Inggris Bantu Finansial Tempat Hiburan saat Waspada Corona

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 07:50 WIB
Inggris Bantu Finansial Tempat Hiburan saat Waspada Corona Ilustrasi. (Pixabay/jorgejimenez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Inggris merilis paket bantuan untuk tempat-tempat hiburan yang merugi di tengah penyebaran virus corona.

Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak, mengatakan bahwa dengan paket ini, pemerintah akan menjamin bantuan pinjaman untuk menangani berbagai kesulitan finansial saat corona masih merebak.

Sunak juga mengatakan bahwa pemerintah akan membebaskan sementara tarif bisnis dan membantu perusahaan atau unit usaha kecil yang tak punya asuransi.


"Bagi tempat-tempat hiburan yang tak punya kebijakan untuk menanggulangi pandemik, tindakan pemerintah ini cukup untuk mereka mengajukan klaim," ucap Sunak seperti dikutip NME.

Ia kemudian berkata, "Ini berarti, semua bisnis yang butuh akses uang tunai untuk membayar sewa, gaji, pasokan, atau membeli saham bisa mengakses pinjaman pemerintah atau kredit dengan aturan yang ramah."

Lebih spesifik, pemerintah Inggris memberlakukan pembebasan tarif untuk semua perusahaan di sektor hiburan dan memberikan bantuan hingga 25 ribu pound sterling.

Untuk usaha kecil hingga menengah, pemerintah juga akan memperluas skema pinjaman bisnis saat ada gangguan dari 1,2 juta pound sterling menjadi 5 juta pound sterling, tanpa bunga untuk enam bulan pertama.

[Gambas:Video CNN]

Sang menteri menjelaskan bahwa pemerintah akan berupaya sekeras mungkin untuk membantu unit bisnis kecil di tengah darurat ekonomi seperti sekarang.

"Kami tak pernah mengalami perjuangan ekonomi seperti ini sebelumnya," ucap Sunak. (has/has)