Disclosure Pakai Bahasa Mali di Lagu Kolaborasi Musisi Afrika

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 13:30 WIB
Disclosure menggunakan bahasa Mali dalam Douha (Mali Mali), lagu hasil kolaborasi dengan seniman asal negara Afrika itu, Fatoumata Diawara. Disclosure menggunakan bahasa Mali dalam Douha (Mali Mali), lagu hasil kolaborasi dengan seniman asal negara Afrika itu, Fatoumata Diawara. (Dok. Disclosure via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia --

Disclosure menggunakan bahasa Mali dalam lagu baru bertajuk Douha (Mali Mali) yang merupakan hasil kolaborasi dengan seniman asal negara Afrika tersebut, Fatoumata Diawara.

Untuk melengkapi lagu ini, Disclosure melepas video musik arahan sutradara Mahaneela melalui kanal YouTube resminya pada Rabu (29/7).

"Mali Mali, Malidenw ka duwawu kè tunkanadenw ye Mali Mali, Mali nyènafin b'anw na yan," lantun Diawara di awal lagu.


Dalam terjemahan Inggris resmi di keterangan video tersebut, lirik itu diartikan, "Mali Mali, Malians in Mali should send their blessings to those living abroad. Mali Mali, we miss Mali so much!"

Di video itu, Diawara dan sejumlah penari lainnya terlihat menari di berbagai belahan dunia, seperti New York, Italia, dan Afrika Selatan, sembari memamerkan keindahan alam dan lanskap di sekitar mereka.

Video tersebut direkam kala pandemi Covid-19 sudah melanda dunia. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang prima, tim produksi menggunakan kamera dengan pesawat nirawak.

"Sekarang ini, di seluruh penjuru dunia, kita semua melalui waktu yang sulit. Saya ingin membuat sesuatu yang indah tak hanya secara visual, tapi juga ada simbol akan apa yang sedang kita lalui," ujar Mahaneela dalam pernyataan yang dikutip Rolling Stone.

Pernyataan itu berlanjut, "Orang merasa lebih terisolasi dari sebelumnya dan saya ingin menciptakan sesuatu yang membawa kegembiraan dan benar-benar menunjukkan kekuatan musik dan gerakan serta keterhubungan yang dibawanya."

[Gambas:Youtube]

Lagu Douha (Mali Mali) sendiri akan menjadi bagian dari album baru Disclosure berjudul Energy yang bakal dilepas ke pasaran melalui Capitol Records pada 28 Agustus mendatang.

Selain Diawara, album ini juga akan menampilkan kolaborasi dengan beberapa musisi lain, seperti Animé, Slowthai, Common, Kehlani, Kelis, Syd, dan Mick Jenkins.

Energy akan menjadi album ketiga duo asal Inggris ini setelah Settle (2013) dan Caracal (2015). Sejak debut pada 2010, Disclosure juga sudah merilis sejumlah EP, seperti Moog for Love (2016), Moonlight (2018), dan Ecstasy (2020).

(has/has)