Dwi Sasono, Bintang Mendadak Dangdut yang Terjerat Ganja

CNN Indonesia | Senin, 01/06/2020 11:20 WIB
Dwi Sasono Aktor Dwi Sasono. (Foto: Detik Photo/ Muhammad Ridho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dwi Sasono diamankan polisi terkait dengan narkotika, Senin (1/6). Kabar ini membuat Dwi Sasono menambah daftar hitam aktor Indonesia yang terjerat ke lubang hitam narkoba.

Lahir di Surabaya, 30 Maret 1980, Dwi Sasono mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai pemain film Indonesia. Dwi memulai debut di layar lebar dengan membintangi film Mendadak Dangdut yang langsung membuatnya memperoleh sejumlah nominasi dan penghargaan.

Di film yang disutradarai Rudi Sujarwo ini, Dwi berperan sebagai Rizal, pemilik organ tunggal tersohor. Berkat peran tersebut Dwi pun memperoleh nominasi Festival Film Indonesia 2006 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dan Terpilih.


Kemudian, dia juga mendapat nominasi di ajang Indonesian Movie Awards 2007 sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik serta Terfavorit, dan berhasil memenangkan piala untuk kategori Aktor Pembantu Terfavorit berkat peran yang sama.


Setelah Mendadak Dangdut, Dwi kembali membintangi sejumlah film garapan Rudi yakni Pocong 2 (2006), Mengejar Mas Mas (2007), dan Otomatis Romantis (2008). Peran-peran tersebut pun mengantarnya kembali untuk mengumpulkan nominasi penghargaan seperti MTV Indonesia Movie Awards 2007, Festival Film Indonesia 2007, serta memenangkan Aktor Terpuji di Festival Film Bandung untuk peran sebagai Parno di Mengejar Mas-Mas.


Selama 14 tahun berkarier, sekitar 46 judul film tercatat telah menampilkan Dwi Sasono sebagai seorang aktor. Di antaranya juga termasuk Drupadi, Rectoverso, Aku, Kau, dan KUA, Test Pack, Bukaan 8," serta Chrisye.

Beberapa film terbaru yang dibintangi Dwi yakni Dua Garis Biru sebagai ayah dari karakter Dara yang diperankan Zara Adhisty, lalu di Wiro Sableng 212" sebagai Raja Kamandaka, dan di film DOA: Cari Jodoh," yang diadaptasi dari komik Doyok Otoy Ali Oncom, sebagai Ali Oncom.

Selain tampil di layar lebar, Dwi juga terbilang aktif muncul di layar televisi dengan membintangi sejumlah sinetron komedi serta Film Televisi (FTV). Salah satu yang cukup populer yakni perannya di sitkom Kejar Tayang pada 2009-2010 serta Tetangga Masa Gitu? bersama Sophia Latjuba, Chelsea Islan, serta Deva Mahendra pada 2014-2017.

Dwi Sasono juga merupakan suami dari personel ABThree, Widi Mulia. (agn/asa)

[Gambas:Video CNN]