On Your Wedding Day dan 6 Film Korea Romantis

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 11:31 WIB
Kisah romansa yang dibangun dalam film Korea selalu menyentuh hati namun tetap terkesan natural. Berikut 7 film Korea romantis sepanjang masa. Kisah romansa yang dibangun dalam film Korea selalu menyentuh hati namun tetap terkesan natural. Berikut 7 film Korea romantis sepanjang masa. (Foto: dok. Filmmaker R & K)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menonton tayangan romansa dengan alur cerita menarik memang kerap membuat 'baper'. Terlebih, kehadiran sinema Korea Selatan seakan tak habis akal memproduksi film Korea romantis yang membuat penontonnya susah move-on.

Berikut CNNIndonesia.com merangkum tujuh film Korea romantis yang mungkin saja dapat menginspirasi Anda dan pasangan untuk saling menghargai dan menjalani hubungan lebih baik, tentunya lewat pesan dari film ini.


1. On Your Wedding Day (2018)

On Your Wedding Daydok. Filmmaker R & KOn Your Wedding Day adalah film Korea romantis yang ditinggal menikah gadis pujaannya bertahun-tahun (dok. Filmmaker R & K)

Film Korea romantis ini menampilkan pahit manis hubungan sepasang anak muda ketika SMA yang bermula dari pertemuan Woo yeon (Kim Young kwang) dengan anak baru, Seung Hee (Park Bo young).

Woo yeon langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pada Seung hee. Namun, Seung hee tak tertarik berpacaran. Namun, demi menghindari murid laki-laki lain, Seung hee dan Woo yeon berpura-pura berpacaran.

Hubungan palsu tersebut perlahan bertumbuh menjadi rasa kasih yang sesungguhnya.

2. Be With You (2018)

Film 'Be With You'. (dok. Lotte Entertainment)Be With You adalah film Korea romantis yang mengisahkan sepasang suami istri harus berpisah karena kematian sang istri. (dok. Lotte Entertainment)

Film Korea yang satu ini mengusung tema keluarga kecil di tengah kesederhanaan hidup yang mereka miliki. Dalam 132 menit tayangan, penonton akan dimanjakan dengan tone warna film yang sengaja dibuat sendu.

Selain itu, film Korea yang satu ini merupakan garapan remake dari film Jepang tahun 2004 silam dengan tajuk yang sama, dan diadaptasi dari novel karya Takuji Ichikawa.

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang suami bernama Woo Jin (So Ji Sub), dan anak lelakinya Ji Hoo (Kim Ji Hwan) yang berumur tujuh tahun, pasca ditinggal ibunya yang menderita sakit keras.

Ji Hoo meyakini bahwa suatu saat Ibunya Young Soo Ah (Son Ye Jin), akan kembali dari negeri awan ketika hari pertama hujan turun, hal itu ia dapatkan dari cerita yang sering dibacakan Ibunya semasa masih hidup.

Suatu hari di hujan hari pertama dan berlatar tempat lorong kereta api tak terpakai, Ji Hoo dan Woo Jin melihat perempuan tergeletak, yang tak lain tak bukan adalah Soo Ah. 

3. A Werewolf Boy (2012)

A Werewolf Boydok. CJ EntertainmentA Werewolf Boy adalah salah satu film Korea romantis yang menceritakan kisah cinta antara manusia dan manusia setengah serigala (dok. CJ Entertainment)

Film romantis Korea yang satu ini mengusung tema kisah percintaan manusia serigala dengan manusia biasa. Film ini menceritakan tentang Soon Yi (Park Bo Young) gadis pendiam dan introvert, tak sengaja memergoki manusia serigala bernama Chul Soo (Song Joong Ki).

Awalnya Soon Yi merasa takut dan jijik dengan sikap Chul Soo, namun lama-lama ia mampu membuat Chul Soo sedikit jinak. Kedekatan itu juga pada akhirnya menimbulkan perasaan lain di hati mereka. Suatu hari, Chul Soo bertemu dengan Soon Yi (Park Bo Young) hingga benih-benih cinta di antara keduanya timbul.

4. Always/Only You (2011)

[Gambas:Youtube]

Film romantis yang satu ini sempat menjadi opening di acara Busan International Film Festival 2011. Film ini mengisahkan tentang percintaan gadis buta dan seorang petinju.

