Rekomendasi Film Barat Lama yang Bagus dari Berbagai Era

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/09/2020 06:45 WIB
Memilih tontonan film yang bagus bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut rekomendasi film barat lama yang bagus dari 3 era yang tak boleh dilewatkan. Memilih tontonan film yang bagus bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut rekomendasi film barat lama yang bagus dari 3 era yang tak boleh dilewatkan. (Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memilih tontonan film barat lama yang bagus bisa dibilang gampang-gampang susah, mengingat banyak sekali film yang diproduksi sepanjang tahun. Tapi, menentukan bagus atau tidak sebuah film bisa dinilai dari beberapa hal.

Mulai dari kematangan cerita yang digarap, pemilihan aktor yang sesuai dengan karakter tokoh filmnya, jalinan emosi antartokoh.

Kemudian audio pendukung, baik musik maupun suara latar (air, angin) atau bisa disebut scoring, dan yang tidak kalah penting adalah sinematografi atau cara pengambilan gambar film.


Merujuk hal tersebut, berikut adalah rekomendasi film-film tersebut yang rilis pada tiga era, yakni era 80-90, 90-00, dan 00-10.


Film Barat Lama yang Bagus era 80-90

1. Pretty in Pink

[Gambas:Youtube]

Film ini rilis tahun 1986, disutradarai oleh Howard Deutch, lalu mengusung tiga genre sekaligus yakni comedy, drama, dan romantis. Durasi film selama 137 menit dan diproduksi oleh rumah produksi Paramount Pictures.

Berkisah soal seorang remaja Andie (Molly Ringwald), dia digambarkan sebagai gadis yang tidak begitu populer di sekolahnya dan hanya bergaul dengan beberapa orang saja.

Orang itu adalah Lona (Annie Potts) dan Duckie (Jon Cryer). Satu temannya, yakni Duckie rupanya diam-diam menaruh hati pada Andie. Tiba satu waktu datang seorang pria baru di sekolah mereka.

Dapat disaksikan kembali dengan membeli film tersebut di Google Play Movies & Tv. 

2. The Breakfast Club

[Gambas:Youtube]

Kisah berawal pada Sabtu pagi. ada lima siswa SMA yang harus menjalani hukuman di sekolah kala siswa lainnya sedang libur karena akhir pekan.

Mereka adalah John Bender (Judd Nelson), Claire Standish (Molly Ringwald), Andrew Clark (Emilio Esteves), Brian Johnson (Anthony Michael), dan Allison Reynolds (Ally Sheedy).

Dalam menjalani hukuman tersebut mereka diawasi langsung oleh Kepala Sekolah. Adapun hukuman yang sedang mereka jalani saat itu adalah menulis artikel dengan jumlah kata sebanyak 1000.

Pertemuan di perpustakaan itu sekaligus menjadi pertemuan pertama mereka. Awalnya mereka tidak akur, namun seiring berjalannya cerita, mereka akan semakin dekat satu sama lain.

Dapat disaksikan kembali di streaming film online seperti Netflix.

3. Pretty Woman

Cuplikan Film 'Pretty Woman' (dok. Buena Vista Pictures)Foto: dok. Buena Vista Pictures
Pretty Woman adalah film barat lama yang bagus yang menceritakan tentang pria tampan nan kaya yang menyukai wanita penghibur jalanan 

Karena kekayaannya yang luar biasa dan ketampanannya serta terkenal sebagai orang yang ramah, Edward Lewis (Richard Gere) tampaknya bisa memiliki wanita mana pun yang ia inginkan namun hubungannya selalu kandas.

Hingga kemudian, ia bertemu dengan Vivian (Julia Roberts) seorang perempuan penghibur jalanan yang mampu membuat Edward terkesima. 


Film Barat Lama yang Bagus Era 90-00

1. Pulp Fiction

[Gambas:Youtube]

Dikisahkan ada Jules Winnfield (Samuel L. Jackson) dan Vincent Vega (John Travolta), dua pembunuh bayaran yang ditugaskan seorang bos mafia Marsellus Wallace (Ving Rhames) untuk mengambil kembali kopernya yang telah dicuri

Beberapa hari kemudian, Vincent diminta Wallace untuk menjaga istrinya yang hendak keluar kota. Semua berjalan baik sampai satu di antara mereka membuat kesalahan.

Film yang disutradarai Quentin Tarantino ini disebut sebagai film barat lama yang bagus sebab sudah meraih beberapa penghargaan. 

2. The Shawshank Redemption

[Gambas:Youtube]

Mengambil latar waktu 1940-an, The Shawshank Redemption bercerita soal Andy Dufresne (Tim Robbins) yang menjadi terdakwa kasus pembunuhan istrinya.

Dia bersikeras tidak melakukan pembunuhan tersebut, akibatnya dia harus mendapat hukuman 20 tahun penjara di rumah tahanan Shawshank State.

