Awkwafina Cetak Sejarah di Golden Globe 2020

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 12:45 WIB
Awkwafina Cetak Sejarah di Golden Globe 2020 Aktris sekaligus rapper Awkwafina mencetak rekor sebagai keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan Aktris Terbaik kategori film dalam Golden Globe Awards. (AFP Photo/Jean-Baptiste Lacroix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris sekaligus rapper Awkwafina mencetak rekor sebagai keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan Aktris Terbaik kategori film musikal atau komedi dalam Golden Globe Awards 2020 berkat The Farewell.

"Ini sangat luar bisa. Terima kasih. Ketika saya mengalami hal sulit, saya bisa menjual ini," guyon Awkwafina usai menerima piala emas di atas panggung.

Dengan kemenangan ini, Awkwafina menjadi keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan Aktris Terbaik kategori film. Pada 2019, Sandra Oh menjadi perempuan Asia pertama yang menjadi aktris terbaik untuk drama televisi berkat aktingnya dalam Killing Eve.


Di belakang panggung, Awkwafina mengatakan baru mengetahui rekor yang ia cetak setelah diberi tahu orang lain.

"Saya baru tahu fakta itu dan cukup mencengangkan. Saya harap ini hanya permulaan," tutur Awkwafina seperti dilansir Variety.

Dalam film The Farewell, Awkwafina berperan sebagai Billi, seorang perempuan keturunan China-Amerika. Ia kembali ke China bersama keluarganya untuk berpisah dengan neneknya yang sedang sakit.

Awkwafina meraih tatus Aktris Terbaik usai 'mengalahkan' sejumlah nama aktris besar lainnya seperti Ana de Armas (Knives Out), Cate Blanchett (Where'd You Go, Bernadette), Beanie Feldstein (Booksmart), dan Emma Thompson (Late Night).

Sebelum The Farewell, Awkwafina dikenal lebih dulu lewat film Neighbors 2: Sorority Rising, Ocean's 8, serta Crazy Rich Asians. (chri/has)