Tembus 400 Ribu Penonton Sehari, Bioskop Korea Siap Bangkit

CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 10:25 WIB
Ilustrasi bioskop Ilustrasi. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanda kebangkitan bioskop di Korea Selatan di tengah pandemi Covid-19 mulai terlihat setelah lebih dari 409 ribu orang menonton di layar lebar pada Sabtu (27/6).

Sebagaimana dilansir Korea Herald, ini menjadi kali pertama penonton di bioskop menembus angka tersebut setelah pandemi Covid-19 mendera negara itu empat bulan lalu.

Dengan angka tersebut, jumlah penonton di bioskop Korea Selatan meningkat 37 persen jika dibandingkan dengan Mei 2020.


Salah satu faktor penarik perhatian pengunjung adalah kupon diskon tiket masuk yang disediakan Dewan Perfilman Korea (KOFIC) setiap Kamis hingga Minggu dalam tiga pekan terakhir.

Selain itu, sejumlah film baru yang akhirnya tayang setelah tertunda akibat pandemi, seperti Innocence dan Intruder, juga menjadi pengundang pencinta film kembali ke bioskop.

Film bertema kriminal, Innocence, menjadi film Korea pertama yang berhasil meraih 500 ribu penonton sejak tayang pada 10 Juni. Namun, capaian itu langsung tersalip #ALIVE, film zombi yang dibintangi Park Shin-hye dan Yoo Ah-in.

Sekitar 200 ribu tiket #ALIVE terjual pada hari pertama penayangan. Dewan Perfilman Korea mencatat lebih dari 1,1 juta tiket film tersebut terjual pada 28 Juni atau lima hari setelah perilisan.

Capaian ini bagai angin segar bagi industri perfilman. Sebelumnya, Honest Candidate menjadi film terakhir yang berhasil mencapai angka tersebut pada pekan debut di akhir Februari lalu, meski kasus Covid-19 di Korsel pertama kali ditemukan pada Januari.

Sebagai salah satu pasar film terbesar di dunia, Korea Selatan sempat mencatat hanya menjual 15 ribu tiket pada April lalu.

[Gambas:Youtube]

Dengan pencapaian bulan ini, beberapa distributor film langsung mengonfirmasi penayangan film terbaru mereka dalam waktu dekat. Salah satunya adalah Next Entertainment World yang mengonfirmasi Train to Busan 2, Peninsula, bakal tayang 15 Juli 2020.

Lotte Entertainment juga sudah menjadwalkan promosi Steel Rain 2: Summit, film yang dibintangi Jung Woo-sung dan Yoo Yeon-seok, pada Kamis (2/7). Film tersebut dijadwalkan tayang awal Agustus 2020.

CJ Entertainment turut mengonfirmasi film laga kriminal terbarunya, Deliver Us From Evil, yang dibintangi Hwang Jung-min, dan Park Jung-min akan tayang awal Agustus dan diikuti film musikal Hero.

(chri/has)