Review Single: Justin Bieber - Yummy

tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 16:06 WIB
Review Single: Justin Bieber - Yummy Justin Bieber tampil serba-pink dalam video musik Yummy. (dok. YouTube/Justin Bieber)
Jakarta, CNN Indonesia -- Justin Bieber adalah sebuah kompleksitas. Sepertinya tidak ada yang bisa menduga apa yang bakal ia lakukan berikutnya. Ia bisa saja tiba-tiba buang air di ember, atau menikahi kekasihnya diam-diam, atau merilis lagu baru.

Yummy menjadi rilisan paling segar dari Justin setelah album Purpose pada 2015 lalu. Selama beberapa tahun, ia terlihat lebih fokus di kehidupan pribadi dan memilih hanya berkolaborasi di sepanjang 2019, dengan Ed Sheeran, Billie Eilish, sampai Dan + Shay.

Justin, yang telah benar-benar menikahi Hailey Baldwin, mempublikasikan video musik Yummy pada Minggu (5/1) waktu setempat. Absen bermusik selama beberapa tahun, ia ternyata masih memiliki apa yang dibutuhkan industri musik AS: kemampuan membaca pasar.


Yummy adalah sebuah lagu yang memiliki banyak sekali pengulangan kata 'yummy' dan 'yeah babe', dan chorus yang sangat mudah dihafal. Lagu ini dilengkapi dengan sebuah video musik penuh warna, di mana Justin sendiri memilih merah muda sebagai colour-on-point.

Justin juga memiliki banyak makanan dalam video musik Yummy, misalnya puding kacang polong. Video diambil dalam sebuah ruang makan mewah. Para figuran dan penari berdandan formal, juga berwarna-warni, menyantap makanan dan menari sementara Justin bernyanyi, "I'm elated that you are my lady, you got the yum yum yum yum, yeah you got that yummy yum yummy yum."

Menjelang akhir durasi video, Justin menyempatkan diri naik ke atas meja dan berjoget, hal yang langsung diikuti semua orang.

Pada dasarnya tidak banyak hal baru ditawarkan Justin Bieber dalam Yummy. Lagu itu mengingatkan pada era awal Justin di Baby, dalam takaran level berbeda. Jika Baby terkesan polos dan 'imut', maka Yummy yang juga dipenuhi kegembiraan dan tarian memberi impresi absurd yang bakal membuat kening mengernyit. Ia masih suka menggunakan ketukan dan pattern lagu serupa, masih gemar menari bersama banyak orang, dan menyanyikan lirik penuh godaan. 
Review Single: Justin Bieber - YummyJustin Bieber masih memakai ramuan lama dalam single terbaru berjudul Yummy. (dok. YouTube/Justin Bieber)
Yummy memperdengarkan nada RnB modern dengan ketukan elektronik standar. Jenis lagu yang akan mendadak terdengar di mana-mana, membuat bingung karena begitu 'receh' dan kemungkinan besar, bakal viral di TikTok.

Justin tak mungkin tidak tahu TikTok. Aplikasi itu telah diunduh sebanyak 1,5 miliar kali dan mengklaim diri berada di peringkat ketiga dari kategori aplikasi non-game yang paling banyak diunduh pada 2019. Besar kemungkinan, Yummy dibuat seperti itu untuk mendapatkan pasar, dan karenanya membutuhkan bantuan dari empat penulis lagu lain.

[Gambas:Youtube]

Hampir bersamaan dengan rilisnya Yummy yang disebut merupakan penghormatan untuk Hailey sang istri, Justin juga membuka akun TikTok. Maka menarik melihat sejauh apa TikTok bisa membantu kilau karier Justin Bieber pada 2020, karena belakangan ini aplikasi tersebut terlihat punya pengaruh besar dalam pencapaian seseorang.

Sementara bagi yang sungguh merindukan Justin sebagai seorang penyanyi yang memiliki lagu Love Yourself atau Company, ada baiknya sabar dulu sampai album terbaru atau single berikut keluar. Yummy akan terasa tak lebih dari pancingan 'receh' untuk membuat orang menengok pada Justin Bieber.

[Gambas:Video CNN] (rea)