Rekomendasi Film Barat Romantis yang Bisa Menguras Emosi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 06:06 WIB
Genre percintaan punya ruang tersendiri bagi para penikmat film. Berikut film barat romantis yang bisa membuat penonton percaya pada cinta sejati. Genre percintaan punya ruang tersendiri bagi para penikmat film. Berikut film barat romantis yang bisa membuat penonton percaya pada cinta sejati. (Foto: Spyglass Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak bisa dimungkiri, film-film Hollywood atau dunia belahan barat kerap diproduksi dengan baik, sampai-sampai jadi referensi bagi sineas di kawasan lainnya. Salah satu yang paling banyak dicari adalah film barat romantis.

Genre yang satu itu memang bisa dibilang punya ruang tersendiri bagi para penikmat film. Dalam satu tahun, film dengan genre percintaan sering menyabet banyak penghargaan, baik secara kolektif maupun para aktornya.

CNNIndonesia.com memberikan 6 rekomendasi film barat romantis sepanjang masa yang bisa membuat penontonnya percaya pada cinta sejati.


1. The Vow (2012)

[Gambas:Youtube]

The Vow adalah film Hollywood romantis yang terinspirasi kisah nyata Kim dan Krickitt Carpenter.

Film ini menceritakan pasangan pengantin baru, Paige (Rachel McAdams) dan Leo (Channing Tatum). Namun kebahagiaan sekejap sirna usai mereka mengalami kecelakaan mobil yang membuat Paige koma.

Ketika Paige bangun, dia mengalami lupa ingatan parah dan kehilangan semua kenangan 5 tahun terakhirnya. Paige bahkan tak mengenal Leo. Kejadian ini malah membangkitkan perasaan lama pada mantan tunangannya, Jeremy.

Paige yang semula punya hubungan rumit dengan kedua orang tuanya, seketika lupa dan memutuskan kembali kepada ayah-ibunya akibat amnesia itu. Karena merasa asing dengan Leo, ia kemudian memutuskan berpisah dari suaminya secara sepihak.

Terlepas dari hambatan yang sulit ini, Leo bertekad untuk mengembalikan hubungan dan membangun kembali pernikahan mereka. Leo mencari dan mengumpulkan seluruh bukti pernikahan dan hal-hal yang menunjukkan bahwa mereka saling mencintai.

2. La La Land (2016)

Film La La LandFoto: Screenshoot via Youtube/Lionsgate Movies
La La Land merupakan film barat romantis yang diproduksi pada 2016.

La La Land merupakan film romantis Hollywood yang berkisah soal gadis bernama Mia (Emma Stones) yang terobsesi menjadi aktris hebat dan populer. Dia sering ikut audisi, tapi selalu gagal.

Satu waktu, dia bertemu dengan Sebastian (Ryan Gosling) yang bekerja di salah satu kafe. Sebastian merupakan pianis yang begitu menggilai genre jazz tradisional. Dia kerap dianggap kuno oleh manajer restoran tempatnya bekerja.

Sang manajer kemudian meminta dia beradaptasi dengan kenyataan bahwa jazz tradisional sudah tidak laku. Dia mencoba menuruti bosnya agar tidak dipecat.

Mia dan Sebastian menjadi sering bertemu. Seiring waktu, mereka saling menaruh hati.

Mereka memutuskan untuk berpacaran dan mulai saling dukung demi meraih cita-cita masing-masing. Namun suatu hari, mereka terlibat pertengkaran hebat yang mengubah jalan cerita dari ceria menjadi kelabu.

Drama-drama percintaan mereka berdua dapat penonton nikmati dengan balutan-balutan musik serta aksi tari dari para aktor di film.


3. The Notebook (2004)

[Gambas:Youtube]

The Notebook disebut-sebut sebagai film barat yang paling romantis. Beberapa pengamat film menyatakan penggemar film dengan genre romantis wajib menonton The Notebook.

Film dibuka dengan adegan Noah tua (Ryan Gosling) yang tengah mengayuh perahu di danau. Allie (Rachel McAddam) memandanginya dari kejauhan.

Noah sering mengajak Allie melakukan hal-hal yang menurut Allie gila. Namun, kegilaan itulah yang membuat Allie jatuh hati.

Allie adalah seorang anak yang kerap dikekang oleh orang tuanya. Perkenalan dengan Noah membuat hidupnya banyak berubah. Dia mulai berani menentang kedua orang tuanya yang protektif.

