Corona, Tempat Musik Inggris Minta Rp20 M ke Artis Besar

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 18:50 WIB
Tempat-tempat acara musik kecil di Inggris meminta bantuan setara Rp20,1 miliar dari artis dan industri besar untuk menanggulangi kerugian saat wabah corona. Ilustrasi. (SplitShire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tempat-tempat acara musik kecil di Inggris meminta bantuan senilai 1 juta pound sterling atau setara Rp20,1 miliar dari artis dan pelaku industri besar untuk menanggulangi kerugian besar di tengah wabah virus corona.

CEO Music Venue Trust, Mark David, mengatakan bahwa bantuan ini masih sangat diperlukan meski pemerintah sudah mengupayakan paket bantuan untuk industri hiburan kecil.

"Kami sudah melakukan survei di semua tempat-tempat acara musik selama beberapa pekan, melakukan semua perhitungan, dan ternyata, meski sudah ada perhatian dari pemerintah, masih ada lubang 13,8 juta pound sterling," katanya kepada NME.


Pemerintah Inggris memang sudah meluncurkan paket bantuan dalam bentuk pembebasan tarif untuk semua perusahaan di sektor hiburan kecil, juga kucuran dana hingga 25 ribu pound sterling.

Untuk usaha kecil hingga menengah, pemerintah juga akan memperluas skema pinjaman bisnis saat ada gangguan dari 1,2 juta pound sterling menjadi 5 juta pound sterling, tanpa bunga untuk enam bulan pertama.

"Pemerintah sudah berbuat banyak dan kami tidak akan menuntut mereka lagi. Kami sadar ada krisis besar di sini bagi semua orang dan kemungkinan kami mendapatkan dana tambahan dari pemerintah untuk menutup lubang itu nyaris nol," ucap David.

Ia kemudian berkata, "Periode bebas sewa memang harus dilakukan untuk melindungi bisnis, tapi selagi absen seperti ini, kami harus punya layanan respons darurat."

Layanan respons darurat ini merupakan jaringan profesional di Inggris yang bisa membantu dan memberikan masukan bagi tempat-tempat acara musik kecil.

Kini, mereka sedang berupaya menambah orang yang dapat membantu layanan itu untuk menyelamatkan tempat-tempat dengan risiko penutupan permanen dalam beberapa pekan ke depan.

"Saya sejujurnya yakin kami dapat menyelamatkan semua tempat ini, tapi kami sangat butuh dana untuk berjuang," katanya.

Ia kemudian berkata, "Kita bicara mengenai pendaan dari perusahaan-perusahaan yang lebih sukses di industri musik dan artis-artis sukses."

[Gambas:Video CNN]

David memastikan bahwa pihaknya juga sedang menyusun gagasan agar para pelaku industri kecil ini dapat bertahan sendiri, tapi sekarang bantuan dari pebisnis besar sangat dibutuhkan.

"Jika kami kehilangan 550 tempat acara musik kecil, industri musik di Inggris akan benar-benar hancur selama sepuluh tahun ke depan," tutur David.

Memperkuat argumennya, David lantas menjelaskan bahwa tempat-tempat penyelenggaraan acara musik kecil meraup 80 persen industri di Inggris. Jika semuanya mati, dampaknya tentu sangat berbahaya.

"Kita sudah melihat sendiri kerugian besar karena festival-festival dan tur besar ditunda, tapi di antaranya itu semua, kami ingin perusahaan besar untuk membantu," ucap David.

Menutup pernyataannya, ia berkata, "Kami butuh 1 juta pound sterling. Itu saja. Berikan kami 1 juta pound sterling dan kami akan memberikan kalian sirkuit tur yang sepadan." (has/has)