Review Film: Hitman: Agent Jun

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 19:35 WIB
Review Film: Hitman: Agent Jun Menurut review Hitman: Agent Jun, film komedi ini menarik untuk ditonton, salah satunya karena menggabungkan gambar di dunia nyata dan animasi. (dok. Lotte Entertainment via KOFIC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otot wajah terasa lelah usai menyaksikan film Hitman: Agent Jun. Sedari awal hingga akhir selalu ada adegan menghibur yang bisa membuat penonton tertawa hingga terbahak-bahak.

Hitman: Agent Jun merupakan film laga komedi yang mengisahkan Joon (Kwon Sang-woo), seorang agen pembunuh bayaran legendaris untuk tim anti-teror di National Intelligence Service atau Badan Intelijen Korsel.

Namun, Joon sesungguhnya sejak kecil bermimpi ingin menjadi komikus. Demi mewujudkan mimpi itu, Joon memalsukan kematiannya saat menjalani tugas besar yang diberikan NIS. Setelah itu, ia berhasil menjalani hidup sebagai orang normal dan komikus.


Kendati demikian, komik karya Joon dinilai gagal oleh banyak orang termasuk anak (Lee Ji-won) serta istrinya (Hwang Woo Seul Hye). Hal itu membuat Joon mengikuti saran sang anak untuk membuat komik dari kisah kehidupannya. Akibat terlalu mabuk, Joon benar-benar menceritakan perjalanannya selama menjadi pembunuh bayaran negara.

Hitman: Agent Jun merupakan film yang menarik untuk ditonton. Salah satunya karena film ini menggabungkan pengambilan gambar di dunia nyata dan animasi.

Animasi menjadi bagian penting dalam Hitman: Agent Jun. Film tersebut diawali dengan animasi yang menunjukkan mimpi Joon ketika masih kecil.

Selain itu, sebagian besar aksi Joon ketika masih aktif sebagai pembunuh bayaran legendaris juga ditunjukkan lewat animasi ala komik.

Sutradara sekaligus penulis naskah Choi Won-sub berhasil memadukan aksi laga dan komedi dalam porsi yang pas. Menyaksikan Hitman: Agent Jun memiliki sensasi yang sama seperti usai menyaksikan Extreme Job dan EXIT pada 2019.

Di samping aksi laga yang ciamik, selalu ada humor yang dilakukan Kwon Sang-woo dan beberapa pemeran lainnya. Komedi bukan genre baru bagi Kwon Sang-woo.

Aktor kelahiran 5 Agustus 1976 ini kerap bermain film dan drama komedi seperti The Accidental Detective 1 dan 2, My Tutor Friend, serta Queen of Mystery 1 dan 2. Kwon Sang-woo kembali berhasil menunjukkan sisi humornya dalam Hitman: Agent Jun.

Kehadiran Lee Yi-kyung dalam film ini juga menambah unsur komedi. Sama seperti Kwon Sang-woo, Lee Yi-kyung belakangan memerankan karakter yang bisa membuat penonton tertawa seperti dalam Hotel del Luna, Welcome to Waikiki 1 dan 2, serta Go Back Couple.

Review Film: Hitman: Agent JunMenurut review Hitman: Agent Jun, film komedi ini menarik untuk ditonton, salah satunya karena menggabungkan gambar di dunia nyata dan animasi. (dok. Courtesy of Lotte Cultureworks Lotte Entertainment Co.,Ltd)

Tak hanya itu, peran Hwang Woo Seul Hye juga menambah unsur komedi film Hitman: Agent Jun. Kehadiran aktris kelahiran 10 Februari 1979 tersebut bisa menjadi obat rindu bagi penggemar drama Crash Landing On You dan Love with Flaws.

