Belum Dirilis, Album Map of the Soul:7 BTS Catat Rekor Baru

CNN Indonesia | Kamis, 16/01/2020 08:30 WIB
Belum Dirilis, Album Map of the Soul:7 BTS Catat Rekor Baru BTS memang belum merilis Map of the Soul: 7, namun pemesanan album itu telah mencapai 3,4 juta kopi. (dok. Big Hit Entertainment via TikTok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Album mendatang dari Bangtan Boys atau BTS, Map of the Soul: 7 mendapat antisipasi besar dari penggemar yang biasa disebut ARMY. Tercatat di minggu pertama, album yang belum rilis itu sudah dipesan sebanyak 3 juta kopi lebih.

Capaian itu dilaporkan oleh manajemen distribusi Dream Us Company. Mereka mendata pemesanan Map of the Soul: 7 sejak 9-15 Januari dan mendapati BTS telah mencatat rekor pra-pesan baru.

Sebelumnya, album Map of the Soul: Persona yang dirilis pada 2019 lalu dipesan 2,6 juta kopi di minggu pertama. Kini, rekor saat itu sudah dipecahkan sendiri oleh BTS, dengan 700 ribu kopi lebih banyak.


Di 2019, BTS membuktikan diri sebagai salah satu boyband Korea terbesar saat ini. Bukan hanya selaku pelaku showbiz, namun juga karena mereka disebut punya kepedulian tinggi terhadap kondisi sosial, seperti perubahan iklim dan pentingnya menjadi diri sendiri.

Mereka terbilang berhasil membawa Korean wave sampai ke luar Asia, bahkan lintas benua. Sepanjang 2018-2019, BTS menuntaskan tur dunia Love Yourself yang meliputi Asia, AS, dan Eropa termasuk Kanada, Inggris, Belanda, Jerman, dan Prancis.

Begitu besar dampak BTS, sehingga penduduk dunia pun berminat mempelajari bahasa Korea. Beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa Korea Selatan bakal membuka 30 institut berbahasa Korea baru di beberapa tempat di seluruh dunia pada 2020.

"Didorong oleh popularitas grup idola K-pop BTS, ledakan pembelajaran bahasa Korea terjadi secara global. Jadi King Sejong Institute Foundation berencana untuk membangun 30 institusi lagi tahun ini," kata Kang Hyoun-hwa, selaku Kepala King Sejong Institute Foundation.

Berbagai wilayah yang disasar untuk penambahan lembaga-lembaga berbahasa Korea tahun ini meliputi Asia Tenggara, Rusia dan Commonwealth of Independent States (CIS), Amerika Tengah, Amerika Selatan, serta Afrika.

BTS dijadwalkan merilis Map of the Soul: 7 pada 21 Februari mendatang. Mereka akan melepas single perdana dari album tersebut pada Jumat (17/1) besok.

[Gambas:Video CNN] (rea)