Jawab Trump, Harry-Meghan Tak Tertarik Minta Dana Keamanan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 06:55 WIB
Jawab Trump, Harry-Meghan Tak Tertarik Minta Dana Keamanan Harry-Meghan Markle menjawab tudingan Presiden Donald Trump yang menyinggung mesti mengeluarkan biaya keamanan untuk pasangan tersebut selama di AS. (DANIEL LEAL-OLIVAS / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harry dan Meghan Markle tak tertarik meminta kepada Pemerintahan Donald Trump atas kebutuhan keamanan pasangan tersebut selama tinggal di Amerika Serikat.

"Duke dan Duchess of Sussex tak ada rencana meminta pemerintah Amerika Serikat untuk sumber daya keamanan," kata juru bicara Harry-Meghan dalam pernyataannya kepada ET, Minggu (29/3) waktu Amerika Serikat.

"Biaya keamanan pribadi telah dipersiapkan," lanjut pernyataan tersebut.


Pernyataan itu sebagai respons atas ucapan Trump melalui Twitter bahwa dirinya enggan membayar biaya keamanan Harry dan Meghan selama pasangan mantan anggota Kerajaan Inggris itu ada di Amerika Serikat.

Harry dan Meghan sendiri dikenal secara terbuka dikenal bertentangan dengan kebijakan politik dan ideologi dengan Trump.

"Saya teman baik dan pengagum berat Ratu dan Inggris Raya. Dilaporkan bahwa Harry dan Meghan, yang meninggalkan Kerajaan Inggris, akan tinggal permanen di Kanada," kata Trump dalam kicauannya, Minggu (29/3).

"Kini mereka telah meninggalkan Kanada untuk Amerika Serikat. Namun, AS tak akan membayar perlindungan kemanan mereka. Merekalah yang mesti membayar!" lanjut Trump.

ET menyebut belum jelas apakah pembicaraan soal pembayaran keamanan tersebut benar sudah didiskusikan atau disebut, atau cuma sekadar karangan Trump belaka.

Selain itu, ET menyebut tidak pernah secara tegas tertulis Harry-Meghan akan tinggal secara permanen di Kanada. Meskipun, keluarga kecil itu telah tinggal di Pulau Vancouver di Kanada setelah mengumumkan mundur dari keluarga Kerajaan Inggris.



Kala mengumumkan mundur, pasangan tersebut mengungkapkan rencana untuk membagi waktu mereka antara Amerika Utara dan Inggris Raya.

Pada 26 Maret, pasangan tersebut dikabarkan menetap di Los Angeles setelah meninggalkan Kanada. Sumber terdekat mengatakan kepada ET bahwa pemilihan LA sebagai rumah selanjutnya pasangan itu karena faktor pekerjaan.

"Hal itu selalu menjadi rencana mereka untuk menetap di California karena kehidupan kerja mereka akan difokuskan di Amerika Serikat," kata sumber tersebut.

Di sisi lain, salah satu pekerjaan yang akan dilakukan oleh Meghan Markle di Amerika Serikat adalah berkaitan dengan film. Meghan akan terlibat dalam sebuah proyek dokumenter soal gajah garapan Disney.

Pihak studio, Disneynature mengonfirmasi hal tersebut melalui sebuah kicauan di media sosial. Meghan diketahui akan menjadi narator dalam proyek bertajuk Elephant dan tayang di Disney+ itu.

"Elephant dari Disneynature, sebuah film orisinal yang dinarasikan oleh Meghan, The Duchess of Sussex, mulai streaming 3 April," tulis pernyataan pihak studio yang tak lagi mencantumkan gelar kerajaan Meghan, HRH atau Her Royal Highness, sesuai kesepakatan Meghan-Harry kala mundur dari keluarga Kerajaan Inggris.




(end)