Imbauan Kerja di Rumah, Streaming di Indonesia Naik 60 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 16:48 WIB
Aktivitas streaming di Indonesia melonjak 60 persen setelah pemerintah mengimbau masyarakat bekerja serta belajar di rumah guna mencegah penularan virus corona. Ilustrasi. (Istockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivitas streaming film dan serial di Indonesia melonjak 60 persen setelah pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja serta belajar di rumah guna menekan penularan virus corona.

Berdasarkan data JustWatch, aktivitas streaming di Indonesia meningkat sekitar 66 persen jika membandingkan antara periode 9-11 Maret dan 16-18 Maret.

Lonjakan tersebut terjadi setelah Presiden Joko Widodo resmi mengimbau masyarakat untuk bekerja bahkan beribadah di rumah pada Minggu (15/3), setelah jumlah kasus corona terus bertambah dalam beberapa hari terakhir.


Imbauan tersebut memengaruhi aktivitas streaming masyarakat Indonesia. Indikasi ini kuat karena tak terjadi peningkatan signifikan penggunaan layanan streaming di Indonesia pada periode 14-15 Maret.

Bila dibandingkan dengan satu pekan sebelumnya, aktivitas streaming di Indonesia hanya meningkat 1,45 persen.

"Dalam beberapa hari terakhir, kami melihat peningkatan drastis di beberapa negara. Kami mengamati hal itu dan membandingkannya dengan dua pekan terakhir," kata perwakilan Just Watch, Leonard Brahm, kepada CNNIndonesia.com.

Ia kemudian berkata, "Kami melihat jelas negara yang menerapkan lockdown dan yang tidak, dalam peningkatan aktivitas streaming, termasuk saat mengisolasi diri di rumah."

Aktivitas streaming di Indonesia dengan beberapa negara yang memberlakukan lockdown tak jauh berbeda. Lockdown membuat aktivitas streaming di Spanyol meningkat 138 persen. Serupa, aktivitas streaming di Italia yang juga lockdown melonjak lebih dari 71 persen.

Pakar menilai wajar jumlah penggunaan layanan streaming meningkat dalam kondisi seperti ini. Analis Moody's Investors Services, Neil Begley, bahkan sudah memprediksikan hal tersebut sejak 29 Januari, saat corona baru saja merebak.

[Gambas:Video CNN]

"Jika penularannya meluas secara internasional, banyak orang memilih untuk tetap di rumah dan mencari hiburan, seperti Netflix, Disney+, HBO Max, dan lainnya," kata Neil Begley seperti dilansir Variety.

Leonard juga mengungkapkan bahwa Netflix, AppleTV+, serta Amazon Prime Video menjadi pilihan utama platform streaming di Indonesia.

JustWatch sendiri merupakan salah satu layanan panduan streaming dengan 20 juta pengguna di 40 negara dalam lima tahun terakhir. Layanan tersebut mengumpulkan ratusan platform streaming dan memudahkan pengguna menonton film dan serial secara legal. (chri/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK