Adu Kuat Pasar Indonesia, One Piece Tunduk di Hadapan Naruto

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 25/07/2020 13:09 WIB
Meski One Piece menguasai pasar manga dunia, tapi komik karya Eiichiro Oda itu ternyata harus bertekuk lutut di hadapan Naruto kala bertarung di Indonesia. Ilustrasi. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski secara global One Piece selalu menguasai penjualan manga dunia, tapi komik karya Eiichiro Oda tersebut ternyata harus bertekuk lutut di hadapan Naruto kala bertarung di pasar Indonesia.

Sari Ratnasari, Elex Comic Managing Editor, sudah mengamati pertarungan ini sejak penerbit tersebut memutuskan untuk memasarkan One Piece dan Naruto di Indonesia pada 2002.

Kala itu, Elex Media Komputindo mengajukan beberapa judul ke penerbit Jepang, termasuk One Piece yang saat itu menempati urutan nomor wahid sebagai manga terlaris di Negeri Sakura.


"Sudah pasti menguntungkan, tapi sayangnya komik One Piece di Indonesia tidak menempati urutan pertama terlaris, masih kalah oleh komik Naruto (sudah tamat) dan Detektif Conan (masih on going)," kata Sari melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Ilustrasi Komik One PieceIlustrasi. (CNN Indonesia)

Setelah Naruto tamat pun, kini jumlah penjualan One Piece di Indonesia masih berada di posisi kedua setelah Detektif Conan. 

Meski demikian, posisi One Piece cukup kuat ketimbang 500 komik Jepang lainnya yang didistribusikan oleh Elex Media Komputindo. Penjualan One Piece juga masih prima meski kini popularitas media cetak terus merosot.

"Bukan hanya komik One Piece saja, tapi komik lainnya juga mengalami penurunan. Namun, walaupun mengalami penurunan sales, One Piece tetap menjadi salah satu komik bestseller Elex yang saat ini menempati urutan kedua terlaris setelah Detektif Conan," kata Sari.

Kantor berita Jepang, Asahi, melaporkan bahwa secara global, One Piece masih perkasa di posisi teratas manga terlaris.

Kurang dari 10 tahun sejak dirilis, tepatnya pada 2005, penjualan One Piece tercatat mencapai lebih dari 100 juta kopi. Angka ini bertambah dua kali lipat pada enam tahun kemudian.

Sebagaimana dilansir Crunchyroll, catatan penjualan One Piece mencapai 450 juta kopi di seluruh dunia, dengan rincian 380 juta kopi di Jepang dan 70 juta di luar kawasan Negeri Sakura.

Sebagai karya mingguan, One Piece juga dilaporkan mendominasi peringkat penjualan manga tahunan Oricon selama 11 tahun berturut-turut sejak 2008.

Dengan popularitas ini, tak heran jika Oda terpilih sebagai salah satu seniman manga terfavorit di Jepang dalam jajak pendapat yang digelar Oricon pada 2008.

Dua tahun setelahnya, Oda menempati posisi keempat sebagai penerima gelar "Seniman Manga yang Mengubah Sejarah Manga".

(has)