Hindari Corona, Hollywood Mulai Syuting Tanpa Penonton

tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/03/2020 14:27 WIB
Hollywood mulai terdampak corona. Sejumlah program yang tayang di televisi AS memutuskan melakukan syuting tanpa penonton. Sejumlah program televisi AS mulai melakukan syuting tanpa penonton untuk menghindari penyebaran virus corona. (Foto: Joshua_Willson/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebaran virus corona (COVID-19) di Amerika Serikat mulai berdampak ke industri pertelevisian lokal. Sejumlah acara televisi memilih pengambilan gambar tanpa penonton. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

Salah satunya adalah program The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. NBC selaku saluran televisi yang menyiarkan acara tersebut mengatakan pengambilan gambar tanpa penonton dilakukan karena mereka mengutamakan kesehatan serta keselamatan para audiensi, staf, dan bintang tamu.

"Sehingga mulai 16 Maret kami memutuskan untuk menghentikan kehadiran penonton langsung dalam The Tonight Show Starring Jimmy Fallon dan Late Night with Seth Meyers," kata NBC seperti dilansir Entertainment Tonight.


Pihak NBC mengatakan keputusan tersebut diambil untuk mengikuti kebijakan pemerintah Kota New York yang meminta seluruh perusahaan dan sektor turut membantu pencegahan penyebaran virus corona. NBC menegaskan meski syuting dilakukan tanpa penonton, hal tersebut tak akan mengganggu proses produksi dan jam tayang.

Keputusan serupa diambil pihak Telepictures, tim produksi The Ellen DeGeneres Show. Pemberlakuan syuting tanpa penonton dimulai pada 16 Maret dan bersifat sementara sampai pemberitahuan selanjutnya.

"Kebijakan sementara ini akan dipertimbangkan lagi setelah melihat perkembangan kondisi selanjutnya. Hal ini tidak berdampak pada jadwal produksi Ellen," tulis Telepictures seperti dilansir Deadline.

Beberapa acara lainnya juga melakukan hal serupa mulai dari The Late Show with Stephen Colbert, TODAY, The Daily Show with Trevor Noah, Last Week Tonight with John Oliver, Watch What Happens Live with Andy Cohen, Jeopardy! dan Wheel of Fortune.

Selain syuting tanpa penonton, Hollywood juga menunda sejumlah acara. Salah satunya adalah rencana premier serial terbatas Little Fires Everywhere yang dibintangi Reese Witherspoon dan Kerry Washington. Penayangan perdana serial tersebut seharusnya berlangsung pada 12 Maret.

"Seperti yang diketahui bersama, perkembangan situasi saat ini memengaruhi banyak orang termasuk para bintang dan kru. Setelah mendengar berbagai masukan, kami memutuskan membatalkan penayangan perdana dan pesta Little Fires Everywhere," tulis Hulu selaku layanan streaming serial tersebut melalui surel yang dilansir Deadline.

Hulu menuliskan serial tersebut baru bisa disaksikan secara global lewat layanan mereka pada 18 Maret.

[Gambas:Video CNN]

Penyanyi Selena Gomez juga menunda pengambilan gambar untuk promo merek kosmetiknya hingga waktu yang belum ditentukan. Pelantun Come and Get It tersebut mengatakan pengambilan gambar akan dilakukan apabila penyebaran virus corona telah berhenti.

Berdasarkan data Kamis (12/3), 1.311 warga Amerika terinfeksi wabah virus corona, 38 orang meninggal dunia dan 8 orang sembuh. Amerika Serikat kini berada di posisi delapan dengan kasus infeksi terbanyak setelah China, Italia, Iran, Korea Selatan, Prancis, Spanyol, dan Jerman. (chri/rea)