Trump Kritik Kemenangan Parasite di Oscar 2020

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 09:33 WIB
Trump Kritik Kemenangan Parasite di Oscar 2020 Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengkritik kemenangan film asal Korea Selatan, Parasite, di ajang Oscar 2020. (AFP Photo/Jim Watson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengkritik kemenangan film asal Korea Selatan, Parasite, di ajang Oscar 2020.

"Seberapa buruk Academy Awards tahun ini? Dan pemenangnya film dari Korea Selatan! Apa-apaan itu? Kita punya banyak masalah dengan Korea Selatan, dengan perdagangan," ujar Trump saat berkampanye di Colorado.

Ia kemudian berkata, "Terlebih lagi, mereka menobatkannya sebagai film terbaik tahun ini. Memangnya bagus? Saya tidak tahu. Tolong kembalikan Gone with the Wind, Sunset Boulevard. Ada banyak film bagus lain."


Dalam kampanye tersebut, Trump juga menyinggung Brad Pitt yang sempat menyindir sang presiden kala menerima trofi Oscar kategori Aktor Pendukung Terbaik.

"Lalu ada Brad Pitt. Saya tak pernah suka padanya. Dia naik ke atas pentas dan berlagak congkak. Dia memang sombong," katanya.

Saat pidato penerimaan piala, Pitt memang sempat menyinggung upaya para senator untuk menghalangi kesaksian John Bolton dalam rangkaian sidang pemakzulan Trump.

"Mereka memberi saya 45 detik untuk berdiri di sini yang mana 45 detik tersebut lebih banyak daripada yang diberikan senator kepada John Bolton pekan ini," kata Pitt di atas panggung.

Malam penganugerahan Oscar sendiri digelar hanya beberapa hari setelah Trump selamat dari upaya pemakzulan karena dinyatakan tak bersalah atas dakwaan menghalangi Kongres dan penyalahgunaan kekuasaan.

[Gambas:Video CNN]

Meski Trump mengkritik, kemenangan Parasite disambut meriah karena sekaligus menjadi pengukir sejarah sebagai film berbahasa asing pertama yang berhasil menyabet piala kategori tertinggi di ajang Oscar, Film Terbaik.

Di Korea Selatan, sutradara Parasite, Bong Joon-ho, dan para pemeran disambut meriah. Presiden Korsel, Moon Jae-in, bahkan mengundang mereka ke Istana Kepresidenan. (has/has)