Review Drama: Mystic Pop-up Bar

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 19:05 WIB
Drama Korea Mystic Pop-up Bar
dok. jTBC via Hancinema Review Mystic Pop-up Bar menilai drama yang dibintangi Hwang Jung-eum, Yook Sung-jae, dan Choi Won-young ini memiliki cerita, visual, serta lagu yang indah. (dok. jTBC via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tuntas dan indah mendeskripsikan Mystic Pop-up Bar yang berakhir pada 25 Juni. Drama Korea yang dibintangi Hwang Jung-eum, Yook Sung-jae, dan Choi Won-young ini memiliki jalan cerita, visual, serta lagu tema yang indah.

Mystic Pop-up Bar secara garis besar menceritakan Wol-ju yang harus membantu 100 ribu manusia dalam melepaskan dendam. Hal itu merupakan caranya menebus kesalahan masa lalu.

Selama 500 tahun, ia membuka bar di pinggir jalan dan membantu manusia yang datang ke sana.


Saat bertugas, ia dibantu Manajer Gwi yang sebelumnya sempat menjadi polisi di Afterworld. Selain itu, Wol-ju juga dibantu Han Kang-bae, orang yang bisa membongkar rahasia terdalam manusia lain hanya dalam satu sentuhan.

Sebelum tayang, tak sedikit warganet yang membandingkan Mystic Pop-up Bar dengan Hotel Del Luna karena asumsi akan memiliki jalan cerita serupa yakni menyelesaikan dendam atau keinginan yang belum tercapai.

Namun, Mystic Pop-up Bar sejatinya sangat berbeda dengan Hotel Del Luna. Drama yang diadaptasi dari webcomic ini fokus pada permasalahan sehari-hari yang bisa langsung berhubungan dengan masyarakat luas.

Drama ini secara sederhana tapi padat menceritakan permasalahan yang akrab ditemukan di kehidupan saat ini, seperti pelecehan di tempat kerja, kesenjangan sosial, ketidakadilan akibat nepotisme, usaha pasangan suami istri dalam mendapatkan anak, kasih sayang keluarga, dan juga kesalahpahaman.

Tak hanya itu, permasalahan hidup dari tiga karakter utama drama ini juga sesungguhnya sederhana dan mungkin akhirnya sudah bisa diperkirakan sejak pertengahan.

Namun, tim produksi mengungkapkan hal tersebut dengan indah. Sehingga, saya sebagai penonton tetap merasa puas meski sudah memperkirakan hal tersebut sebelumnya.

Keakraban dari Hwang Jung-eum, Yook Sung-jae, dan Choi Won-young juga tak perlu diragukan lagi. Meski minim adegan romantis, mereka bertiga berhasil membuat hati saya sebagai penonton terasa hangat.

Drama Korea Mystic Pop-up Bar
dok. jTBC via HancinemaReview Mystic Pop-up Bar menilai drama yang dibintangi Hwang Jung-eum, Yook Sung-jae, dan Choi Won-young ini memiliki cerita, visual, serta lagu yang indah. (dok. jTBC via Hancinema)

Salah satu poin terpenting dari drama ini adalah efek visual. Unsur fantasi membuat Mystic Pop-up Bar memerlukan efek di tiap episode.

Hal tersebut yang kemudian benar-benar mendapat perhatian khusus tim produksi. Semua terlihat begitu halus dan sangat menggemaskan dan menghibur mata penonton.

Hal itu pula yang membuat saya bertahan menyaksikan Mystic Pop-up Bar tanpa melewatkan opening scene.

Namun Mystic Pop-up Bar tetap memiliki catatan kecil, yakni terkait perubahan dari dua karakter utama, Wol-ju dan Yi-hon.

[Gambas:Youtube]



Perubahan rupa fisik dari dua karakter tersebut sebelum meninggal dengan ketika bertemu lagi, terbilang berbeda.

Hal tersebut menjadi keganjilan logika narasi drama ini, entah memang ada bagian cerita yang sengaja tak diungkap atau penulis dan sutradara khilaf memerhatikan bagian sepele namun terlihat itu.

Secara keseluruhan, Mystic Pop-up Bar merupakan drama yang memadukan komedi, romansa, serta penggalan nilai kehidupan dengan amat baik dalam 12 episode dan menjadikannya sebuah healing drama yang juga menyenangkan.

Mystic Pop-up Bar masih bisa disaksikan di Netflix dan akan digantikan dengan Was It Love, drama terbaru Song Ji-hyo.

(end)