CJ Entertainment Buka Suara soal Tudingan Parasite Plagiat

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 13:15 WIB
CJ Entertainment Buka Suara soal Tudingan Parasite Plagiat Ilustrasi film Parasite. (Dok. CJ Entertainment via imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- CJ Entertainment selaku distributor dan perusahaan produksi film Parasite buka suara terkait tudingan plagiarisme. Tudingan itu diarahkan pada sutradara Bong Joon-ho yang disebut memplagiat film India bertajuk Minsara Kanna saat menggarap Parasite.

"Kami tidak mengetahui tudingan plagiat dari film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," kata perwakilan CJ Entertainment kepada Maeil Business Newspaper seperti dikutip Naver.

Permasalahan ini bermula ketika produser film Minsara Kanna, P.L Thenappan, menuding Bong Joon-ho memplagiat filmnya. Ia mengatakan sedang mempersiapkan proses hukum terkait plagiat atas film peraih empat penghargaan Oscar 2020 tersebut.


"Saya sudah menonton film Parasite. Saya rasa mereka telah mencuri inti film Minsara Kanna. Saya sedang membahas ini dengan pengacara internasional dan berencana segera menggugat," kata P.L Thenappan seperti dilansir India Today.

P.L Thenappan tak merinci bagian film Parasite yang dianggap hasil plagiat. Minsara Kanna sendiri merupakan film romansa komedi India yang tayang pada 1999. Film tersebut mengisahkan seorang pemuda yang jatuh cinta dengan perempuan kaya.

Demi mendapatkan restu orang tua perempuan, pemuda tersebut menyembunyikan identitas diri dan bekerja di rumah tersebut sebagai bodyguard. Saudara-saudara pemuda itu juga bekerja di rumah tersebut sebagai asisten rumah tangga dan koki.

Sementara itu, Parasite menceritakan kesenjangan sosial yang dialami beberapa keluarga. Permasalahan terjadi ketika anak tertua (Ki-woo) berhasil menjadi guru Bahasa Inggris di rumah keluarga kaya, Tuan Park.

Demi meningkatkan kesejahteraan keluarga, Ki-woo dan seluruh anggota keluarganya menyusun rencana untuk bisa bekerja di rumah keluarga Tuan Park.

[Gambas:Video CNN]

Rencana tersebut berhasil. Ki-woo tetap bekerja sebagai guru Bahasa Inggris, Ki-jung (adik) menjadi guru seni, Ki-taek (ayah) menjadi supir Tuan Park, dan Chung-sook (ibu) menjadi asisten rumah tangga.

Sutradara Minsara Kanna, KS. Ravikumar, mengaku menyadari persamaan kisah dalam filmnya dan Parasite. Namun, ia enggan berkomentar lebih mengenai gugatan yang hendak dilayangkan produser Thenappan.

"Saya senang cerita seperti itu mendapatkan Oscar meskipun itu (Minsara Kanna) dijadikan sebagai inspirasi. Namun, gugatan tergantung produser," kata Ravikumar seperti dilansir The News Minute. (chri/has)