Apresiasi sesungguhnya perlu diberikan kepada Heo Sung-tae. Aktor kelahiran 20 Oktober 1977 itu selama ini digambarkan dan kerap menjadi sosok antagonis, mafia, bahkan pembunuh berdarah dingin, seperti dalam The Divine Move 2: The Wrathful, Witch at Court, Live Up To Your Name, Queen For Seven Days, serta Tunnel.

Namun, Heo Sung-tae tampil dalam karakter 180 derajat dari yang biasanya dalam Hitman: Agent Jun. Dalam film ini, ia menjadi bumbu humor segar yang berhasil membuat penonton terbahak-bahak melihat aksinya sebagai salah satu petinggi NIS.

Hitman: Agent Jun memang memiliki cerita yang ringan dan sangat lucu. Namun, film tersebut tak bisa disaksikan semua umur. Film ini memiliki adegan bahkan guyonan untuk orang dewasa. Maka wajar film ini tergolong untuk penonton 17 tahun ke atas.

Meski amat menghibur, Hitman: Agent Jun memiliki beberapa catatan kecil. Salah satunya terkait 'kematian' Joon yang tidak biasa dan rasanya tak masuk akal bila NIS tak curiga atau tak melakukan penyelidikan atas hal itu.

Catatan kecil lainnya adalah unsur lokal dalam film tersebut. Industri perfilman Korea Selatan memang biasa mengangkat kisah sehari-hari dan hal lokal dalam karya. Namun, tak jarang hal tersebut bisa membuat penonton bertanya-tanya atau bingung ketika menyaksikannya.

Review Film: Hitman: Agent JunMenurut review, Hitman: Agent Jun merupakan film laga komedi yang amat menarik dan menghibur untuk ditonton. (dok. Lotte Entertainment via KOFIC)
Dalam Hitman: Agent Jun, anak Jun (Lee Ji-won) ingin menjadi rapper untuk memperbaiki kesejahteraan keluarganya. Keinginan itu hendak diwujudkan dengan ikut serta dalam Show Me The Money. Kata Show Me The Money diucapkan berulang kali. Hal tersebut mungkin membuat penonton yang tak familiar dengan acara hiburan Korea Selatan bertanya-tanya.

Show Me The Money merupakan ajang pencarian rapper terbaik di Korea Selatan yang tayang sejak 2012. Rapper ternama Korea seperti Loco, LE EXID, Bobby iKON, BewhY merupakan jebolan acara tersebut.

Hal lain yang sedikit disayangkan dari film ini adalah beberapa hal yang tidak diperjelas hingga akhir. Sejumlah hal, seperti mimpi-mimpi Joon dan anaknya berulang kali diceritakan di awal dan tengah film tapi tak diperjelas nasibnya di akhir film.

Walaupun terdapat sedikit catatan kecil dan memiliki banyak adegan lucu, Hitman: Agent Jun tetap berhasil menunjukkan pesan-pesan moral seperti rasa malu dan terpuruk yang dialami Joon kala merasa gagal sebagai kepala keluarga.


Film ini juga menegaskan sehebat atau sejahat apapun orang, pasti memiliki sisi lembut atau yang bisa menjadi titik lemah. Biasanya, titik lemah tersebut adalah orang yang dikasihi seperti anggota keluarga.

Hitman: Agent Jun juga mengangkat kondisi dunia nyata di mana perusahaan sama sekali tak peduli seberapa susah atau berbahaya situasi yang dialami karyawan dan hanya mementingkan hasil yang menguntungkan mereka. Belum lagi kejahatan jari warganet di dunia maya yang membuat orang terpuruk.

Secara keseluruhan, Hitman: Agent Jun merupakan film laga komedi yang amat menarik dan menghibur untuk ditonton. Rasa yang ditinggalkan seperti ketika sedang jatuh cinta, masih bisa membuat senyum-senyum sendiri bahkan tertawa usai menonton film tersebut.

Hitman: Agent Jun tayang di Indonesia sejak 19 Februari 2020.


[Gambas:Youtube]


(end)