggemar semakin histeris.

    Penonton semakin histeris ketika melihat senior TXT, BTS, naik ke atas panggung. Jin BTS yang berulang tahun hari ini pun melakukan aksi di atas panggung.
  • 04 Dec 17:10

    Gummy Bawa Pulang MAMA 2019

    Sejumlah pemenang diumumkan secara berurutan. Mereka adalah Baekhyun yang memenangkan Best Male Artist berkat UN Village, kemudian Gummy yang membawa pulang Best OST, lalu BOL4 di kategori Best Vocal Performance.
  • 04 Dec 17:07

    Jimmy Fallon 'Beri' Album of the Year ke BTS

    Jimmy Fallon mendadak 'muncul' di MAMA 2019. Melalui sebuah video, Fallon membacakan pemenang kategori Album of the Year. "Saya secara personal memiliki album ini juga," kata Fallon. Ia kemudian membacakan nama "BTS". Fan pun bergemuruh di Nagoya Dome.

    BTS kemudian menerima piala daesang tersebut. "ARMY! Benar-benar terima kasih. Ini Luar biasa," kata J-Hope.

    "Saya benar-benar merasa bersyukur. Terima kasih menyukai album ini," timpal Jimin.

    BTS berhasil membawa pulang Album of the Year MAMA 2019.BTS berhasil membawa pulang Album of the Year MAMA 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
  • 04 Dec 17:03

    BTS Menari Kala TXT Menang Best New Male Artist

    TXT berhasil memenangkan Best New Male Artist. BTS pun memberikan selamat kepada mereka dengan menari ketika mengetahui junior mereka itu menjadi artis baru laki-laki terbaik. 
  • 04 Dec 17:00

    ITZY Raih Best New Female Artist

    Capaian pertama ITZY di MAMA 2019. Mereka berhasil membawa pulang kategori Best New Female Artist. Bambam GOT7 memberikan tanda hati ketika mengetahui hoobae alias juniornya menjadi artis pendatang baru terbaik.

    "CEO Park Jinyoung, staf, manajer terima kasih. Terima kasih juga kepada mitzy," kata Yeji.

    "Terima kasih atas nama grup kami. Saya hanya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membantu kami hingga kini. Senior kami juga. Terakhir, mitzy kami tahun ini setelah debut kami tak terlalu sempurna, namun terima kasih selalu mendukung kami. Terima kasih banyak," kata Lia.

    Sebelum ITZY naik panggung, suara ARMY memenuhi Nagoya Dome ketika melihat Jin BTS melakukan ‘aegyo’ dengan memberikan simbol hati ke kamera.
  • 04 Dec 16:50

    Aksi 'Dark' MONSTA X

    MONSTA X juga memberikan penampilan spesial. Jooheon membukan penampilan ‘dark’ MONSTA X dengan naik mobil dalam hall. Hal itu diikuti dengan I.M. Mereka membawakan lagu 'Follow'. 
  • 04 Dec 16:48

    TWICE dan BTS Rebut Kategori Qoo10 Favourite

    TWICE dipanggil ke atas panggung MAMA 2019 untuk mendapatkan piala Qoo10 Favorite Female Artist. "Benar benar terima kasih buat penghargaan ini," kata Momo.

    Setelah TWICE, nama BTS ikut dipanggil karena mendapatkan piala untuk kategori Qoo10 Favorite Male Artist. "Kami berterima kasih dari dalam hati buat ARMY," kata V.


  • 04 Dec 16:37

    GOT7 Raih Favourite Dance Performance

    GOT7 sukses membawa pulang kategori Favourite Dance Performance.  "Ahgase terima kasih ke depan kami akan berikan penampilan yang mengagumkan," kata JB.  "Terima kasih terus mendukung kami," timpal Mark. 

    Pertunjukan dilanjutkan dengan penampilan Chungha membawakan 'Gotta Go'.
  • 04 Dec 16:32

    MAMAMOO Menang Favourite Vocal Performance

    MAMAMOO berhasil dinobatkan sebagai Favourite Vocal Performance MAMA 2019. "Momodeul terima kasih sekali. Staf kami juga, terima kasih. Momodeul kami cinta kalian. Letsget it," kata Solar.
  • 04 Dec 16:30

    MONSTA X Menang World Performer

    MONSTA X dinobatkan menjadi pemenang kategori World Performer MAMA 2019. "Kategori World Performer adalah penghargaan yang luar biasa. Kami akan terus berjuang dan maju. Terima kasih," kata I.M. Selamat MONSTA X!
  • 04 Dec 16:24

    TXT Tampil Teatrikal Bawa Run Away

    Panggung MAMA lanjut dimeriahkan dengan penampilan ala teatrikal TXT membawakan Run Away. Penggemar histeris menyaksikan 'adik' dari BTS tersebut.
  • 04 Dec 16:21

    ITZY Bawa 'Dalla Dalla' versi Remix

    Para idol menyiapkan penampilan spesial untuk penonton MAMA setiap tahunnya. Seperti yang dilakukan ITZY. Sebagai artis pembuka, ITZY menampilkan Dalla Dalla versi remix. Mereka menyelipkan break dance di tengah chorus.

    ITZY melanjutkan penampilan dengan ICY yang juga dibuat versi remix.
  • 04 Dec 16:13

    TWICE Menang Best Female Group

    Setelah memberikan piala kepada BTS, pesohor Lee Sang-yeoh dan Jung Hye-sung kemudian mengumumkan pemenang kategori Best Female Group yang jatuh kepada TWICE.

    "ONCE terima kasih. Terima kasih sekali ONCE," kata Jeongyeon.