Singkat cerita, sang orang tua tahu bahwa perubahan itu terjadi karena Noah. Mereka mulai menentang hubungan Allie dan Noah. Terlebih lagi setelah mengetahui bahwa Noah adalah orang miskin.

Film ini diangkat dari kisah nyata dan diadaptasi dari novel karya Nicholas Spark. Dalam pengakuannya, Nicholas mengatakan bahwa dia membuat cerita dalam novel setelah bertemu dengan seorang kakek.

4. Five Feet Apart (2019)

[Gambas:Youtube]

Five Feet Apart merupakan film barat romantis remaja tentang dua pasien pengidap penyakit cystic fibrosis yang saling jatuh cinta. Mereka adalah Stella Grant (Haley Lu Richardson), gadis berusia 17 tahun yang senang bermain media sosial, dan Will Newman (Cole Sprouse).

Mereka sering bertemu, tapi tidak bisa saling dekat karena pengidap penyakit tersebut tidak boleh berdekatan. Jika melanggar, penyakit yang mereka derita bisa lebih parah.

Stella punya sifat yang periang dan optimistis, sedangkan Will melankolis. Namun karena cinta yang sudah tertanam, keduanya menjadi akrab dan mulai coba melanggar aturan-aturan yang ada.

Film ini diangkat dari kisah nyata. Film garapan Justin Baldoni ini dianggap berhasil memberi dukungan secara emosional kepada para pasien dengan penyakit serupa.


5. Me Before You (2016)

[Gambas:Youtube]

Me Before You merupakan film romantis yang diadaptasi dari novel karya Jojo Moyes pada 2012 berjudul sama. Selain film yang bisa membuat baper, mata penonton juga akan dimanjakan dengan latar film yang sangat indah. Film ini mengambil latar berbagai tempat bersejarah, termasuk Kastil Pembroke di Wales dan Rumah Chenies Manor di Buckinghamshire, Inggris.

Film ini menceritakan tentang bankir sukses dan pria aktif bernama William Traynor yang lumpuh dari leher ke bawah akibat kecelakaan saat hendak ke kantor. Kondisi itu membuatnya tertekan dan harus hidup dengan kursi roda.

Dua tahun kemudian, datang gadis dari desa yang dipekerjakan orang tuanya untuk merawat Will, Louisa Clark. Kendati tidak punya pengalaman, ibu Will percaya kepribadiannya yang ceria dapat membantu memulihkan semangat anaknya.

Meski Will terus bersikap dingin, Lou gigih merawat dan menemaninya sampai mereka berdua menjadi teman dekat dan kemudian saling mencintai.

Namun, Will yang juga mengidap pneumonia harus meninggal tak lama setelah itu. Will meninggalkan warisan yang cukup besar untuk Louisa agar bisa melanjutkan pendidikan dan untuk kehidupan selanjutnya.

6. A Star is Born (2018)

Film 'A Star Is Born'Foto: Dok. Warner Bros Pictures via imdb.com
A Star Is Born yang dibintangi Lady Gaga ini menjadi film barat romantis yang berhasil menyabet banyak prestasi

Film A Star Is Born mengisahkan mimpi klasik ala Hollywood dengan naskah yang sudah diadaptasi berkali-kali. Kisahnya tetap memikat dan bahkan masih mampu menggugah emosi penonton.

Intinya, film ini bercerita soal seorang perempuan biasa dengan talenta besar yang 'secara kebetulan' bertemu dengan pesohor pria yang memiliki masalah kecanduan dan berada di ujung kariernya.

Pria itu terpikat dengan si perempuan yang berasal dari rakyat jelata, tapi bermimpi bisa menaklukkan Hollywood. Seiring waktu, si pria terus mendorong perempuan pujaannya menjadi seorang bintang. Namun, kisah cinta mereka berbalut cerita nahas.

Kisahnya berawal saat pemeran Jackson (Bradley Cooper) tak sengaja bertemu dengan Ally (Lady Gaga), di sebuah bar waria, di tengah kehidupannya yang tenar, tapi membosankan.

Film barat romantis yang satu ini sudah meraih beberapa prestasi, seperti Satelite Award untuk sinematografi terbaik dan Satellite Award untuk Best Motion Picture, Comedy or Musical.

(ndn/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK