6 Film Horor Barat Terseram, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 00:25 WIB
Hollywood jago memproduksi film horor, baik itu terdapat makhluk gaib atau tidak di dalamnya. Berikut film horor barat terseram yang buat bulu kuduk merinding. Hollywood jago memproduksi film horor, baik itu terdapat makhluk gaib atau tidak di dalamnya. Berikut film horor barat terseram yang buat bulu kuduk merinding. (Foto: Dok. Warner Bros Picture)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak bisa dimungkiri Hollywood mampu memproduksi  film horor barat dengan menciptakan ketakutan yang amat ngeri. Bahkan orang di belahan dunia mana pun yang menontonnya turut merasakan ketakutan yang sama meski tidak familiar dengan hantu, setan, atau bentuk makhluk lain serupa dalam film.

Menilik dari britannica.com, cerita horor barat kerap diasosiasikan dengan makhluk supranatural, seperti hantu, penyihir, vampir, atau tak kasat mata lainnya.

Aspek pendukung film horor yang tak kalah penting adalah jumpscare. Jumpscare adalah sebuah efek kejut kepada penonton dapat berupa perubahan sinematografi maupun efek suara yang muncul seketika.


Berikut rekomendasi 6 film horor barat terseram yang bakal membuat Anda tak bisa tidur semalaman.

1. The Conjuring (2013)

Lorraine Warren (Vera Farmiga) saat menghadapi setan yang memakai pakaian suster Gereja dalam kamar tidur Janet Hodgson (Madison Wolfe). Ia terpental ke tembok saat melawan setan itu.Foto: Dok. Warner Bros Picture
Lorraine Warren (Vera Farmiga) saat menghadapi setan yang memakai pakaian suster Gereja dalam kamar tidur Janet Hodgson (Madison Wolfe). Ia terpental ke tembok saat melawan setan itu.

Film ini menjadi awal kisah universe The Conjuring dan disebut-sebut berdasarkan kisah nyata. Kisahnya mengamil latar waktu 1971, saat itu ada sepasang suami isteri yang pindah ke sebuah rumah pertanian tua di Harrisvile. Mereka membawa serta kelima anaknya.

Keanehan-keanehan kerap muncul setibanya mereka di sana. Mulai dari anjing yang mati hingga salah satu anaknya mengalami memar-memar di sekujur tubuh. Keluarga itu pun kemudian minta tolong ke pasangan para normal untuk mengecek hal-hal aneh yang kerap terjadi.

2. Creep (2015)

[Gambas:Youtube]

Kisah film Creep berawal saat Aaron yang menerima pekerjaan mendokumentasikan keseharian Josef. Josef berujar bahwa dirinya tengah menderita penyakit tumor otak dan akan meninggal dalam beberapa bulan.

Josef tinggal pada sebuah pondok di kota terpencil dan ke sana lah Aaron pergi. Awalnya Josef terlihat begitu tulus dengan projek tersebut sehingga tidak ada kecurigaan yang muncul dari Aaron.

Hingga satu waktu ada kejadian aneh dan terus berlanjut. Josef pun mulai menerka-nerka siapa Josef dan mulai membuat pikirannya melanglang buana terkait siapa Josef.

Film ini adalah tipikal film dengan jalan cerita yang lambat, butuh kesabaran dari Anda untuk mendapatkan keseruannya.

3. We Are Still Here (2015)

[Gambas:Youtube]

Sepasang suami-istri, Anne dan Paul Sacheti pada 1979 memutuskan untuk pindah ke rumah baru di daerah pedesaan New England setelah kematian putra mereka dalam kecelakaan mobil.

Paul berharap kepindahan itu menjadi terapi bagi Anne yang masih terpukul dengan kematian sang anak. Sebab sejak kejadian itu, Anne depresi berat. Namun bukannya kesembuhan yang didapat, justru sebaliknya.

Setiba mereka di rumah baru itu Anne malah langsung mengatakan bahwa sang anak yang telah meninggal ada bersama dengan mereka.

4. Get Out (2017)

Film Get OutFoto: Dok. Universal Studios
Get Out merupakan film horor barat seram yang diproduksi pada 2017.

Berbeda dengan film horor barat pada umumnya yang kerap mengandalkan jumpscare, Get Out disebut-sebut mendapat pujian sebab berhasil membuat suasana seram dengan jumpscare yang minimal.

Kisahnya bermula saat seorang fotografer kulit hitam Chris Washington memiliki kekasih wanita berkulit putih bernama Rose Armitage. Mereka sudah menjalin kasih selama lima bulan dan mulanya hubungan tersebut baik-baik saja.

Satu waktu, Rose mengajak prianya untuk berkunjung ke rumah orang tuanya di kawasan terpencil. Sempat gusar, namun singkat cerita Chris akhirnya memenuhi keinginan kekasihnya.

Kunjungan sang pria ke rumah calon mertuanya itu ternyata tidak pernah dia bayangkan. Dia mulai mengalami hal-hal yang membingungkan.

5. Hereditary (2018)

[Gambas:Youtube]

Film horor Hollywood berjudul Hereditary ini bercerita mengenai seorang perempuan tertutup dengan banyak rahasia yang mendapat terror selepas ibunya meninggal dunia. Dia hidup dengan suami dan dua anaknya.

Anak pertama dikisahkan ingin sekali mendapatkan kebebasan di luar rumah, sementara anak keduanya adalah anak yang memiliki kepribadian unik dan berbeda dari anak-anak seusianya. Rumah tangga sang perempuan ini diuji banyak teror setiap hari.

Perempuan itu pun mulai mencari tahu sebab teror itu, dan menemukan ada misteri keluarga yang disebut sebagai "warisan" yang didatangkan dari keluarganya di masa lalu. Sayang, semakin jauh dia berusaha mengungkap misteri, bahaya yang datang semakin besar.

6. US

[Gambas:Youtube]

Film US bercerita tentang sepasang suami istri yang membawa kedua anak mereka ke rumahnya yang berada di pesisir pantai. Tujuan awalnya adalah untuk bersenang-senang, namun ketika malam hal itu berubah.

Sekumpulan orang dengan wajah serupa dengan seluruh anggota keluarga tiba-tiba berada di pekarangan rumah yang mereka tempati malam itu.

Singkat cerita, bahkan orang berwajah sama itu terus berdatangan dan menghantui warga lain di kota yang tengah mereka diami.

Teror dalam film US ini berkaitan dengan trauma yang dialami seorang perempuan. Sang tokoh utama ketika dia masih kecil, tepatnya sekitar tahun 1986. Hingga kemudian dia menceritakan kejadian itu kepada suaminya.

Film horor barat yang satu ini adalah garapan dari seorang sutradara yang sudah diakui kegeniusannya, Jordan Peele yang juga penggarap film Get Out.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]