Di penjara, ia mendapat penganiayaan oleh tahanan lain dan geng kawanan pemerkosa yang disebut The Sisters. Andy pun mulai kesal dengan semua kejadian yang dia derita hinga dia pun mulai merencanakan sesuatu. 

3. Forrest Gump

Potongan gambar dari film Forrest Gump (1994)Foto: Paramount Pictures
Forrest Gump adalah film barat lama yang bagus yang penuh makna tentang perjuangan hidup anak berIQ rendah tapi bisa sukses

Film ini menceritakan kisah hidup seorang bernama Forrest Gump, yang memiliki IQ di bawah rata-rata dan menggunakan penyangga kaki karena tulang belakangnya melengkung.

Tinggal bersama ibunya pada sebuah rumah pondokan di Alabama. Sang ibu yang kemudian mengajarkan Forrest kecil untuk selalu percaya diri meski punya keterbatasan fisik. 

Keterbatasan yang dimiliki Forrest malah membawanya pada perjalan hidup yang luar biasa, bahkan dia berhasil memberi pengaruh baik bagi orang-orang di sekitarnya.

Forrest Gump diangkat dari novel berjudul sama yang dibuat oleh Winston Groom dan telah rilis pada 1986. Filmnya telah meraih beberapa penghargaan. Satu di antaranya dinobatkan sebagai Film terbaik dalam ajang Academy Award 1995.

4. Fight Club

[Gambas:Youtube]

Film ini berkisah soal seorang pria yang diperankan oleh aktor kawakan Hollywood Edward Norton. Dalam film dia dibuat sebagai seorang narator yang sedang bercerita tentang kisah hidupnya serta tidak pernah diketahui secara pasti namanya.

Awal kisah dia bekerja pada sebuah perusahaan mobil, kariernya bisa dibilang cukup mentereng, tapi memiliki segudang masalah pribadi dan paling parah adalah memiliki penyakit susah tidur (insomnia) akut.

Dia pernah pergi ke dokter untuk konsultasi masalah tidur tersebut, kemudian sang dokter memberikan dia obat dan menyarankan untuk pergi ke gereja mengikuti kelas sharing, dan sejak itu dia kecanduan ikut kelas tersebut.

Film Barat Lama yang Bagus Era 00-10

1. Memento

[Gambas:Youtube]

Leonard menderita amnesia setelah diserang oleh sang pembunuh istrinya. Amnesia yang dia derita ini adalah jenis amnesia anterograde yang membuat seseorang kehilangan ingatan jangka pendek.

Sebab hal itu dia tidak bisa mengingat berbagai hal yang baru saja dia lakukan. Bahkan dia juga tidak ingat kejadian setelah istrinya diperkosa dan dibunuh.

Untuk menjaga ingatan tentang tugasnya yang tengah menyelidik sang pembunuh istrinya dia memanfaatkan sebuah foto.

2. Mad Max: Furry Road

Cuplikan Adegan film Mad Max Fury Road (2015)Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures
Mad Max Fury Road adalah film barat lama yang bagus dengan kondisi dunia pasca serangan nuklir 


Bercerita tentang dunia usai hancur akibat serangan nuklir yang hanya menyisakan padang pasir luas. Max Rockatansky (Tom Hardy) adalah salah satu orang yang selamat dari bencana tersebut.

Dia kemudian ditangkap oleh sekelompok tentara War Boy yang terkenal kejam dipimpin oleh Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne) lalu dibawa ke penjara.

Di dalam penjara Max dipaksa mendonorkan darahnya kepada salah satu War Boy yang sakit, Nux (Nicholas Hoult). Nux harus selalu mendapat asupan darah agar bisa bertahan hidup.

3. 500 Days of Summer

[Gambas:Youtube]

Film ini diperankan oleh Joseph Gordon sebagai Tom dan Zooey Deschanel sebagai Summer. Pada awal kisah, mereka berdua saling jatuh cinta, bahkan seakan tidak ada penghalang atas perasaan itu.

Namun Summer yang digambarkan sebagai karakter wanita yang independen, mau menang sendiri, jika kata dia benar maka itu akan benar mulai menganggap hubungan itu adalah hal yang salah.

Sementara Tom dia pemuda yang tidak pernah tahu jalan hidupnya, pertemuan dengan Summer membuat hidupnya mulai berwarna. Sepanjang hidup Tom dihantui bayang-bayang indah yang semu dengan Summer saat keduanya masih saling mencinta.

Itu adalah beberapa film barat lama yang bagus, kendati demikian sebenarnya masih ada beberapa judul yang layak masuk dalam deretan di atas. Contohnya era 90-00 ada film berjudul Goodfellas, dan era 00-10 ada film berjudul Shutter Island.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]