    Selamat TWICE!
  • 04 Dec 16:11

    BTS Menang Best Male Group

    Pesohor Lee Sang-yeoh dan Jung Hye-sung membacakan pemenang kategori Best Male Group yang diberikan kepada BTS. Piala dipegang oleh Jin sementara itu RM mengucapkan pidato kemenangan. Namun RM kemudian memberikan mic ke Jin yang berulang tahun tepat hari ini. 

    "Di hari ulang tahun ini bersama para member di sini saya benar benar berterima kasih. MAMA terima kasih. Saya cinta MAMA" kata Jin.

    Selamat BTS!
  • 04 Dec 16:03

    Malam Puncak MAMA 2019 Resmi Dibuka

    Malam puncak MAMA 2019 resmi dibuka dengan persembahan permainan genderang dan laser cahaya yang memukau. Setelah itu, sebuah video berisi ucapan dari para idol, salah satunya BTS, tentang musik membuat Nagoya Dome yang penuh akan penonton bergemuruh.

    Malam ini, aktor Park Bo-gum akan memandu lagi MAMA untuk ketiga kalinya. Park Bo-gum, dengan setelan jas putih tampil di tengah panggung dan menyapa penonton.
  • 04 Dec 15:56

    Momen Seleb di Red Carpet MAMA 2019

    Ada banyak momen di red carpet MAMA 2019. Salah satunya ketika MONSTA X hadir. Mereka datang bukan hanya sebagai penampil dalam MAMA 2019, melainkan juga mendapatkan nominasi di kategori Best Male Group, Best Dance Performance – Male Group, dan Qoo10 Favorite Male Artist.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019MONSTA X. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

    MAMAMOO juga menghiasi red carpet MAMA 2019. Grup bentukan 2014 ini berhasil mendapatkan sejumlah nominasi, yaitu Best Female Group, Best Vocal Performance – Group, dan Qoo10 Favorite Female Artist.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019MAMAMOO di red carpet MAMA 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

    Momen lainnya adalah ketika Dua Lipa datang di red carpet MAMA 2019. Penyanyi Inggris ini akan jadi salah satu penampil utama MAMA 2019. Tahun ini jadi momen pertama Dua Lipa datang di MAMA. Sebelumnya ia duet dengan BLACKPINK lewat lagu 'Kiss and Make Up'.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019Dua Lipa datang ke MAMA 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
  • 04 Dec 15:34

    Jin BTS Dapat Hadiah Ultah dari Penggemar

    Jin BTS mendapatkan hadiah dari penggemarnya di sela acara red carpet MAMA 2019. BTS yang datang komplet malam ini ke red carpet diberi hadiah berupa ucapan selamat ulang tahun untuk Jin dari para ARMY. Bukan hanya ucapan ulang tahun, Jin yang lahir tepat hari ini juga dinyanyikan lagu ulang tahun dan topi kue dari penggemar. Selamat ulang tahun, Jin!

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019Jin BTS dirayakan ulang tahunnya di red carpet MAMA 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)


    Acara red carpet MAMA 2019 pun berakhir dan bersiap untuk malam puncak penghargaan di dalam Nagoya Dome. Kami akan tetap melaporkan penyelenggaraan MAMA 2019 kepada pembaca CNNIndonesia.com.
  • 04 Dec 15:29

    GOT7 Janji Bakal Tampil Menawan

    GOT7 berjanji mereka akan memberikan penampilan yang berkesan bagi penggemar mereka dalam MAMA 2019. Malam ini, mereka akan tampil selain dari MONSTA X, TWICE, MAMAMOO, BTS, Seventeen, serta Kim Chung-ha.

    Selain itu, GOT7 dapat sejumlah nominasi dalam MAMA 2019, yaitu Best Male Group, Best Dance Performance – Male Group, dan Qoo10 Favorite Male Artist.

  • 04 Dec 15:16

    Andmesh Kamaleng dan Stephanie Poetri Raih MAMA 2019

    Penyanyi Indonesia, Andmesh Kamaleng berhasil memenangkan Best Asian Artist Indonesia. Andmesh dikenal dengan lagu debutnya yang hit, Cinta Luar Biasa.



    Sementara itu, penyanyi pendatang baru Stephanie Poetri mendapatkan piala MAMA 2019 untuk Best Asian New Artist Indonesia. Ia dikenal setelah lagunya, I Love You 3000 meledak di pasaran. Berkat itu pula, ia digandeng oleh label 88rising yang menaungi Rich Brian.

  • 04 Dec 15:11

    ITZY dan ONEUS Sapa Fan di Red Carpet

    Satu per satu berbagai pesohor Korea muncul di red carpet MAMA 2019. Salah satunya adalah girlband ITZY. Malam ini, ITZY mendapatkan nominasi kategori Artist of the Year, Best New Female Artist, Worldwide Fans' Choice Top 10, Favorite Female Artist.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019Foto: CNN Indonesia/ Christie Stefanie

    Bukan hanya ITZY, boyband baru ONEUS juga tampil menyapa para penggemarnya di red carpet MAMA 2019.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019Foto: CNN Indonesia/ Christie Stefanie
  • 04 Dec 15:07

    Red Carpet MAMA 2019

    Red carpet MAMA 2019 telah berlangsung sejak pukul 16 waktu setempat atau pukul 14 WIB. Penonton MAMA sudah memadati Nagoya Dome sejak siang hari. Red carpet dibuka dengan menampilkan Ateez.

    Live Report Mnet Asian Music Awards MAMA 2019Foto: CNN Indonesia/ Christie Stefanie

Related Articles