Sinopsis Chernobyl, Serial Televisi Terbaik Golden Globe 2020

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 17:40 WIB
Sinopsis Chernobyl, Serial Televisi Terbaik Golden Globe 2020 Chernobyl dinobatkan sebagai Best Television Limited Series dalam Golden Globe Awards 2020. Berikut sinopsis serial Chernobyl. (Dok. HBO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chernobyl dinobatkan sebagai Best Television Limited Series dalam Golden Globe Awards 2020. Berikut sinopsis serial Chernobyl.

Mini seri ini mengangkat kisah nyata ledakan besar di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Republik Sosialis Soviet Ukraina pada 26 April 1986. Radioaktif pun menyebar mulai dari Belarus, Rusia, Skandinavia, hingga Eropa barat.

Valery Legasov (Jared Harris) selaku pimpinan peneliti nuklir Soviet menjadi salah satu yang pertama memahami kejadian tersebut sangat berbahaya dan mengancam kehidupan orang banyak, tak hanya masyarakat di sekitar Ukraina.


Kendati demikian, pemerintah setempat menyatakan ledakan tersebut sudah berhasil dikendalikan dan masyarakat tak perlu khawatir. Pemerintah juga menyatakan tak akan memberi tanda bahaya demi alasan politik dengan negara-negara tetangga.

Alhasil, warga di sekitar Chernobyl tanpa rasa khawatir berkeliaran bahkan 'menikmati' karena ledakan tersebut mengeluarkan cahaya oranye kemerahan yang indah serta serpihan seperti salju.

Serial Chernobyl juga dibintangi Stellan Skarsgård sebagai PM Soviet Boris Shcherbina yang dikirim untuk memimpin pemerintah di Chernobyl mengatasi permasalahan tersebut.

Berkat Chernobyl, Stellan Skarsgård meraih penghargaan Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television dalam Golden Globe 2020.

[Gambas:Youtube]

Chernobyl merupakan serial orisinal HBO yang digagas sejak 2014, bermula ketika penulis sekaligus eksekutif produser Craig Mazin memulai risetnya dengan mengumpulkan berbagai materi, termasuk buku-buku dan laporan pemerintah.

Craig Mazin bahkan berdiskusi dengan para ilmuwan nuklir untuk mempelajari cara kerja reaktor. (agn/has)