The Prison dan Film Gangster Korea yang Menegangkan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2020 05:00 WIB
Selain menyajikan laga yang membuat deg-degan, film mafia memiliki plot menarik dan cerdas. Berikut 5 film gangster Korea yang menegangkan. Selain menyajikan laga yang membuat deg-degan, film mafia memiliki plot menarik dan cerdas. Berikut 5 film gangster Korea yang menegangkan. (Film The Prison, Foto: Dok. Pan Media & Entertainment via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Industri hiburan Korea Selatan cukup sering memproduksi crime-action yang banyak dijumpai di film gangster Korea. Tema besar film yang dibalut aksi mafia atau gangster tentu memacu adrenalin penonton.

Selain menyajikan laga yang membuat deg-degan, film yang mengusung tema mafia memiliki plot menarik dan cerdas. Beberapa penyelesaian kasus mampu membuat penonton seakan tak percaya.

CNNIndonesia.com merangkum lima rekomendasi film gangster Korea yang dapat dijadikan referensi tontonan di akhir pekan.


1. A Dirty Carnival (2006)

[Gambas:Youtube]

Film ini mengisahkan kelompok gangster kenamaan di Kota, Rotary. Dipimpin oleh ketua Sang Chul (Yoon Je Moon), Rotary menjalankan bisnis mafia pada umumnya, jasa rentenir dan kasino.

Kim Byung Doo (Jo In Sung) berniat bergabung dengan Rotary karena ingin memiliki nafkah yang cukup guna menyembuhkan ibunya yang sakit. Karena postur tubuh bagus mampu bertarung dan sangat ulet, Bung Doo diterima oleh Sang Chul.

Byung Doo berhasil membunuh seseorang atas permintaan klien yang merupakan Bos Sang Chul, Myung Geun (Chun Ho Jin). Namun, Sang Chul menilai Byung Doo sangat gegabah dan dapat mengancam keberadaan Rotary. Ia pun ingin segera menghabisi Byung Doo.

Namun, Byung Doo telah mencium rencana itu. Ia langsung membunuh Sang Chul dalam sebuah pesta pernikahan. Konspirasi saling bunuh dalam satu geng langsung muncul dan membuat keselamatan Byung Doo terancam.

Film garapan Yoo Ha ini juga menyajikan sedikit romansa. Byung Doo mencintai teman kecilnya, Kang Hyun Joo (Lee Bo-Young). Namun, dengan status mafianya, ia tak mungkin membiarkan Hyun Joo bersamanya.

2. The Man from Nowhere (2010)

The Man from Nowhere. Kredit: Cinema ServiceFoto: Cinema Service
The Man from Nowhere adalah film gangster Korea yang dibintangi Won Bin. 

The Man from Nowhere bercerita tentang kesepakatan jual-beli heroin yang terjadi di sebuah kelab malam. Di sana, seorang polisi menyamar untuk mengawasi pergerakan mereka.

Namun, polisi itu gagal menjebak pelaku, setelah heroin yang diperdagangkan dibawa kabur oleh seorang penari bernama Hyo Jeong (Kim Hyo Seo).

Sementara itu, adalah Cha Tae sik (Won Bin), pria yang dikenal sebagai "ajusshi" (sebutan paman bagi orang Korea) di lingkungannya. Ia mengelola sebuah pegadaian bobrok di wilayah kota yang kumuh. Dia tak banyak bergaul dengan orang-orang di sekitarnya, kecuali gadis muda bernama So Mi (Kim Sae Ron).

So-mi tinggal di dekat toko gadai Cha Tae-sik dan sering berkunjung ketika ibunya membawa pria ke rumah. Suatu hari, ibu So mi, Hyo Jeong, datang ke toko gadai. Dia menggadaikan sebuah tas dengan kamera. Namun, Cha Tae Sik tidak menyadari bahwa di isi tas itu merupakan heroin yang dicuri dari kelab malam.

Ibu So Mi pun dikejar oleh mafia. Mereka lantas membobol toko gadai Cha Tae Sik dan membawa pergi So Mi serta ibunya. Cha Tae Sik mengejar para mafia itu demi menyelamatkan So Mi. Di tengah upaya tersebut, ia juga harus berhadapan dengan polisi dan masa lalu yang misterius.

Selain Won Bin dan Kim Sae Ron, film ini juga dibintangi oleh Kim Hee Won, Kim Sung Oh, Kim Tae Hoon, Lee Jong Pil, serta Thanayong Wongtrakul.

