Film Barat Cinta Beda Usia, Manis namun Rumit

Tim & khr, CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2020 00:50 WIB
Berikut 4 film barat cinta beda usia yang punya cerita tak kalah romantis dengan kisah percintaan lainnya, namun sebagian besar dihadapkan dengan masalah pelik. Berikut 4 film barat cinta beda usia yang punya cerita tak kalah romantis dengan kisah percintaan lainnya, namun sebagian besar dihadapkan dengan masalah pelik. (Film Magic in the Moonlight, Foto: Gravier Productions)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak banyak film barat cinta beda usia yang diproduksi, sebab cerita cinta ini memang lazim namun tak banyak terjadi dan relevan di masyarakat. Kendati demikian, kisah percintaan beda usia merupakan hal wajar, yang seolah mengamini pepatah lama bahwa 'cinta itu buta'.

Seperti definisi cinta pada umumnya, mencintai dapat membuat seseorang melupakan segala latar belakang orang yang dikasihinya. Tak terkecuali, seperti beberapa rekomendasi film yang akan diulas, yang dapat dijadikan referensi tontonan di kala senggang.

1. Lost in Translation (2003)

[Gambas:Youtube]


Film besutan sutradara Sofia Coppola ini membawakan tema yang ringan, namun dapat sangat relevan terjadi di dunia nyata.

Dalam film berdurasi 102 menit, penonton akan diajak memahami dua tokoh sentral dalam keseluruhan cerita ini.

Dikisahkan, Bob Harris (Bill Murray) merupakan seorang artis lama yang kariernya mulai pudar. Ia didapuk menjadi salah satu pemeran iklan Whisky dengan lokasi shooting di Tokyo, Jepang.

Sementara itu, Charlotte (Scarlett Johansson) merupakan gadis muda yang mengikuti aktivitas suaminya, yang merupakan seorang fotografer untuk memotret selebriti Jepang.

Pertemuan keduanya sangat apik, tentang bagaimana kesepian dan kegalauan dalam rumah tangga menerpa masing-masing dari mereka. Mereka tengah dilanda krisis yang sama, Bob dilanda midlife crisis, sementara Charlotte dilanda quarter-life crisis.

Namun siapa sangka kedekatan yang bermula melalui diskusi peliknya pernikahan, membuat jiwa-jiwa mereka yang kosong sedikit berisi dan berwarna.

Namun tentu saja mereka menyadari, mereka memiliki kehidupan normal dan realita yang harus dihadapi. Lagi pula, Bob merupakan pria baya yang umurnya lebih tua tiga dekade dari Charlotte.

2. Fish Tank (2009)

Fish TankFoto: BBC Films
Fish Tank adalah  film barat cinta beda usia tentang gadis remaja yang naksir dengan pacar ibunya yang berparas tampan

Film Inggris dengan durasi 123 menit ini menceritakan kisah cinta yang dirasakan seorang remaja perempuan, terhadap kekasih ibunya.

Mia (Katie Jarvis), seorang gadis penyendiri berusia 15 tahun dengan hidup yang sangat bermasalah. Ia kerap membuat masalah dengan teman-temannya, hingga ia didepak dari sekolahnya.

Tak hanya di sekolah, di rumah pun Mia juga kerap bertengkar dengan Ibu Joanne (Kierston Wareing), dan adiknya Tyler (Rebecca Griffiths).Namun sifatnya perlahan luluh, saat ia bertemu dengan Connor (Michael Fassbender), pria kekasih ibunya.

Connor mampu memberikan warna baru di kehidupan Mia, meski ia harus menahan cemburu berat saat melihat Connor bermesraan dengan Ibunya. Mia menyukai Connor sebagai seorang wanita mencintai Pria. Ia pun merasakan Connor kerap memberikan sinyal yang seakan menjawab bahwa Connor diam-diam juga menyukai Mia.

Suatu hari Connor memutuskan hubungan dengan Ibunya. Mia pun mencari tahu keberadaan Connor dan menemukan fakta yang membuatnya merasa kecewa, jengkel dan dibodohi oleh Connor.


3. Water for Elephants (2011)

[Gambas:Youtube]

Water for Elephants merupakan film drama romantis yang dibuat berdasarkan novel karya Sara Gruen yang berjudul sama. Film garapan sutradara Francis Lawrence mendapuk aktor terkenal Robert Pattinson.

Film cinta beda usia wanita lebih tua ini juga menceritakan kisah flashback, yang secara garis besar menyoroti kisah grup sirkus 'The Benzini Brothers Most Spectacular Show On Earth' di masa-masa sulitnya.

Dikisahkan, Jacob Jankowski (Robert Pattinson) merupakan seorang mahasiswa yang akan lulus Kedokteran Hewan di Universitas Cornell. Namun ia tak sempat lulus, sebab ayahnya tewas dalam kecelakaan dan meninggalkan tagihan hutang kepadanya.

Saat Jacob tengah depresi ia melompat ke dalam sebuah kereta sirkus 'The Benzini Brothers Most Spectacular Show On Earth'.

Akhirnya ia memutuskan untuk melamar menjadi dokter hewan, usai melihat beberapa hewan sirkus mengalami kesakitan. August Rosenbluth (Christoph Waltz) sang pemimpin sirkus menyetujui tawaran Jacob Dan mulai mempekerjakannya.

Namun ada saja, Jacob malah terkesima dengan paras Marlena Rosenbluth (Reese Witherspoon) yang notabenenya merupakan istri dari bosnya.

Dari situ, Jacob juga mendapatkan kesempatan merawat seorang gajah bernama Rosie untuk dilatih. Ia juga tetap mengagumi Marlena, dan mengetahui bahwa pernikahan Marlenda dengan August tidak baik-baik saja.

Hal itu menjadikannya semakin berani mendekati Marlena, hingga hal tersebut diketahui oleh August. August memiliki rencana untuk mendepak Jacob dari grup sirkus. Namun rencana itu diketahui Marlena, dan membuatnya mengajak Jacob untuk melarikan diri bersama.

4. Magic in The Moonlight (2014)

[Gambas:Youtube]

Magic in the Moonlight merupakan garapan Woody Allen yang mengusung genre komedi romantis dengan durasi 100 menit.

Film Hollywood cinta beda usia ini bercerita tentang seorang pesulap bernama Stanley (Colin Firth). Atas permintaan teman lamanya, Howard (Simon McBurney). Mereka berdua pergi ke Prancis Selatan untuk mendatangi seorang gadis bernama Sophie Baker (Emma Stone).

Sophie memiliki kemampuan hipnotis yang cakap dan mengaku mampu berbicara dengan orang yang telah meninggal. Sophie juga disebut mampu membaca masa lalu seseorang.

Sophie terkenal sebagai paranormal yang memiliki trik sulit dipecahkan dan membuat penontonnya membeo akan aksinya. Oleh sebab itu, niat kedatangan Stanley adalah untuk mengungkapkan bahwa Sophie hanya melakukan penipuan.

Namun, konflik terjadi manakala Stanley mengetahui bahwa Sophie telah bersekongkol dengan Howard untuk membaca masa lalu seseorang, dalam kasus ini.

Belum lagi 'magic' Sophie yang membuat Stanley awalnya benci, dapat luluh dengan pesona dan karakter kuat yang dimiliki Sophie.

Nah, beberapa film barat cinta beda usia yang telah diulas, tentunya dapat menjadi opsi tontonan manakala ingin mengerti, bagaimana karakter dan penokohan cinta beda usia ini.

(fef)

[Gambas:Video CNN]