8 Film Barat yang Bikin Baper dan Terharu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 18:41 WIB
Film dengan cerita menyentuh hati mampu membuat emosi penonton campur aduk seakan naik-turun. Berikut rekomendasi film barat yang bikin baper. Film dengan cerita menyentuh hati mampu membuat emosi penonton campur aduk seakan naik-turun. Berikut rekomendasi film barat yang bikin baper. (Film Hachi: A Dog's Tale, Foto: Stage 6 Films)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi penggemar film yang jalan cerita menyentuh hati, maka daftar film barat yang bikin baper (terbawa perasaan) berikut bisa jadi rekomendasi tontonan Anda.

Film yang mengharukan dan bikin baper biasanya didominasi oleh kisah drama percintaan sepasang kekasih yang bisa memicu tawa sekaligus air mata. Namun tak melulu cinta dua sejoli, film bertema lainnya juga mampu membuat emosi penonton campur aduk seakan naik-turun.


Berikut rekomendasi film barat yang bisa membuat Anda menangis sedih, tertawa, dan tersenyum.


1. Armageddon (1998)

[Gambas:Youtube]

Armageddon adalah film sci-fi (fiksi ilmiah) yang rilis pada akhir 90-an tentang bencana. Kendati Armageddon banyak mendapat kritik, tapi film ini meraih sukses di box office internasional yang dibuktikan dari raihan pendapatan kotor tertinggi pada 1998 seluruh dunia.

Film Armageddon menceritakan tentang sekelompok pengebor yang dikirim NASA untuk menghentikan asteroid raksasa yang berada di jalur Bumi. Jika dibiarkan, asteroid akan menabrak Bumi dalam 18 hari yang bisa memusnahkan semua kehidupan di planet ini.

Harry Stamper (Bruce Willis) merupakan pengebor minyak laut dalam terbaik di dunia bertugas dalam misi pengeboran poros asteroid. Ia berangkat bersama rekan setimnya yakni Chick, Rockhound, Max, Oscar, Bear, Noonan, dan AJ (Ben Affleck) yang merupakan kekasih anak Harry, Grace.

Kisah menjadi semakin rumit ketika salah satu pesawat ulang-alik yang berangkat terhantam puing asteroid yang membuat sebagian besar awak tewas. Grace yang melihat kejadian itu dari bumi semakin putus asa karena tahu ada 2 orang yang disayanginya sedang dalam keadaan darurat.


2. Five Feet Apart (2019)

[Gambas:Youtube]

Five Feet Apart termasuk film barat romantis remaja yang menceritakan pasangan senasib. Mereka sama-sama pasien pengidap penyakit cystic fibrosis. Masing-masing adalah Stella Grant (Haley Lu Richardson) gadis berusia 17 tahun yang kerap bermain media sosial dan membagikan kisahnya bertemu dengan Will Newman (Cole Sprouse).

Sejak pertemuan pertama mereka jadi kerap bertemu, namun ketika bertemu mereka tidak bisa saling dekat sebab keduanya mengidap penyakit yang sama yakni cystic fibrosis.

Di film pengidap penyakit tersebut tidak boleh berdekatan sebab jika melanggar penyakit yang mereka derita bisa lebih parah.

Stella punya sifat yang periang dan optimistis, sedangkan Will cenderung melankolis. Namun karena cinta yang sudah tertanam, keduanya menjadi akrab dan mulai coba melanggar aturan-aturan yang ada.

Film Five Feet Apart ini terinspirasi dari kisah nyata pasangan yang berjuang terhadap penyakit cystic fibrosis. Mereka rentan terkena infeksi karena keadaan paru-paru tidak berfungsi dengan baik.


3. The Pursuit of Happyness (2006)

[Gambas:Youtube]

Film barat yang bikin baper satu ini berkisah tentan seorang ayah, Chris Gardner (Will Smith) satu hari memberanikan diri mengambil tawaran menjadi sales alat kesehatan. Kemudian dia menggunakan seluruh tabungannya untuk membeli banyak peralatan kesehatan itu.

