Joaquin Phoenix Sindir Seleb Hollywood di Golden Globe 2020

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 14:51 WIB
Dalam pidato kemenangan Golden Globe, Joaquin Phoenix justru menyindir kampanye dan orasi yang dilakukan banyak selebritas di ajang penghargaan. Dalam pidato kemenangan Golden Globe, Joaquin Phoenix justru menyindir kampanye dan orasi yang dilakukan banyak selebritas di ajang penghargaan. (Vincenzo PINTO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Joaquin Phoenix dielu-elukan kala memenangkan Best Actor dalam Golden Globe Awards 2020. Namun dirinya bukan hanya mengucapkan terima kasih, melainkan juga menyindir sesama selebritas Hollywood.

Phoenix telah lama diketahui skeptis soal acara penghargaan di Hollywood. Hal itu juga terjadi kala dirinya menerima penghargaan Best Actor.

"Kalian tahu bahwa tidak ada yang namanya aktor terbaik," kata Phoenix.


Ia juga banyak mengeluarkan kata yang memaksa stasiun televisi NBC menyensor pernyataan aktor Joker itu.

"Saya ini menyebalkan," kata Phoenix dalam pidatonya merujuk kepada sutradara Joker, Todd Phillips. "Saya tak percaya kau tahan denganku,"

Phoenix yang merupakan seorang vegan juga memuji keputusan penyelenggara Golden Globe Awards 2020 untuk beralih ke hidangan vegetarian.

"Terima kasih karena menyadari dan mengakui hubungan antara peternakan dan perubahan iklim. Ini langkah yang sangat berani, membuat malam ini berbasis tanaman," kata Phoenix.

Phoenix kemudian menyindir kaum selebritas Hollywood akan aksi nyata dibandingkan sejumlah orasi dalam berbagai ajang penghargaan yang selama ini dilakukan.

Sebelum Phoenix maju, sejumlah pemenang Golden Globe 2020 seperti Patricia Arquette, Ellen DeGeneres dan Michelle Williams, menyuarakan berbagai hal, mulai dari masalah kebakaran lahan di Australia hingga ajakan jadi pemilih pada Pemilu AS 2020.

"Sungguh menyenangkan bahwa begitu banyak orang datang dan mengirim harapan terbaik mereka, namun kita harus melakukan lebih dari sekadar itu kan?" kata Phoenix.

Joaquin Phoenix Sindir Seleb Hollywood di Golden Globe 2020Dalam pidato kemenangan Golden Globe, Joaquin Phoenix justru menyindir kampanye dan orasi yang dilakukan banyak selebritas di ajang penghargaan.: (Paul Drinkwater/NBC via AP)

"Saya tidak selalu jadi orang berbudi luhur. Saya belajar banyak, begitu banyak dari kalian di ruangan ini yang telah memberikan kepada saya banyak kesempatan untuk memperbaikinya,"

"Memilih itu hebat, namun kadang kita harus mengambil tanggung jawab itu untuk diri kita sendiri dan membuat perubahan dan berkorban dalam hidup kita,"

"Saya berharap kita semua bisa melakukannya. Kita tidak harus pergi bolak-balik dengan jet pribadi ke Palm Springs, tolong. Saya mencoba melakukan dengan cara yang lebih baik dan saya berharap kalian juga. Terima kasih telah bersabar dengan saya. Saya sangat berterima kasih atas malam ini dan kalian semua," kata Joaquin Phoenix, dikutip dari Variety.

Joaquin Phoenix berhasil menjadi pemenang Best Actor Golden Globe 2020 setelah mengalahkan Christian Bale - 'Ford v Ferrari', Antonio Banderas - 'Pain and Glory', Adam Driver - 'Marriage Story', dan Jonathan Pryce - 'The Two Popes'.

Piala Golden Globe 2020 merupakan perolehan dirinya yang kedua kali setelah Walk The Line pada 2006. (end)