Cheol Min (Ji Seob So) merupakan seorang mantan petinju yang memutuskan untuk bekerja sebagai penjaga pintu parkir. Suatu hari, Cheol Min bertemu dengan seorang perempuan buta bernama Jeong Hwa (Han Hyo Joo) yang kerap menonton tayang TV bersama di ruangan kecil tempatnya bekerja.

Kedekatan mereka membawa mereka sama-sama memiliki perasaan cinta dan memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih. Namun, suatu hari Cheol Min menemukan sebuah fakta yang menjadi benang merah alasan Jeong Hwa buta.

5. A Moment To Remember (2004)

[Gambas:Youtube]

Film Korea romantis yang satu ini disebut-sebut sangat mengharu biru, sebab membawakan plot cerita yang mengesankan sekaligus menyedihkan. Film yang diadaptasi dari drama televisi Jepang berjudul Pure Soul ini mengisahkan tentang hubungan Kim Su Jin (Son Ye Jin) dan Choi Cheol Su (Jung Woo Sung).

Pertemuan mereka awalnya sangat menarik di sebuah mini market, pertemuan itu membawa Cheol Suu yang tak percaya tentang cinta, akhirnya lulu dan menyerahkan perasaannya kepada Su Jin.

Kehidupan pernikahan mereka sungguh romantis dan indah, sampai suatu hari Su Jin menemukan kenyataan bahwa dia mengidap alzheimer. Akibatnya ia bahkan lupa jalan pulang ke rumahnya.

Su Jin sengaja menutupi penyakitnya agar Cheol Su tak sedih, namun pada akhirnya Cheol Su mengetahuinya. Usai suaminya tahu, Su Jin sengaja pergi dari kehidupan Cheol Su dengan meninggalkan sebuah surat perpisahan.

6. My Sassy Girl (2001)

[Gambas:Youtube]

My Sassy Girl menjadi salah satu film romantis Korea terbaik sepanjang masa. Jalan cerita yang klasik dan ringan membuatnya masuk daftar film terlaris sepanjang sejarah di Korea Selatan.

My Sassy Girl menceritakan Gyeon woo (Cha Tae Hyun), mahasiswa yang kerap menggoda perempuan dan menghabiskan waktu luang untuk berpesta. Pada suatu ketika, ia bertemu dengan perempuan cantik (Jun Ji Hyun) yang muntah ke laki-laki lebih tua akibat terlalu mabuk.

Setelah muntah, perempuan tersebut bersandar pada Gyeon woo dan membuat orang-orang mengira Gyeon woo merupakan kekasih perempuan tersebut. Hal itu membuat Gyeon woo membantu perempuan itu dan menjalin hubungan dengannya.

7. The Classic (2003)

[Gambas:Youtube]

Film ini menceritakan kisah cinta paralel seorang ibu dan anak perempuannya. Diceritakan Ji-Hye yang hidup sendirian menemukan sebuah kotak rahasia tempat ibunya menyimpan memori kisah cinta pertamanya beberapa dekade yang lalu.

Sementara di masa sekarang, Ji-Hye (Son Ye-Jin) dan Soo-Kyoung (Lee Tae-Kyung) merupakan teman dekat di universitas yang sama dan masalahnya, kedua gadis ini menyukai Sang-Min (Jo In-Sung) yang ada di klub drama mereka.

Soo-Kyoung meminta Ji-Hye untuk membantunya menulis surat cinta kepada Sang-Min. Ji-Hye mencurahkan perasaannya sendiri untuknya di atas kertas, tetapi atas nama temannya.

Tersentuh oleh surat itu, Sang-Min rupanya tertarik pada Soo-Kyoung, sementara Ji-Hae semakin merasa bersalah dan mencoba menghindari Sang-Min. Namun karena kebetulan atau takdir, Sang-Min terus mendekat pada Ji-Hye.


Nah, 7 film Korea romantis yang telah diulas tersebut tentunya mampu dilahap dalam sehari saja, kan? Oleh sebab itu, sisihkan waktu dengan baik, kalau perlu sediakan tisu di sampingmu, sebab beberapa di antaranya benar-benar 'mengandung bawang'.

(khr/bac)

[Gambas:Video CNN]