Kerja Keras Promosi, Lagu Justin Bieber Gagal Raih Nomor Satu

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 20:19 WIB
Kerja Keras Promosi, Lagu Justin Bieber Gagal Raih Nomor Satu Usai berbagai kerja keras promosi lagu Yummy, Justin Bieber gagal meraih nomor satu dan kalah dari pendatang baru. (dok. YouTube/Justin Bieber)
Jakarta, CNN Indonesia -- Justin Bieber telah berusaha keras membuat lagu barunya, Yummy, menduduki posisi nomor satu di tangga musik Amerika Serikat usai rehat empat tahun. Namun kini agaknya ia harus puas targetnya itu meleset.

Billboard mengumumkan bahwa lagu baru Justin Bieber, Yummy, finis di posisi dua pada tangga Billboard Hot 100 pada pekan ini. Lagu yang diciptakan Bieber dengan bantuan lima orang musisi itu harus kalah dengan karya The Box milik rapper Roddy Ricch.

Ricch berhasil menanjak ke puncak tangga musik tersebut setelah pekan sebelumnya menempati posisi nomor tiga. Capaian itu turut menandai puncak pertama bagi Ricch yang baru menapaki karier lewat album debut pada Desember silam.


Secara bersamaan, lagu The Box juga menduduki puncak Hot R&B/Hip-Hop Songs dan Hot Rap Songs.

Sementara itu, Yummy milik Justin Bieber mengisi posisi kedua di pekan debut dengan penjualan secara digital sebesar 71 ribu kopi.

Ada pun total penjualan lagu itu menandai yang hasil terbaik sejak lagu You Need to Calm Down yang dirilis oleh Taylor Swift pada Juni 2019 dan laku 79 ribu kopi.

Yummy dirilis pada 3 Januari, sementara video resminya ditayangkan sehari setelahnya. Jumlah penjualan lagu itu turut didorong dengan promosi penjualan kaset dan CD yang telah ditandatangani Bieber.

Di samping itu, para pembeli turut menerima salinan digital lagu tersebut pada setiap pembelian.

[Gambas:Instagram]

Justin Bieber sebelumnya cukup gigih mempromosikan lagu tersebut di akun media sosial. Mulai dengan membuat akun TikTok, mengobrol langsung dengan para penggemar, hingga diduga mengajak penggemar di luar AS berlaku curang demi mengisi puncak tangga musik.

Lewat tangkapan layar sejumlah warganet dari akun resmi media sosial, Justin mengajak fan yang berada di luar Amerika Serikat untuk mengunduh aplikasi VPN (Virtual Private Network).

VPN merupakan sistem teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah setempat. Pada dasarnya, VPN memberikan akses kepada pengguna untuk bisa membuka situs lokal negara tertentu lewat jaringan umum.

Ajakan itu diduga disampaikan lewat akun resmi Instagram Justin Bieber. Dalam unggahan yang telah dihapus itu, Justin Bieber mengajak fan atau yang kerap disapa Belieber untuk terus mendengarkan Yummy lewat aplikasi streaming.

"Jangan matikan suaranya. Mainkan dalam volume pelan. Biarkan lagu tetap terputar ketika kalian tidur. Apabila tidak dari AS, kalian bisa mengunduh aplikasi VPN dan mengatur ke kawasan AS. Kemudian membuat akun Spotify," tulis @justinbieber.

Meski telah dihapus, banyak orang yang telah menangkap layar unggahan itu dan mengunggah ulang ke media sosial.




(agn/end)