Box Office Korea Pekan Ini, Ashfall

CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 17:50 WIB
Box Office Korea Pekan Ini, Ashfall Sejumlah film lokal menguasai box office Korea Selatan pada pekan pertama 2020, salah satunya Ashfall yang bertahan di posisi puncak sejak dua pekan lalu. (Dok. CJ Entertainment via HanCinema)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah film lokal menguasai box office Korea Selatan pada pekan pertama 2020, salah satunya Ashfall yang bertahan di posisi puncak sejak dua pekan lalu.

Menurut Dewan Perfilman Korea, selain karya lokal, sejumlah film internasional juga masuk box office Korea, termasuk Frozen 2 yang masih bertahan di lima teratas meski turun ketimbang pekan lalu. Berikut lima besar box office Korea Selatan pekan ini.

5. Frozen 2


Frozen 2 harus kembali turun peringkat pekan ini. Pada awal pekan Januari 2020, tiket Frozen 2 terjual 328 ribu, yang setara dengan US$2,3 juta.

Sejak dirilis 21 November, tiket Frozen 2 telah terjual 13,5 juta, setara US$97,3 juta. Perolehan ini membuat Frozen 2 menjadi film ketiga terlaris di Korea Selatan, selisih 600 ribu tiket untuk mengalahkan Avengers: Endgame di posisi dua.

[Gambas:Youtube]

4. Midway

Midway merupakan film Hollywood yang berhasil masuk dan bertahan di box office Korea Selatan sejak 31 Desember 2019. Dalam satu pekan, film yang dibintangi Ed Skrein dan Patrick Wilson ini menjual 669 ribu tiket di 842 layar, setara US$4,9 juta.

Film ini mengisahkan kondisi Jepang dan Amerika Serikat sebelum Perang Dunia II. Dimulai dari serangan Jepang ke Pearl Harbor pada 1941 yang membuat terjadi pergantian komando di sana.

Demi mencegah serangan lanjutan, AS menyusun sejumlah strategi serangan balasan, termasuk dengan menguatkan angkatan udara, laut, dan darat.

[Gambas:Youtube]

3. Start-Up

Start-Up bertahan di posisi tiga sejak pekan lalu. Pada pekan ini, tiket film yang dibintangi Don Lee ini terjual 746 ribu, setara dengan US$5,4 juta.

Dirilis pada 18 Desember 2019, secara keseluruhan Start-Up telah menjual 3,03 juta tiket senilai dengan US$22 juta.

Start-Up mengisahkan Taek-Il, pemberontak berusia 18 tahun yang tinggal dengan ibunya, seorang mantan pemain voli. Menentang keinginan sang ibu, Taek-Il berhenti dari sekolah.

Suatu kali, Taek-Il meninggalkan rumah dan pergi merantau ke Gunsan. Di sana, ia mendapatkan pekerjaan di restoran China dan bertemu dengan koki Geo-seok, kemudian memulai banyak hal tak terduga.

[Gambas:Youtube]

2. Forbidden Dream

Tiket Forbidden Dream terjual 909 ribu, setara dengan US$6,5 juta, pada pekan kedua penayangan. Capaian ini didukung dengan jumlah layar yang menayangkan film tersebut, yaitu mencapai 1.103 layar.

Forbidden Dream merupakan drama sejarah tentang Raja Sejong, penguasa terbesar di era Joseon. Ia dikenal berusaha meningkatkan kemakmuran Korea di masa itu dan kekuatan militer melalui astronomi.

Film ini tak hanya akan terpusat pada Raja Sejong, tapi juga Jang Yeong-sil, seorang ilmuwan Korea luar biasa yang hidup di masa itu.

[Gambas:Youtube]

1. Ashfall

Pada pekan pertama Januari 2020, tiket Ashfall berhasil terjual hingga 1,7 juta buah, membuat film yang dibintangi oleh Ha Jung-woo ini menembus total penjualan 7,4 juta tiket sejak tayang pada 19 Desember di Korea.

Dengan total penjualan tiket tersebut, Ashfall telah mengumpulkan pendapatan sebesar US$54 juta, berkat penayangan di 1.373 layar di seluruh penjuru Korea Selatan.

Ashfall menceritakan perjuangan sekelompok tim untuk menghentikan letusan Gunung Paektu yang sakral bagi masyarakat Korea.

Gunung berapi yang berada di perbatasan China dan Korea Utara tersebut merupakan tempat keramat bagi masyarakat Korea. Mereka meyakini bila kaldera di puncak gunung meletus, maka Semenanjung Korea akan hancur.

Gunung itu tiba-tiba menunjukkan aktivitas setelah terakhir kali meletus pada 1946, salah satu letusan terbesar dan paling merusak dalam lima ribu tahun terakhir.

Guna menghentikan letusan tersebut, Pemerintah Korea Selatan nekat mengirim sekelompok tim penjinak bom dipimpin Jo In-chang (Ha Jung-woo), peneliti vulkanologi Kang Bong-rae (Ma Dong-seok), dan dibantu anggota pemerintah Korea Utara, Lee Joon-pyeong (Lee Byung-hun).

Review Ashfall bisa dibaca di sini.

[Gambas:Youtube] (chri/has)