Fan K-Pop Indonesia Kalah Ramai Dibanding Thailand di Medsos

tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 18:06 WIB
Berdasarkan data dari Twitter, perbincangan soal K-Pop dari Indonesia terbanyak di posisi tiga setelah Thailand dan Korea Selatan. Ilustrasi Twitter. Berdasarkan data dari Twitter, perbincangan soal K-Pop dari Indonesia terbanyak di posisi tiga setelah Thailand dan Korea Selatan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah riset yang dilakukan oleh Twitter menunjukkan bahwa perbincangan terkait K-Pop di media sosial itu selama 2019 lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Bukan hanya itu, Twitter juga menyebut bahwa Indonesia termasuk dalam 10 negara teratas dengan kicauan tentang K-Pop terbanyak pada 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun dalam periode 1 Januari-15 November 2019, Indonesia menempati posisi tiga setelah Thailand di urutan pertama dan Korea Selatan di posisi kedua.


Selepas Indonesia, sejumlah negara yaitu Amerika Serikat, Filipina, Brazil, Malaysia, Jepang, Meksiko, dan Argentina menjadi negara-negara dengan pembahasan K-Pop terbanyak di dunia.

Meski begitu, Twitter tidak mencantumkan jumlah persis perbincangan mengenai K-Pop dari masing-masing negara tersebut.

"Selain itu, negara-negara seperti Kanada, Prancis, Inggris, India, dan Turki juga di antara 20 negara teratas yang paling banyak berkicau tentang K-Pop," kata Twitter dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (14/1).

Twitter menyebut, berdasarkan data penelitian mereka, ada 6,1 miliar kicauan terkait K-Pop sepanjang 2019 dari seluruh penjuru dunia, naik 15 persen dibandingkan 2018.

"Meski K-Pop mulai populer di Korea Selatan 25 tahun yang lalu, belakangan ini melalui kekuatan penggemar milenial di seluruh dunia percakapan terkait K-Pop telah menjadi daya tarik dari seluruh dunia di Twitter," katanya.

Fan K-Pop Indonesia Kalah Ramai Dibanding Thailand di MedsosBerdasarkan data dari Twitter, perbincangan soal K-Pop dari Indonesia terbanyak di posisi tiga setelah Thailand dan Korea Selatan. (dok. Twitter)

Selain itu, sejumlah acara musik K-Pop juga tercatat menjadi momentum emas para penggemar untuk membahas musik dari Korea Selatan tersebut.

Acara KCON 2019 dan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 menjadi momentum para penggemar K-Pop bercakap di media sosial. KCON 2019, acara budaya Korea tahunan yang dihelat di empat kota berbeda, berhasil dibahas 40 juta kicauan di Twitter.

Sedangkan MAMA 2019, melalui tagar #2019MAMA, telah mengumpulkan 102 juta kicauan di Twitter sejak momen penghitungan suara dimulai pada 4 Desember sampai malam puncak penghargaan.

Dari ratusan juta kicauan tersebut, momentum red carpet 360 camera dari BTS di MAMA 2019 menjadi kicauan yang paling banyak dibagikan kala itu.



"Di semua acara ini, kami melihat lonjakan percakapan saat penggemar K-Pop terus memperbarui diri melalui kicauan untuk mengungkapkan rasa cinta mereka kepada artis dan idola favorit mereka," kata pernyataan Twitter.

"Dari Timur ke Barat, penggemar sekarang bisa mendapatkan akses yang mudah dan real-time atas mengenai semua acara K-Pop favorit mereka." kata pernyataan Twitter. (end)