Dia pun mulai menawarkan alat tersebut ke banyak orang, namun tidak ada yang tertarik. Sebab itu dia yang sudah tidak punya modal dan alat kesehatannya tidak laku mulai kehabisan uang.

Kesulitan bertambah, sebab tidak punya uang untuk membiayai kehidupan rumah tanggannya, istri Chris tidak tahan dan pergi meninggalkan Chris.

Alih-alih menyerah, Chris memilih untuk bangkit dan mencoba peruntungan dalam pekerjaan yang lain demi sang anak. Dia memulai karir baru sebagai pialang saham, namun tidak serta merta mendapat kesuksesan.

Pil pahit berkali-kali harus dia telan, hingga satu waktu bahkan tidak mampu lagi membayar sewa rumah yang tengah dia tempati bersama anaknya. Singkat cerita dia terus berjuang dan akhirnya berhasil dan malah membuat perusahaan pialangnya sendiri.


4. La La Land (2016)

Film La La LandFoto: Screenshoot via Youtube/Lionsgate Movies
Film La La Land adalah film barat yang bikin baper

La La Land merupakan salah satu film barat terbaik yang mengisahkan Mia (Emma Stones) yang terobsesi menjadi aktris hebat dan populer. Dia sering ikut audisi, namun sayang dia selalu gagal.

Di sisi lain ada Sebastian (Ryan Gosling) yang bekerja di salah satu kafe. Sebastian digambarkan sebagai seorang pianis yang begitu menggilai genre jazz tradisional. Namun sebab hal itu dia kerap dianggap kuno oleh manajer restoran tempatnya bekerja.

Satu waktu Mia pergi ke sebuah kafe tempat Sebastian bekerja dan kembali bertemu lagi dalam sebuah pesta, di mana kali ini Sebastian bekerja untuk menjadi pengisi acara dan memeriahkan pesta bersama bandnya.

Pertemuan di pesta itu membuka peluang mereka untuk saling kenal. Singkat cerita sebab sering bertemu mereka pun memutuskan untuk berpacaran.

Sejak itu mulai saling dukung satu sama lain dan sama-sama berhasil meraih cita-cita masing-masing. Satu waktu mereka bertengkar dan pertengkaran itu kemudian mengubah jalan cerita yang tadinya ceria.


5. The Blind Side (2009)

The Blind Slide adalah film yang mengulas kisah nyata perjuangan seorang bocah kulit hitam yang punya cita-cita menjadi pemain American Football. Film ini akan memantik haru penonton atas pesan perjuangan hidup dan arti dari kebaikan.  

Bocah itu bernama Michael Oher (Quinton Aaron). Ia mulanya hanya sebentar mengenyam pendidikan formal. Ayah dan ibunya adalah pecandu narkoba dan bercerai.

Satu waktu, Oher remaja pergi ke sebuah gymnasium karena ingin mencari tempat hangat untuk bernaung. Ini dilakukannya karena ia sudah tak punya tempat tinggal lagi. Di sini momen perubahan pada Oher terjadi. Dia tak sengaja bertemu dengan Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock).

Setelah pertemuan itu, Anne meminta Oher untuk menginap saja di rumahnya, Oher yang tak punya pilihan pun setuju dan ikut dengan Anne. Semakin hari, Oher merasa ia sangat diterima di keluarga Anne dan dekat dengan kedua anak Anne. Singkat cerita Anne mengangkat Oher sebagai anaknya.

Anne menyadari anak angkatnya itu punya cita-cita untuk menjadi atlet American Foootball. Oher yang dulu kerap diragukan untuk bisa menjadi atlet kemudian mendapat dorongan dari sang ibu barunya dan akhirnya berhasil menjadi atlet yang sukses.

Kemampuan akting aktor dan jalan cerita berhasil membuat baper penontonnya. Bahkan, melalui The Blind Side, mengantarkan Sandra Bullock meraih penghargaan Best Performance Actress in a Leading Role dalam penghargaan Oscar.


