8 Film yang Diangkat dari Kisah Nyata dan Inspiratif

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 05:52 WIB
Berikut film yang diangkat dari kisah nyata dan menginspirasi, bahkan beberapa judul ini berhasil memenangkan penghargaan bergengsi. Berikut film yang diangkat dari kisah nyata dan menginspirasi, bahkan beberapa judul ini berhasil memenangkan penghargaan bergengsi. (Foto: dok. 20th Century Fox)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pembuat film atau sineas seakan tak kehabisan ide untuk membuat film. Tak cuma fiksi yang diadaptasi dari buku dan novel, film yang baik juga seringkali diangkat dari kisah nyata dengan cerita maupun tokoh yang menginspirasi.

Sudah ada puluhan bahkan ratusan film dari berbagai belahan dunia yang diadaptasi dari kisah nyata. Saking apik pengemasan narasi film dan sinematografinya, tidak sedikit juga yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi.

Berikut daftar film yang diangkat dari kisah nyata yang bisa Anda tonton.


1. Beautiful Mind (2001)

[Gambas:Youtube]

Film ini bercerita tentang kejadian nyata yang dialami oleh seorang matematikawan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang brilian bernama John Nash (Russell Crowe). Nash adalah bukti bahwa antara kejeniusan dan kegilaan sangat tipis bedanya.

Satu waktu dia mendapat tugas dari Pentagon untuk memecahkan kode komunikasi Rusia, secara mengagumkan dia pun berhasil memecahkan kode tersebut.

Selanjutnya Departemen Pertahanan Amerika kemudian memasukkan Nash ke sebuah grup yang bekerja untuk memindai surat kabar dan majalah untuk mencari kode-kode rahasia yang terselip di teks.

Namun ternyata itu semua tidaklah nyata karena Nash menderita skizofrenia. Kegilaannya ingin memecahkan kode rahasia hingga memengaruhi kehidupan pribadinya, hubungan dengan keluarga dan teman, dan pekerjaannya.

A Beautiful Mind berhasil mendapat empat Academy Award, yakni untuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best Supporting Actress. Film garapan sutradara Ron Howard ini menghasilkan keuntungan 313 juta dollar Amerika Serikat.

2. Catch Me If You Can (2002)

[Gambas:Youtube]

Catch Me If You Can berkisah tentang Frank W. Abagnale yang dipekerjakan sebagai dokter, pengacara, dan sebagai co-pilot untuk perusahaan maskapai besar - semuanya sebelum mencapai ulang tahunnya yang ke-21.

Bahkan saat masih berusia 17 tahun dia sudah menjadi perampok bank paling sukses dalam sejarah Amerika Serikat. Agen FBI bernama Carl Hanratty pun menjadikan dia target utama buruan.

Akan tetapi Frank selalu satu langkah lebih dulu dari Carl, kecerdasan Frank selalu berhasil membuat Carl tertipu dan tertinggal.

Film ini dirilis perdana di Amerika Serikat pada 25 Desember 2002 dan sukses secara financial. Selain itu disebut-sebut mendapat penilaian bagus dari para kritikus film.

Adapun karakter diperankan oleh aktor kenamaan Leonardo Di Caprio, sementara Carl diperankan oleh Tom Hanks.

3. Dunkirk (2017)

[Gambas:Youtube]

Film Dunkirk diadaptasi dari kisah nyata ini mengambil cerita dari operasi militer untuk menyelamatkan para tentara yang terjebak saat terjadi saat Perang Dunia ke-2. Operasinya dimulai sejak 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

Dalam film, dikisahkan bahwa ada lebih dari 400 ribu tentara Inggris dan Perancis pada saat Perang Dunia ke-2 yang terlantar di Dunkirk. Mereka menantikan keajaiban aksi penyelamatan. Jika tidak mereka semua terancam mati sebab sudah mulai kritis.

Dunkirk akan menawarkan penonton untuk melihat tiga sudut pandang, yakni The Mole (darat), The Sea (laut), dan The Air (udara). Masing-masing memiliki rentang waktu yang berbeda, The Mole 1 minggu kemudian The Sea 1 hari sementara The Air 1 jam.

Sudut pandang darat akan mengisahkan Tommy, seorang tentara Inggris yang bertahan hidup untuk pulang ke rumahnya.

Kemudian dalam sudut pandang laut, ada seorang penduduk lokal bernama Dawson yang mengemudikan kapal bersama anaknya bernama Peter. Dia bertujuan menyelamatkan para tentara.

Sementara itu, dari udara, seorang pilot Royal Air Force bernama Farrier dan Collins berusaha mengalahkan pesawat tempur milik musuh. Dunkirk tidak akan banyak dialog, berfokus pada aksi perang dan perjuangan para tentara untuk menyelamatkan diri dari daerah kepungan.

4. Deepwater Horizon (2016)

[Gambas:Youtube]

Sebuah film besutan Peter Beg dan diproduksi Summit Entertainment ini tayang pada September 2016 di Amerika Serikat.

Kisah Deepwater Horizon berawal dari seorang kepala teknisi, Mike Wiliams (Mark Wahlberg) yang harus kembali bekerja ke pengeboran minyak lepas pantai Deepwater Horizon.

Sayangnya, pengeboran itu mengalami keterlambatan 43 hari dari jadwal pengangkutan minyak. Singkat cerita tetap dijalankan pengeboran minyak.

Awalnya tak terjadi masalah, akan tetapi setelah Mike Williams mencoba mendorong pengeboran minyak tersebut, barulah terjadi masalah sedikit demi sedikit hingga gagal. Dari kegagalan inilah yang memicu terjadinya ledakan dahsyat dan menewaskan banyak pekerja.

