Drama Korea dengan Ending yang Dinilai Kurang Memuaskan

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 12:20 WIB
Tak semua dan selamanya drama Korea memiliki ending yang menyenangkan dan memuaskan. Sebagian drama memiliki ending yang dianggap mengecewakan. Akhir Reply 1988 menjadi salah satu hal yang sensitif dibahas para penggemarnya yang terbelah menjadi #teamtaek dan #teamjunghwan. (Dok. tvN via www.imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama bertahun-tahun, sebagian besar drama Korea selalu dibuat dengan akhir atau ending bahagia demi menarik perhatian penonton. Namun tak semua drama Korea memiliki ending yang dianggap memuaskan.

Akhir atau ending bahagia dalam drama Korea biasanya digambarkan dengan pemeran utama perempuan dan laki-laki hidup bersama, menikah, atau membangun keluarga. Hal ini kemudian berdampak pada rating yang cenderung tinggi.

Namun tak semua drama Korea berakhir bahagia. Kisah akhir yang menyedihkan pun sebenarnya sudah ada sejak dulu, seperti Endless Love, Memories of Bali, serta A Love to Kill.


Tapi tak sedikit pula drama Korea yang memiliki akhir atau ending yang dianggap tak memuaskan, entah karena open ending atau menimbulkan banyak tafsir, atau karena mengecewakan sebagian pihak.

Salah satu adegan di Reply 1988.Sutradara dan penulis Reply 1988 bahkan mendapat kritikan keras ketika akhir drama tersebut tayang. (Dok. CJ E&M via IMDB)

Reply 1988

Akhir Reply 1988 menjadi salah satu hal yang sensitif dibahas para penggemarnya yang terbelah menjadi #teamtaek dan #teamjunghwan.

Sutradara dan penulis Reply 1988 bahkan mendapat kritikan keras ketika akhir drama tersebut tayang. Perdebatan terjadi ketika sebagian besar penonton yakin Jung Pal akan menjadi pilihan Deok-sun.

Namun jelang episode akhir, jalan cerita jelas menampilkan Deok-sun bakal bersama dengan Choi Taek. Hal tersebut menjadi akhir yang mengecewakan penggemar Jung Hwan.

Tak hanya itu, adegan pernikahan yang ditampilkan juga bukan dari tokoh utama. Padahal seri Reply sebelumnya, yakni 1997 dan 1994, pernikahan yang ditampilkan merupakan milik tokoh utama.


Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo


Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama romansa fantasi yang mengisahkan Hae-soo (IU) bisa melakukan perjalanan waktu ketika gerhana. Ia memasuki zaman Goryeo (kerajaan) dan jatuh cinta kepada Wang So (Lee Joon-gi).

Drama ini diharapkan berlanjut ke musim selanjutnya karena memiliki open-ending, Hae-soo kembali ke dunianya dan Wang So sendiri di dunianya.

Cheese in the TrapDrama Cheese in the Trap merupakan salah satu yang mendapatkan rating tinggi dari awal namun mendapatkan kritik keras di akhir. (dok. tvN via Hancinema)


Cheese in the Trap

Drama ini merupakan salah satu yang mendapatkan rating tinggi dari awal namun mendapatkan kritik keras di akhir.

Hal tersebut disebabkan Yoo Jung (Park Hae-jin) selaku aktor utama ini malah menghilang di pertengahan drama dan second lead Baek In-ho (Seo Kang-joon) muncul lebih menonjol.

Akhir drama ini juga dinilai kurang memuaskan karena para pemeran utama terpisah walau Yoo Jung dibuat kembali setelah tiga tahun menghilang dan membuat penonton berharap ia bisa bersama dengan Hong Seol (Kim Go-eun).


Uncontrollably Fond


Uncontrollaby Fond termasuk drama yang membuat penonton harus menyiapkan banyak tisu ketika menyaksikan episode terakhir.

Manis percintaan Shin Joon-young (Kim Woo-bin) dan Noh Eul (Bae Suzy) harus berakhir karena penyakit mematikan yang diderita Joon-young dan membuatnya meninggal di pundak Noh-eul.

"Jangan memikirkan apa-apa, tidurlah. Terima kasih, Joon Young. Sampai bertemu besok," ucap Noh Eul kala itu.

Go Bo-gyeol dan Kim Tae-hee dalam drama Hi Bye, MamaHi Bye, Mama termasuk drama yang mendapat rating tinggi di awal penayangan tapi turun di pertengahan jalan dan dianggap memiliki akhir yang tidak memuaskan. (dok. tvN via Hancinema)

Hi Bye, Mama

Hi Bye, Mama termasuk drama yang mendapat rating tinggi di awal penayangan tapi turun di pertengahan jalan dan dianggap memiliki akhir yang tidak memuaskan.

Hal tersebut menjadi permasalahan yang kerap ditemukan dalam drama bertemakan reinkarnasi atau diberi kesempatan untuk hidup kembali seperti Come Back, Mister dan 49 Days.

Selain karena menguras emosi, akhir dari drama seperti ini biasanya dianggap mengecewakan banyak penonton.

Drama ini berakhir dengan Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) yang membuang kesempatannya untuk benar-benar hidup kembali karena melihat sang suami Cho Gang-hwa dan putrinya, Seo-woo, sudah berada di tangan yang tepat, Oh Min-jung.

Pilihan akhir Cha Yu-ri mengecewakan banyak penonton karena jelang akhir episode Oh Min-jung sesungguhnya sudah rela mundur dan Cho Gang-hwa juga telah berusaha untuk membuat Yu-ri tetap hidup.


Daftar drama lainnya yang memiliki open ending dan diharapkan lanjut ke musim dua bisa dibaca di sini.

(chri/end)