JYP Ungkap Permasalahan kala Bersahabat dengan Bang Si-hyuk

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 10:10 WIB
Musisi Park Jin-young mengenang persahabatan dan berbagai masalah ketika bersama dengan CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk, di masa awal JYP Entertainment. Musisi Park Jin-young mengenang kebersamaan dan berbagai masalah ketika bersama dengan CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk, di masa awal JYP Entertainment. (Dok. JYP Entertainment via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Park Jin-young (JY Park) mengenang persahabatan serta berbagai masalah ketika bersama-sama dengan CEO Big Hit Entertainment, Bang Si-hyuk, di awal masa pembangunan JYP Entertainment.

JYP mengungkap bahwa mereka bertemu pada 1990-an. Kala itu, Bang Si-hyuk bergabung dengan menjadi produser saat JY Park membentuk JYP Entertainment.

Keduanya membuat banyak musik, seperti Bad Guy (Rain), Friday Night (g.o.d), Like Being Shot by a Bullet serta My Ear's Candy (Baek Ji-young), serta Never Let You Go (2AM).


Di awal-awal berdiri, JYP Entertainment hanya memiliki tiga karyawan, yakni JY Park, Bang Si-hyuk, serta satu akuntan. Karena itu, JY Park dan Bang Si-hyuk sendiri yang berangkat ke Amerika Serikat untuk mempromosikan Wonder Girls pada 2009.

"Kami di AS saat itu dan sama sekali tidak memiliki uang. Kami berbagi ruangan di rumah rekan saya. Selama satu tahun, kami bahkan tidak bisa menjual satu lagu. Kami berdua gelisah tinggal di rumah orang lain, jadi sering bertengkar karena hal-hal kecil," tutur JY Park dalam acara Radio Star bersama Sunmi eks Wonder Girls, Rabu (12/8).

Saat-saat itu, kata JY Park, banyak hal kecil yang memicu perselisihan di antara mereka, salah satunya adalah cucian baju kotor. Bang Si-hyuk menjadi orang yang bertanggung jawab atas cucian ketika sedang di AS.

"Dia selalu memberi tahu supaya saya jangan membiarkan kaus kaki terbalik. Namun, saya selalu lupa dan akhirnya karena sama-sama lelah, suatu hari kami meledak. Ini sekitar 2003-2004," ungkap musisi yang baru merilis lagu When We Disco tersebut seperti dilansir Xports News via Naver

Tak lama setelah itu, tepatnya pada 2005, Bang Si-hyuk memutuskan keluar dari JYP Entertainment dan mendirikan Big Hit Entertainment.

Meski berpisah, persahabatan mereka tetap berjalan, terbukti dengan JYP mempercayakan manajemen 2AM kepada Big Hit Entertainment pada 2010. Hingga akhirnya, 2AM keluar dari Big Hit pada 2014.

[Gambas:Youtube]

Bang Si-hyuk juga mengungkapkan rasa terima kasih dan hormatnya kepada JY Park melalui pidatonya saat menerima penghargaan Asia Artist Awards 2016.

Ini bukan kali pertama JY Park mengenang kebersamaannya dengan Bang Si-hyuk. Dalam konferensi bisnis tahun lalu, JY Park juga mengungkapkan perbedaan mereka dalam memproduksi musik yang sudah terlihat sejak kuliah.

"Si-hyuk lulus dengan IPK 4, sedangkan saya lulus dengan IPK 1,9. Kamu bisa melihat perbedaannya dari situ," kata JY Park.

"Si-hyuk tipe yang akan terus menerus dan secara berhati-hati fokus pada satu hal. Sementara itu, saya akan bergerak jika tidak mendapat inspirasi. Kalau tidak menemukan yang menarik, saya akan pergi."

Perbedaan tersebut jelas terlihat dari total artis yang berada di bawah kedua agensi tersebut dalam satu dekade terakhir.

JYP Entertainment memiliki lebih dari lima grup, seperti GOT7, DAY6, TWICE, Stray Kids, dan ITZY. Sementara itu, Big Hit Entertainment fokus membesarkan BTS hingga akhirnya baru membuat TXT yang debut pada 2019.

(chri/has)