Film ini berdasarkan kisah nyata yang serupa terjadi pada 20 April 2010. Setelah terbakar kapal tersebut tenggelam ke dalam lautan.

5. Sully: Miracle on the Hudson (2016)

Former airline captain, Chesley Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP
Film Sully diangkat dari kisah nyata pilot Chesley "Sully" Sullenberger yang secara darutrat mendaratkan pesawat dengan ratusan penumpang di sungai.

Sully adalah film yang berdasarkan otobiografi tentang pendaratan darurat yang Chesley 'Sully' Sullenberger pada Januari 2009 di US Airways Flight 1549 di Sungai Hudson. Aksi penyelamatan itu membuat 155 penumpang dan awak selamat, kendati sebagian besar mengalami luka ringan.

Pada tanggal 15 Januari 2009, pilot US Airways Kapten Sully dan Perwira Pertama Jeff Skiles terbang dari Bandara LaGuardia ke Bandara Internasional Charlotte Douglas.

Tiga menit setelah penerbangan, pada ketinggian perkiraan 2.800 kaki (850 m), pesawatnya diserang sekawanan burung hingga mematikan kedua mesin.

Tanpa tenaga mesin, Sully memperkirakan seluruh penumpang pesawat pun bahkan tidak mungkin mencapai bandara terdekat (Bandara Teterboro). Akhirnya Sully memutuskan mendaratkan pesawat di Sungai Hudson.

Kendati tak ada korban jiwa dan aksinya dipuji sebagai pahlawan, tetapi insiden itu justru memaksanya menghadapi penyelidikan yang bisa mengancam karier dan reputasinya. Sebab Dewan Keselamatan Transportasi Nasional bersikukuh pesawat tetap dapat mendarat dengan selamat di salah satu bandara tanpa mesin tanpa harus mendarat darurat di sungai.

6. Hachi: A Dog's Tale (2009)

[Gambas:Youtube]

Hachi: A Dog's Tale adalah film drama pada 2009 yang diadaptasi dari film Jepang tahun 1987 Hachikō Monogatari. Film aslinya menceritakan kisah nyata tentang anjing Akita bernama Hachiko yang tinggal di Jepang pada 1920-an.

Cerita diawali saat seorang profesor musik Parker Wilson yang menemukan anak anjing di peron stasiun di Bedridge. Ia memutuskan untuk membawanya pulang.

Saking dekatnya, setiap hari Hachi mengantar dan menunggu Parker setiap berangkat dan pulang kantor pada pukul 5 sore di stasiun yang sama. Hal itu berlangsung hingga anjing Hachi tumbuh besar. 

Suatu saat, Parker yang tengah mengajar di kelas mengalami stroke fatal dan meninggal dunia. Di tempat lain, Hachi yang tak tahu tetap setia menunggu tuannya datang di tempat yang sama. Hingga pukul 21.30, kerabat Parker datang menjemput Hachi pulang ke rumah.

Namun Hachi kembali lagi ke stasiun terus menunggu selama lebih dari sembilan tahun setelah kematian Parker.

7. The Professor and the Madman (2019)

[Gambas:Youtube]

Bagi penyuka film serius dan bernuansa sejarah, The Professor and the Madman menjadi rekomendasi tontonan yang jauh dari rasa membosankan.

The Professor and the Madman diadaptasi dari buku berjudul The Surgeon of Crowthorne pada 1998 yang menceritakan kehidupan Profesor Sir James Murray (dibintangi Mel Gibson).

Sir Murray yang merupakan editor dan leksikografer (penyusun kata) untuk Kamus Inggris Oxford pertama kali pada pertengahan abad ke-19.

Murray yang berjuang menyusun volume demi volume Kamus Oxford, ia mendapatkan bantuan dari seorang ahli bedah Amerika bernama dr. William Chester Minor (Sean Penn) yang menyumbang lebih dari 10.000 entri.

Keduanya digambarkan sebagai 'orang gila' yang jenius dan terobsesi untuk mencetak sejarah penulisan Kamus Oxford.

Ini merupakan proyek paling ambisius dan revolusioner pada saat itu sepanjang sejarah. Betapa tidak, Profesor Murray menyadari dia dan timnya membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk menyusun semua definisi dari kata-kata yang diketahui. Namun, hebatnya kamus dapat disusun hanya dalam beberapa dekade.

Pada bagian terakhir film terungkap ternyata dr. Minor adalah seorang terpidana pembunuh dan ditahan di rumah sakit jiwa untuk kasus kriminal yang gila.

8. Bohemian Rhapsody (2018)

[Gambas:Youtube]

Film drama biography ini mengangkat kisah mendiang Freddie Mercury yang sukses bersama band rock alternatifnya, Queen.

Kisah panjang Queen selama 15 tahun dibuat menjadi 2 jam 13 menit. Kendati begitu, sang sutradara masih berhasil menampilkan kisah-kisah monumental yang telah dilalui band dengan empat personel ini.

Kisah berawal saat Freddie berkunjung ke sebuah bar, di sana dia melihat penampilan sebuah band Smile. Satu waktu vokalis band tersebut memutuskan untuk keluar, singkat cerita Freddie pun menawarkan diri untuk menjadi vokalis band itu.

Perjalanan pun dimulai, Freddie yang memang punya karakter gila kerap membuat lagu untuk band tersebut hingga akhirnya terkenal.

Selain kisah Queen, penonton juga akan mendapatkan tontonan dari kisah percintaan Freddie dengan seorang wanita yang berujung pahit. Namun dia malah menemukan kekasih baru di akhir film.

Film diangkat dari kisah nyata ini akan menampilkan satu konser terakhir Freddie sebelum jatuh sakit karena HIV Aids dan menariknya konser tersebut adalah untuk mengumpulkan dana bantuan untuk para penyintas penyakit itu.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]