Heechul Super Junior, Lulusan Teknik Pacar Momo TWICE

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 13:04 WIB
Heechul yang merupakan lulusan sekolah teknik memutuskan untuk jadi idol usai melihat Psy tampil pada 2002. Heechul yang merupakan lulusan sekolah teknik memutuskan untuk jadi idol usai melihat Psy tampil pada 2002. (dok. SMTown)
Jakarta, CNN Indonesia -- Personel Super Junior Heechul mendadak jadi pembicaraan setelah kabar dirinya berpacaran dengan Momo TWICE merebak dan dikonfirmasi oleh label juga agensi kedua belah pihak.

Kim Hee-chul atau yang lebih akrab disapa Heechul lahir di Provinsi Gangwon pada 10 Juli 1983 dan merupakan anak bontot dari dua bersaudara. Ia diketahui memiliki seorang kakak perempuan.

Heechul yang merupakan lulusan dari sekolah teknik pertama kali tertarik untuk menjadi selebriti setelah melihat penampilan Psy di sebuah acara TV pada 2002.


Berangkat dari hal tersebut, ia mulai mencari agensi entertainment yang membuka audisi dan menemukan SM Entertainment. Heechul akhirnya memutuskan untuk pindah ke ibu kota Seoul saat berumur 20 tahun untuk mengikuti audisi.

Kejadian unik sempat terjadi saat ia berangkat untuk mengikuti audisi. Heechul yang bukan berasal ibu kota, tersesat dan terlambat untuk mengikuti audisi.

Namun karena penampilan Heechul yang menarik, maka para staff SM mengizinkan dirinya untuk ikut audisi. Ia pun menyanyikan lagu kebangsaan Korea dan berhasil diterima menjadi trainee SM Entertainment.

Pada mulanya ia ditempatkan bersama Jaejoong, Yunho (TVXQ), dan Kangin (Super Junior), dalam sebuah proyek bernama Four Seasons. Namun, proyek tersebut gagal dan Yunho dan Jaejoong debut dalam grup TVXQ.

Heechul juga sempat disiapkan untuk menjadi vokalis dari band Trax, tetapi ia malah kembali ke kampung halaman karena kerap berselisih dengan staff SM pada saat itu.

Namun berkat bujukan dari Jungmo dan Jay Trax, serta Yunho TVXQ dan Donghae Super Junior, Heechul akhirnya kembali menjadi trainee di SM Entertainment dan debut bersama Super Junior 05 pada tahun 2005.

Tahun berikutnya, bersamaan dengan masuknya Kyuhyun dalam grup, Super Junior 05 mengganti namanya menjadi Super Junior.

Selain menjadi anggota dari Super Junior, Heechul juga aktif dalam berbagai acara televisi di awal kariernya. Pada 2007 ia turut serta bergabung dalam drama Golden Bride. Perannya sebagai Kim Young-soo berhasil membuat ia lebih dikenal dalam dunia hiburan.

Momo TWICE dikonfirmasi menjalin hubungan dengan Heechul Super Junior.Momo TWICE dikonfirmasi menjalin hubungan dengan Heechul Super Junior. (dok. JYP Entertainment)

Bukan hanya dunia akting dan menyanyi, Heechul juga sempat merambah menjadi penyiar pada Young Street Radio di SBS Power FM dari akhir 2005 sampai pertengahan 2006.

Ia juga menjadi MC untuk acara musik Inkigayo bersama Andy Shinhwa dan Song Ji-hyo sebelum akhirnya meninggalkan posisinya tersebut pada 2008.

Pada 2006, Heechul terlibat dalam kecelakaan mobil setelah kembali dari pemakaman ayah Donghae. Ban mobil yang ia kendarai tidak berfungsi saat mobil hendak berpindah jalur.

Hal tersebut menyebabkan Heechul mengalami patah kaki kiri dan harus menjalani operasi dengan tujuh pin harus dimasukkan ke dalam kakinya. Ia juga menderita luka lain, termasuk robek di lidahnya. Akibat dari kecelakaan itu, Heechul harus beristirahat selama 12 minggu penuh.

Kecelakaan yang dialaminya memuat Heechul tidak bisa lagi menari secara penuh di panggung. Kondisi ini juga mengubah posisi ia dari sebelumnya lead dancer menjadi sub-rapper dan vokalis.

Pada 2009 ia memutuskan untuk tidak berpartisipasi lagi dalam penampilan Super Junior, tapi setelah dibujuk oleh anggota lainnya ia tampil untuk beberapa saat di lagu "Sorry, Sorry" dan "It's You".

Setelah menyelesaikan wajib militer pada 2013, Heechul mulai kembali aktif dengan bergabung pada acara Ssulzun atau War of Words. Ia juga sempat muncul dalam acara We Got Married: Global Edition dengan Puff Kuo pada 2014.

Pada 2015, Heechul berpartisipasi dalam acara Wednesday Food Talk, A Style For You, MAPS, dan yang paling terkenal, Knowing Bros. Dalam acara Knowing Bros, ia sempat merilis lagu bersama Min Kyung-hoon.

Lagu berjudul "Sweet Dream" tersebut berhasil meraih kepopuleran dengan mendapatkan "all-kill" dalam Gaon Digital Chart.

Pada awal tahun ini, Heechul diketahui berkencan dengan salah satu anggota Twice yaitu Momo. Heechul sebelumnya memang kerap memperlihatkan kekaguman pada Momo dan menyebut dirinya sebagai penggemar TWICE.

Berita mengenai hubungan Heechul dan Momo bukan sebuah berita yang baru. Kabar mereka dekat pertama kali muncul pada Agustus lalu, tapi hal tersebut disanggah oleh keduanya.

Para penggemar pun sempat tidak percaya karena Heechul dikenal berteman dengan banyak idol wanita. (kir/end)