3. Nameless Gangster: Rules of the Time (2012)

[Gambas:Youtube]

Salah satu film gangster terbaik garapan sutradara Yoon Jong Bin ini mengisahkan dunia hitam di Wilayah Busan. Dengan durasi 134 menit, penonton akan diajak melihat peran Choi Min Sik yang melegenda lewat film Oldboys-nya.

Nameless Gangster mengisahkan kehidupan pada era 1980-an, tentang Choi Ik Hyun (Choi Min Sik), mantan petugas bea cukai yang dipecat sebab ketahuan sering menerima suap.

Suatu hari, ia mendapati dua orang membongkar muatan yang ternyata berisi heroin. Ia bersama Jang (Kim Jong-soo) berencana menjual heroin tersebut kepada Choi Hyung Bae (Ha Jung Woo).

Sejak saat itu, Ik Hyun mulai bergabung dalam dunia hitam dan menjadi gangster di bawah pimpinan Hyung Bae. Mereka berdua semakin solid dalam melancarkan aksinya. Mereka bahkan berhasil bekerja sama dengan yakuza Jepang hingga mengambil alih sebuah kelab malam.

Namun suatu hari, kesalahpahaman terjadi hingga Ik Hyun didepak dari kelompok gangster Hyung Bae. Akhirnya, Ik Hyun ditangkap dan berusaha menyelamatkan nyawanya sendiri. Namun, Ik Hyun sama sekali tidak menyinggung soal Hyung Bae di pengadilan. Hyung Bae tersentuh.

Akhirnya, ia mengajak Ik Hyun berdamai dan kabur dari Korea Selatan. Namun, ketika mereka sampai di Busan, polisi menangkap Hyung Bae.

4. The Outlaws (2017)

[Gambas:Youtube]

Film action berdurasi 121 menit ini mengisahkan petualangan seorang detektif di kepolisian Seoul, Ma (Ma Deong Seok). Ia berencana mengungkap kasus gangster yang meresahkan warga.

Pada tahun 1990-an, gangster Korea memang merajalela di sebuah China Town di Seoul. Mereka kerap melakukan tindak kekerasan dan merampas 'upeti' para pedagang.

Suatu hari, Jang Chen (Yoon Kye Sang), salah satu pemimpin mafia terbesar di China, datang dari Harbin. Kedatangannya tidak lain untuk menagih utang dari mafia di Korea. Setiap hari, ia membuat keributan di Kota.

Film ini berisi banyak adegan kejar-kejaran di tengah upaya polisi menangkap para pembuat onar.

Film garapan sutradara Kang Yoon Sung ini akan banyak menampilkan adegan laga pertarungan yang terlihat realistis dengan sinematografi apik. Tak heran, film ini menyabet gelar film-R Korea terlaris sepanjang masa.

5. The Prison (2017)

[Gambas:Youtube]

The Prison mengusung tema seorang mantan detektif polisi yang membelot dan bergabung dalam sebuah kelompok mafia.

Film garapan Na Hyun ini menceritakan dua tokoh sentral, yakni Ik Ho (Han Suk Kyu), seorang narapidana yang memegang kekuasaan bak seorang raja di penjara, sehingga ia dijuluki The King.

Ada pula Song Yoo Gun (Kim Rae Won), seorang mantan detektif polisi yang dipidana dengan kasus tabrak lari, penghancuran bukti, dan penyuapan.

Sewaktu menjadi detektif di kepolisian, Yoo Gun menjelma menjadi petugas yang tegas, ulet, dan selalu berhasil menangkap pelaku, sehingga ia dijuluki 'grim reaper' atau malaikat pencabut nyawa.

Yoo Gun di hari pertamanya bertengkar dengan Ik Ho yang mengontrol seluruh narapidana. Namun, melihat Yoo Gun dengan segala sikapnya, Ik Hyo tertarik dan menawarkannya tergabung dalam sindikat jahat dalam penjara.

Akhirnya, mereka bekerja sama, saling membantu melakukan perampokan di luar penjara hingga ke kantor sipir.

Dalam aksinya, Yoo Gun mendapatkan pengetahuan dan bukti mengenai sistem penjara yang kacau dan korup di Korea.

Selain dibintangi oleh Han Suk Kyu dan Kim Rae Won, The Prison juga diramaikan oleh sejumlah aktor ternama lainnya, termasuk Jung Woong In, Kim Sung Kyun, Shin Sung Rok, dan Jo Jae Yun.

Kelima film Gangster Korea terbaik ini tentu saja dapat menjadi bahan referensi tontonan Anda saat mengalami bosan parah, terutama di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19).

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]