Musisi Pendiri Band Fleetwood Mac, Peter Green Meninggal

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2020 11:50 WIB
Musisi blues rock legendaris Peter Green yang menjadi salah satu pendiri band Fleetwood Mac, meninggal dunia di usia 73. Musisi blues rock legendaris Peter Green yang menjadi salah satu pendiri band Fleetwood Mac, meninggal dunia di usia 73. (AP/Mark Lennihan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi blues rock legendaris Peter Green yang menjadi salah satu pendiri band Fleetwood Mac, meninggal dunia di usia 73. Hal itu dikonfirmasi oleh perwakilannya pada Sabtu (25/7) waktu Amerika Serikat atau Minggu (26/7) waktu Indonesia.

"Ini merupakan kesedihan besar bahwa keluarga Peter Green mengumumkan kematian musisi itu pada akhir pekan ini, damai dalam tidurnya," kata perwakilan pihak keluarga, Swan Turton dalam pernyataannya.

Diberitakan CNN, Turton juga mengatakan bahwa pernyataan lebih detail akan diberikan dalam beberapa hari ke depan.


Gitaris dan penulis lagu asal Inggris tersebut lahir dengan nama asli Peter Allen Greenbaum pada 29 Oktober 1946 dan membentuk band Fleetwood Mac bersama drummer Mick Fleetwood pada 1967.

Pada 1965, Green sempat mengisi band John Mayall & The Bluesbreakers untuk Eric Clapton. Dalam band itu pula, Fleetwood mengisi posisi drum.

Dua tahun kemudian, Green dan Fleetwood meninggalkan band itu untuk membentuk Fleetwood Mac dengan merekrut basis Bluesbreakers, John McVie.

Bersama Fleetwood Mac, Green menciptakan sejumlah hit seperti Albatross, Black Magic Woman, dan Man of the World.

Namun ia kemudian meninggalkan Fleetwood Mac pada 1970 setelah band itu merilis tiga album. Fleetwood Mac kemudian merekrut Stevie Nicks, Christine McVie, Lindsey Buckingham dan lainnya.

[Gambas:Youtube]



Green bersama anggota Fleetwood Mac lainnya masuk dalam the Rock & Roll Hall of Fame pada 1998.

Sementara itu, Mick Fleetwood memberikan penghormatan kepada mendiang dalam sebuah unggahan di Facebook.

"Bagi saya, dan setiap anggota masa lalu dan kini dari Fleetwood Mac, kehilangan Peter Green adalah hal yang luar biasa," katanya.

"Peter adalah orang yang memulai band Fleetwood Mac bersama saya sendiri, John McVie, dan Jeremy Spencer. Tak ada yang pernah masuk ke Fleetwood Mac tanpa rasa hormat kepada Peter Green dan bakatnya, dan atas dasar fakta musik mesti bersinar dan selalu disampaikan dengan hasrat tanpa kompromi!" lanjutnya.

"Peter, saya akan merindukan dirimu, namun tenang musik kau hidup. Saya berterima kasih kepada dirimu meminta saya menjadi drummer dirimu bertahun-tahun lalu. Kita melakukannya dengan baik, dan membuat jalan musik setapak berliku menjadi lebih indah dinikmati orang banyak," katanya.

(end)

[Gambas:Video CNN]