Viral, I'm Just A Kid Raih Platinum 18 Tahun Usai Rilis

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 29/05/2020 08:59 WIB
Singer of Canadian band Simple Plan, Pierre Bouvier performs on stage during the Rock en Seine music festival on August 28, 2011, in Saint-Cloud, near Paris.  AFP PHOTO / JOHANNA LEGUERRE (Photo by JOHANNA LEGUERRE / AFP) Lagu I'm Just A Kid dijadikan latar untuk tantangan di Tiktok akhir-akhir ini. (JOHANNA LEGUERRE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Simple Plan meraih Platinum untuk lagu I'm Just A Kid yang dirilis sebagai debut mereka pada 18 tahun silam, berkat viral di platform TikTok selama beberapa waktu belakangan ini.

Lagu tersebut berhasil melampaui kualifikasi Recording Industry Association of America (RIAA) untuk status sertifikasi Platinum per 26 Mei lalu. Sebuah lagu harus terjual sebanyak satu juta kopi untuk mencapai status tersebut, yang juga bisa didapat dengan 150 streaming setara satu kopi lagu.

Lagu ini dirilis sebagai bagian dari album debut Simple Plan "No Pads, No Helmets ... Just Balls" pada 2002. Menurut Billboard, album ini memuncak pada di peringkat 35 di AS pada Januari 2004.


[Gambas:Youtube]

Popularitas I'm Just A Kid menanjak kembali setelah menjadi latar musik salah satu tantangan di platform TikTok. Tantangan itu berupa pengguna yang membuat reka ulang foto masa kecil mereka lalu membandingkannya dengan kondisi sekarang.

Mengutip Loudwire, lebih dari tiga juta orang telah menggunakan lagu tersebut dalam video mereka.

"Sangat luar biasa untuk menyaksikan lagu yang kami tulis hampir 20 tahun yang lalu menyatukan orang dan membuat mereka tersenyum," tulis band itu dalam sebuah kicauan di Twitter, April lalu.

"Kami senang melihat setiap keluarga, saudara kandung, anak-anak, orang tua, pasangan, dan pemilik hewan peliharaan mengambil bagian dalam tantangan #imjustakid di #TikTok dan berbagi video yang luar biasa ini," tambahnya.

Sebagai bentuk perayaan meraih Platinum, Simple Plan sendiri lantas mengikuti tantangan viral tersebut dengan membuat reka ulang foto album pada 2002.

"Ini benar-benar gila dan sangat istimewa bagi kami. Terima kasih kepada semua orang yang mengubahnya menjadi fenomena viral dan memberikan lagu kecil kami kehidupan kedua selama beberapa bulan terakhir," tulis Simple Plan di akun Instagram resmi.

"Kami sangat berterima kasih, entah untuk kalian yang mengenal kami minggu lalu di TikTok atau 18 tahun yang lalu ketika album pertama kami dirilis, kami sangat senang bahwa kalian memilih untuk menghabiskan waktu mendengarkan musik kami. Terima kasih semua telah mendukung kami," lanjutnya. (agn/stu)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK