Bedah Tokoh One Piece: Masa Lalu Kelam, Mimpi Besar Terpendam

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 25/07/2020 09:28 WIB
Kesepuluh tokoh utama Kelompok Topi Jerami memiliki kesamaan, yaitu berangkat dari masa lalu yang kelam dan memiliki mimpi besar terpendam dalam diri mereka. Ilustrasi. (Dok. Toei Animation)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesepuluh tokoh utama Kelompok Topi Jerami di One Piece memiliki kesamaan, yaitu berangkat dari masa lalu yang kelam dan memiliki mimpi besar terpendam dalam diri mereka.

Dalam cerita One Piece, Luffy memang diceritakan kerap asal-asalan dalam memilih kru. Namun ternyata, semua tokoh punya cerita pilu yang membentuk mimpi mereka di masa depan.

Berikut masa lalu dan mimpi 10 anggota Kelompok Topi Jerami:


Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy diceritakan sebagai sosok anak kecil yang tergila-gila untuk jadi bajak laut sejak Shanks dan Kelompok Bajak Laut Rambut Merah singgah di desa Fusha, tempat tinggalnya.

Dalam pandangan Luffy, Shanks dan kawan-kawan adalah sosok yang keren. Namun, Shanks selalu menolak permintaan Luffy untuk ikut naik sebagai kru bajak laut karena dia masih kecil.

Sebelum Shanks pergi, Luffy terlibat perselisihan sehingga ia diculik oleh perompak gunung. Luffy marah saat kelompok perompak gunung itu meledek Shanks dan kawan-kawan yang tidak melawan saat berkelahi dengan mereka di bar milik Makino.

Bajak Laut Rambut Merah sukses mengalahkan perompak gunung, tapi sang ketua menculik Luffy dan membawanya berlayar. Shanks berhasil mengejar sesaat sebelum Luffy dimakan monster laut.

Luffy selamat, tapi ia harus kehilangan tangan kirinya yang dimakan oleh monster laut tersebut.

Shanks lalu memberikan topi jerami miliknya kepada Luffy dan mengatakan bocah itu harus bisa membentuk kelompok bajak laut hebat, memiliki petualangan sendiri dan kelak bertemu kembali dengan Shanks untuk mengembalikan topi tersebut. Luffy pun bermimpi menjadi Raja Bajak Laut.

Bagi Luffy, Raja Bajak Laut adalah orang paling bebas di lautan. Ia pun bertekad memburu One Piece, harta karun yang disebut ditinggalkan oleh Gol D. Roger, Raja Bajak Laut sebelumnya.

Seiring perkembangan cerita, Luffy ternyata bukan sosok biasa. Ia adalah anak dari Monkey D. Dragon, tokoh revolusioner alias orang paling diburu di seluruh dunia dan cucu dari Monkey D. Garp, pahlawan angkatan laut.

Dalam kilas balik setelah perang Marineford, Luffy diceritakan menghabiskan masa kecil dengan dititipkan oleh Garp ke rumah Dadan. Di sana, sudah ada Portgas D. Ace lalu menyusul Sabo yang awalnya merupakan rekannya.

One PieceLuffy. (Dok. Toei Animation via IMDb)

Ketiganya menjadi saudara angkat dan diceritakan bahwa Sabo tewas saat mencoba berlayar. Flashback ini juga menjadi pertanda awal kemunculan Sabo setelah Ace tewas di perang Marineford. Sabo yang dikira sudah tewas kemudian muncul dan masih hidup. Ia adalah Kepala Staf Pasukan Revolusi.

Dalam kilas balik masa kecil mereka, ada teriakan Luffy yang masih dirahasiakan dan membuat Ace dan Sabo tercengang. Entah kalimat cita-cita itu masih 'Raja Bajak Laut' atau masih ada impian lain yang belum diungkap.

Roronoa Zoro

Roronoa Zoro adalah sosok anggota Bajak Laut Topi Jerami yang masih sedikit diungkap kisah masa lalunya. Zoro adalah anggota yang pertama kali direkrut oleh Luffy saat ia memutuskan berlayar sebagai bajak laut.

Di masa lalu Zoro, diceritakan dia adalah murid di salah satu dojo yang juga terletak di East Blue. Zoro adalah murid laki-laki terkuat di dojo itu. Namun, ia kalah kuat dari Kuina, anak perempuan yang juga merupakan putri dari sang pemilik dojo tersebut.

Zoro selalu kalah dalam duel lawan Kuina meski ia memakai dua pedang, sedangkan Kuina hanya menggunakan satu pedang.

Roronoa Zoro dalam anime One PieceRoronoa Zoro. (Dok. Toei Animation via IMDb)

Walaupun menang atas Zoro, Kuina juga punya penyesalan karena tidak dilahirkan sebagai laki-laki sehingga ia menganggap cita-citanya sebagai pendekar pedang terhebat bakal sulit terwujud.

Zoro lalu berusaha menghibur dengan menyatakan bakal berlomba dengan Kuina untuk jadi pendekar pedang terhebat di dunia.

Suatu hari, Kuina meninggal dunia karena jatuh dari tangga. Sambil menangis, Zoro meminta pedang milik Kuina dan sejak saat itu ia jadi pendekar pengguna tiga pedang.

Cita-cita Zoro adalah menjadi pendekar pedang terhebat di dunia, mewujudkan mimpi dan janjinya pada Kuina.

