Cetak Rekor Lelang, Jubah Superman Laku Rp2,8 M

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/12/2019 03:49 WIB
Cetak Rekor Lelang, Jubah Superman Laku Rp2,8 M Jubah Superman yang merupakan properti dari film perdana sang pahlawan super yang dirilis pada 1978 silam laku miliaran rupiah di pelelangan di Hollywood. (Robyn Beck / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jubah merah yang dipakai karakter Superman dalam film perdana bertajuk sama yang dirilis pada 1978 telah laku terjual di pelelangan. Disepakati dengan harga US$193,750 atau setara Rp2,7 miliar, jubah itu mencatat rekor sebagai properti pahlawan super termahal yang pernah dilelang.

Potongan kain tersebut memiliki warna merah cerah, dengan lambang S yang dibuat sedemikian rupa warna kuning. Sebuah salinan komik Superman #331 yang menampilkan iklan 'kontes film' yang menawarkan hadiah pertama berupa 'jubah asli yang dikenakan Christopher Reeve dalam film Superman' juga disertakan. Sebagai bukti sah, ada pula dokumen 9 halaman, termasuk surat untuk pemenang kontes yang ditanda tangani oleh bos DC Comics saat itu, Sol Harrison dengan tanggal 27 Februari 2978.

Dalam acara bertajuk Julien's Auction Icons & Idols yang diadakan di Beverly Hills, California, pada awal pekan ini, sejumlah properti film klasik lain juga dilelang. Di antaranya, kostum yang dipakai Patrick Stewart dalam Star Trek: The Next Generation sebagai Captain Jean-Luc Picard yang terjual dengan harga US$28,800 atau setara Rp403 juta, serta kostum Spock Romulan yang dikenakan Leonard Nimoy di Star Trek: Deep Space Nine, terjual seharga US$20 ribu atau setara Rp280 juta.


Selain Superman dan Star Trek, pakaian terusan dari film Ghostbuster II yang dipakai Dan Aykroyd kala berperan sebagai Raymond Stantz juga laku dengan harga US$32 ribu atau setara Rp448 juta.

Sementara itu, jam saku Andy Warhol yang terbuat dari emas putih 18 karat laku seharga US$10,240 atau Rp143 juta, dan sepasang lukisan cat minyak Frank Sinatra lengkap dengan tanda tangan 'Sinatra/'65' dan 'Sinatra 53' masing-masing laku seharga US$75,000 atau setara Rp1 miliar dan US$21,250 atau setara Rp297 juta.

Pelelangan berjalan ketat dan seru, namun pipa yang dipakai karakter Bilbo Baggins (diperankan oleh Ian Holm) dalam trilogi Lord of the Rings ternyata tidak jadi dijual. Sedianya, barang itu menjadi salah satu favorit dalam daftar lelang. (rea)