Cerita di Balik Layar

Kisah Nyata di Balik Crash Landing on You

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 20:05 WIB
Penulis Crash Landing on You mengakui ide drama Korea sukses tersebut berasal sebuah kecelakaan yang pernah terjadi, persis seperti ceritanya. Penulis Crash Landing on You mengakui ide drama Korea sukses tersebut berasal sebuah kecelakaan yang pernah terjadi, persis seperti ceritanya. (Dok. TVN/Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Crash Landing On You menjadi salah satu drama Korea terpopuler awal 2020 dan resmi menjadi drama dengan rating tertinggi yang pernah tayang di tvN pada Minggu (16/2).

Crash Landing On You menceritakan kisah cinta Yoon Se-ri (Son Ye-jin), pebisnis dan anak konglomerat Korea Selatan dengan Kapten Ri Jeong-hyeok, prajurit dan anak petinggi militer Korea Utara.

Kisah mereka dimulai ketika Yoon Se-ri tak sengaja tersangkut di pohon kawasan militer Korea Utara akibat cuaca buruk saat paralayang. Sinopsis Crash Landing On You bisa dibaca di sini.


Hubungan Yoon Se-ri dan Kapten Ri menarik ditonton berkat kerja sama yang apik antara sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun. Dua nama tersebut sudah melanglang buana di industri drama Korea lebih dari dua dekade.

Sebelumnya, Lee Jung-hyo menyutradarai Romance is a Bonus Book, Criminal Minds, A Witch's Love dan In Need of Romance 2012. Sementara itu, Park Ji-eun merupakan otak dari sejumlah drama populer seperti My Love From the Star, The Producers, dan The Legend of the Blue Sea.

Melansir HanCinema, Park Ji-eun menulis naskah Crash Landing On You karena terinspirasi dari insiden yang terjadi pada 12 September 2008, yaitu sebuah kapal yang membawa seorang aktris tak sengaja terbawa arus hingga zona demiliterisasi Korea Utara.

Insiden tersebut sesungguhnya pernah diangkat menjadi serial karya Ji Mang-aeng di Daum, portal Korea Selatan, pada 2012-2013. Pembeda kedua serial tersebut adalah tokoh utama dalam Daum merupakan balerina, sementara versi Park Ji-eun adalah pewaris konglomerat.

Park Ji-eun mengaku mengganti kapal ke paralayang sebab konsep tersebut sudah pernah diangkat ke layar kaca dan film, salah satunya adalah film The Net. Ia menilai paralayang dinilai akan memberikan cerita yang lebih kuat karena aktivitas santai.

"Ini memungkinkan kedua tokoh bisa saling terhubung satu dengan yang lain," kata Park Ji-eun.

Kisah Nyata di Balik Crash Landing on YouCrash Landing on You dimulai ketika Yoon Se-ri tak sengaja tersangkut di pohon kawasan militer Korea Utara akibat cuaca buruk saat paralayang. (dok. tvN via hancinema.net)

Dalam sebuah wawancara, Lee Jung-hyo mengaku tertarik menyutradarai Crash Landing On You setelah membaca naskah yang ditulis Park Ji-eun. Menurutnya kala itu, Korea Utara dan kisah cinta merupakan dua hal yang sepertinya tak cocok satu sama lain.

"Namun, saya menyukai cerita yang luar biasa ini. Naskahnya begitu menyenangkan," kata Lee Jung-hyo kepada Korea Herald pada 9 Desember 2019.

Hal itu membuatnya harus kritis dan kreatif karena tak mungkin mengambil gambar di Korea Utara. Sehingga, pengambilan gambar nuansa Korea Utara sesungguhnya dilakukan di Pulau Jeju, Korsel, dan Mongolia. Beberapa adegan juga diambil di Chungju, Incheon dan Busan.

Tak hanya itu, Korea Herald menyebut mereka juga mendapatkan bantuan dari beberapa orang untuk membuat unsur Korea Utara semakin kental, mulai dari penulis Kwak Mun-an yang merupakan pembelot Korea Utara, serta Baek Gyeong-yoo yang merupakan pakar bahasa Korea Utara.

[Gambas:Youtube]

"Kehidupan sehari-hari di Korea Utara banyak muncul di drama ini. Saya harap penonton menikmatinya sebagai hiburan ditambah dengan romansa," tutur Lee Jung-hyo.

Hal tersebut tak sia-sia. Beberapa orang pembelot yang diwawancara mengaku situasi Korea Utara sesungguhnya tergambar secara nyata dalam Crash Landing On You. Drama itu mengingatkan si pembelot yang tak disebutkan namanya kala masih tinggal di Korea Utara.

"Saya menyaksikan banyak drama dan film tentang Korea Utara. Tapi Crash Landing On You sangat menonjol karena realistis, terutama ketika tinggal di kawasan pinggiran," kata pembelot tersebut seperti dilansir Korea Herald pada Senin (20/1).

Crash Landing On You telah tamat pada Minggu (16/2) dengan 16 episode. Lewat rating 21,6 persen, drama itu berhasil melewati capaian Goblin (20,5 persen) pada 2017. Crash Landing On You masih bisa disaksikan di Netflix dan akan digantikan dengan drama Hi Bye, Mama pada 22 Februari. (chri/end)