6. Marriage Story (2019)

Film 'Marriage Story'Foto: Dok. Netflix via IMDB
Marriage Story adalah film barat yang bikin baper tentang kehidupan pernikahan antara seorang aktris dan sutradara

Marriage Story adalah film drama yang ditulis dan disutradarai oleh Noah Baumbach serta dibintangi oleh Scarlett Johansson dan Adam Driver.

Film ini berpusat pada kisah pasangan yang sudah menikah yang berprofesi sebagai aktris dan sutradara. Hubungan mereka terkesan biasa saja namun tak bisa dibilang baik.

Peliknya hubungan pernikahan mereka lambat laun membuat keduanya merasa saling menyakiti hingga akhirnya memutuskan bercerai. Mereka sama-sama kukuh tak mampu menyelamatkan hubungan, meski telah memiliki seorang anak.

Marriage Story berhasil menerima enam nominasi di Academy Awards ke-92, termasuk Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Aktor Terbaik (Pengemudi), dan Aktris Terbaik (Johansson). Film ini juga menerima enam nominasi utama di Penghargaan Golden Globe ke-77.

7. Hachi: A Dog's Tale (2009)

[Gambas:Youtube]

Hachi: A Dog's Tale adalah film drama pada 2009 yang diadaptasi dari film Jepang tahun 1987 Hachikō Monogatari. Film aslinya menceritakan kisah nyata tentang anjing Akita bernama Hachiko yang tinggal di Jepang pada 1920-an.

Cerita diawali saat seorang profesor musik Parker Wilson yang menemukan anak anjing di peron stasiun di Bedridge. Ia memutuskan untuk membawanya pulang.

Saking dekatnya, setiap hari Hachi mengantar dan menunggu Parker setiap berangkat dan pulang kantor pada pukul 5 sore di stasiun yang sama. Hal itu berlangsung hingga anjing Hachi tumbuh besar.

Suatu saat, Parker yang tengah mengajar di kelas mengalami stroke fatal dan meninggal dunia. Di tempat lain, Hachi yang tak tahu tetap setia menunggu tuannya datang di tempat yang sama. Hingga pukul 21.30, kerabat Parker datang menjemput Hachi pulang ke rumah.

Namun Hachi kembali lagi ke stasiun terus menunggu selama lebih dari sembilan tahun setelah kematian Parker. Kendati film ini bukan soal percintaan sepasang manusia, tapi kesetiaan dari seekor anjing terhadap majikannya membuat penonton sedih dan ikut baper.


8. Man on Fire (2004)

[Gambas:Youtube]

Man on Fire diambil dari novel terlaris tahun 1980 oleh A.J. Quinnell. Film ini menceritakan seorang marinir atau anggota militer angkatan laut Amerika Serikat bernama John Creasy (Denzel Washington) yang mengujungi teman lama, Paul Rayburn (Christopher Walken).

Paul adalah orang yang tengah mengelola perusahaan keamanan di Mexico.

Di sisi lain ada Samuel Ramos (Marc Anthony) pengusaha kaya dan istrinya Lisa (Radha Mitchell). Mereka nantinya akan mempekerjakan Creasy untuk menjaga putrid mereka bernama Pita.

Satu waktu Creasy gagal menjaga Pita, dia diculik sekelompok preman dan petugas berseragam. Creasy bergegas menyelamatkan Pita, aksi penyelamatan itu membuat dirinya terkapar. Kendati begitu dia memberikan perlawanan bahkan membunuh beberapa penculik.

Creasy yang terkapar karena aksinya langsung dilarikan ke rumah sakit. Sialnya, di rumah sakit, Creasy mendapat kabar bahwa dia didakwa membunuh para polisi dan diduga pelaku penculikan Pita.

Penonton akan dibuat terisak ketika melihat perjuangan Creasy yang dulunya pecandu untuk bisa dekat dengan Pita, bocah yang sedang dia jaga. Tidak hanya itu film barat yang bikin baper satu ini akan mengisahkan Creasy mendapat fitnah keji di balik perjuangannya.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]