Nami

Masa lalu Nami, navigator Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, juga terbilang kelam lantaran ia dipungut oleh ibu angkatnya, Bellemerre, yang merupakan tentara angkatan laut dari sebuah daerah konflik.

Saat Nami masih anak-anak, pulau tempat tinggalnya dikuasai kelompok Bajak Laut Manusia Ikan yang dipimpin Arlong. Seluruh penduduk diwajibkan membayar upeti bila ingin terus hidup.

Bellemerre tak sanggup membayar upeti untuk dia dan dua anaknya, Nojiko dan Nami. Ia kemudian tewas dibunuh Arlong. Hal yang lebih menyakitkan bagi Nami, ia kemudian direkrut sebagai ahli navigasi kelompok Arlong.

Karakter One Piece NamiNami. (Courtesy of Shueisha)

Nami harus menerima cibiran dari penduduk pulau karena ia dianggap tega bergabung dengan kelompok bajak laut yang telah membunuh ibunya.

Padahal, Nami membuat perjanjian dengan Arlong bahwa ia bakal mengumpulkan uang sebesar 100 juta berry untuk membeli pulau tersebut dan membuat Arlong pergi dari wilayah itu.

Arlong tidak menepati janji. Hingga akhirnya, Luffy menolong Nami dengan mengalahkan Arlong.

Cita-cita Nami sejak kecil adalah menggambar peta dunia dengan berdasarkan wilayah-wilayah yang dikunjungi oleh dirinya.

Usopp

Usopp juga punya masa lalu yang belum banyak diungkap. Usopp hanya disebutkan sebagai anak yang tumbuh tanpa orang tua. Ibunya meninggal karena sakit saat Usopp masih kecil.

Usopp dikenal sebagai pembohong karena sering berteriak mengagetkan penduduk dengan mengabarkan bahwa desa tersebut diserang bajak laut.

Karakter One Piece UsoppUsopp. (Courtesy of Shueisha)

Banyak yang kesal dengan sikap Usopp si pembohong. Namun, banyak pula yang menyadari bahwa aksi Usopp itu sebagai tanda bahwa ia rindu dengan kedatangan sang ayah. Ayah Usopp adalah Yasopp, salah satu kru Kelompok Bajak Laut Rambut Merah.

Impian Usopp sendiri cenderung tidak terlalu spesifik, yaitu menjadi pahlawan pemberani di lautan. Namun seiring perjalanan yang ia lalui, Usopp mulai mengubah kebohongan-kebohongannya menjadi kenyataan, mulai dari cerita ikan mas raksasa hingga suku kurcaci.

Sanji

Sanji adalah koki Bajak Laut Topi Jerami. Tak sampai di situ, Sanji masuk barisan kru andalan untuk urusan pertarungan. Masa lalu Sanji diceritakan dalam dua bagian.

Pertama, Sanji diceritakan sebagai anak yang bekerja sebagai koki di sebuah kapal pesiar. Kapal tersebut diserang oleh Kelompok Bajak Laut yang dipimpin oleh Zeff Si Kaki Merah.

Saat dihajar habis-habisan, Sanji mengatakan bahwa ia tidak akan mati karena bakal mengejar mimpi menemukan 'All Blue'.

Tiba-tiba badai datang dan tanpa terduga, Zeff justru menyelamatkan Sanji yang terlempar ke laut. Keduanya kemudian terdampar di pulau yang tandus dan hanya memiliki cekungan air.

Zeff membagi karung bekal kecil untuk Sanji. Sementara itu, Zeff sendiri memegang karung bekal yang besar.

Sanji tak mengucapkan terima kasih dan masih memendam rasa kesal. Ternyata, Zeff memberikan seluruh makanan untuk Sanji, sedangkan dia memilih memakan kakinya sendiri untuk bertahan hidup.

Setelah puluhan hari berlalu, Sanji baru tahu bahwa karung besar milik Zeff hanya berisi perhiasan. Zeff menaruh simpati pada Sanji karena ia memiliki mimpi menemukan 'All Blue' sama seperti dirinya.

All Blue adalah lautan legendaris tempat berkumpul ikan dari empat penjuru lautan, yaitu North Blue, East Blue, South Blue, dan West Blue.

Karakter One Piece SanjiSanji. (Courtesy of Shueisha)

Dalam perjalan cerita di chapter Big Mom, terungkap bahwa Sanji adalah pangeran Kerajaan Germa. Judge Vinsmoke sangat berambisi mengembalikan kekuatan Germa sehingga ia coba memanipulasi gen empat anak kembarnya.

Ibu Sanji menolak rencana itu dan kemudian meminum obat. Tiga anak dilahirkan dengan kekuatan super. Hanya Sanji yang dianggap manusia gagal karena tak memiliki kekuatan super.

Namun di mata sang Ibu, Sanji justru sosok anak yang didambakan karena terlahir memiliki perasaan, berbeda dengan tiga saudara lainnya yang tak lagi memiliki perasaan seperti manusia pada umumnya.

Sanji sering disiksa dan akhirnya mencoba kabur dari Germa. Judge Vinsmoke yang mengetahui Sanji kabur justru tidak mencegahnya. Ia hanya berpesan agar Sanji tak pernah menceritakan ke orang lain bahwa ia adalah anak dari Germa.

Sambil menangis, Sanji pergi dan akhirnya bekerja di kapal pesiar sebagaimana sudah diceritakan di flashback terdahulu.

Masa Lalu dan Mimpi Tony Tony Chopper hingga Jinbe

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2